Cara Mengetahui Akun Instagram Asli atau Palsu

Seiring dengan ketenaran dari Instagram, banyak sekali bermunculan akun Instagram palsu yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namanya juga akun palsu, tentu mereka sengaja membuat akun fake tersebut dengan tujuan yang tidak baik. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati ketika berinteraksi di media sosial.

Dengan jumlah pengguna Instagram yang begitu banyak, tidak menutup kemungkinan adanya orang-orang jail yang gentayangan di media sosial yang satu ini. Orang-orang tersebut biasanya mencari keuntungan dari Instagram dengan membuat akun fiktif alias palsu. Kemudian akun palsu ini digunakan untuk menipu dan memperdaya orang lain.

Tidak hanya itu, akun palsu ini juga biasa digunakan sebagai spammer untuk menyebarkan berita bohong alias hoax atau untuk mencuri data orang lain. Dan ini bisa sangat menganggu sekaligus meresahkan. Namun, bukan hanya di Instagram saja, di media sosial lain seperti Facebook dan twitter, juga banyak terdapat akun palsu.

Agar tidak menjadi korban dan terhindar dari masalah tersebut, Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri akun Instagram palsu. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara mengetahui akun Instagram asli atau palsu paling mudah. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mengetahui Akun Instagram Asli atau Palsu

Sebenarnya untuk mengetahui akun Instagram tersebut asli atau palsu dapat Anda identifikasi dengan mudah. Berikut tanda akun Instagram asli atau palsu yang perlu Anda ketahui.

Cara Mengetahui Akun Instagram Palsu

1. Banyak Following dan Sedikit Follower

Tanda paling mudah untuk mengetahui bahwa akun itu palsu adalah dengan melihat jumlah following dan follower yang dimiliki. Akun palsu biasanya akan mengikuti ribuan akun dengan tujuan mencari calon korban sebanyak mungkin. Sedangkan jumlah followernya tak seberapa bila dibanding dengan jumlah folllowing.

Namun, bisa juga jumlah followernya fantastis tapi postingannya asal dan hampir sama. Selain itu banyak mendapat like tapi sepi komentar alias tidak ada yang coment. Ini menandakan kalau followernya juga fiktif hasil dari membeli follower atau bot.

Baca juga: Cara Menambah Follower Instagram Paling Ampuh

2. Komentar dan Tag tidak Jelas

Salah satu indikasi akun palsu adalah memiliki komentar yang itu-itu saja. Mereka berkomentar dengan mengulang pesan dan foto yang sama. Bentuk komentar biasanya berupa undangan dengan iming-iming hadiah atau menawarkan barang dengan harga promo. Ada juga yang menyebut atau men-tag orang-orang untuk menarik perhatian dengan tag yang hampir sama.

3. Jumlah Postingan

Akun palsu, biasanya jarang membuat postingan bahkan tidak pernah posting namun followernya sangat banyak. Kalaupun membuat postingan, biasanya menggunakan foto yang asal comot entah dari mana asalnya. Yang jelas bukan foto tentang dirinya atau tentang kehidupan kesehariannya. Hal ini dilakukan untuk mengelabui calon korbannya agar akun terlihat nyata.

4. Kurang Kreatif

Selain membuat komentar dengan pesan yang hampir sama atau pesan template, akun palsu juga membuat postingan yang cenderung monoton. Gambar dan caption yang digunakan juga sering aneh-aneh. Maka waspada terhadap akun yang sering mengulang komen dan postingan yang relatif sama.

5. Kenali Akun Selebriti

Seringkali nama selebriti atau orang terkenal lain digunakan untuk membuat akun palsu. Akun ini sengaja membajak nama selebriti untuk memdompleng popularitas sang selebriti dengan harapan banyak yang menfollow.

Untuk mengidentifikasi apakah akun tersebut benar-banar milik selebriti atau tidak, Anda bisa melihat apakah ada tanda centang biru di samping kanan akun. Jika terdapat centang biru sudah pasti asli, jika tidak itu fake account alias akun bodong.

Baca juga: Cara Menjadi Selebgram Terkenal dengan Cepat

6. Gunakan Google Reverse Image Search

Untuk mendeteksi akun palsu, Anda bisa menggunakan bantuan Google Image Search, untuk mencari sumber gambar atau melihat siapa yang pertama kali mengunggah gambar tersebut. Sehingga Anda tahu apakah gambar tersebut asli hasil karyanya atau tidak.

Apalagi jika akun tersebut sering mengunggah gambar atau sering ganti foto profil dengan orang yang berbeda. Maka akun semacam ini patut Anda curigai dan perlu sikap waspada. Segera laporkan atau di blok jika menganngu.

Itulah tanda-tanda akun IG palsu yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mendapat Direct Message dari akun yang tidak dikenal, sebaiknya Anda cek dulu apakah ada indikasi akun tersebut palsu atau tidak. Waspadalah! Jika tak ingin jadi korban.