Cara Mengenali Berita Hoax Dengan Mudah

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, membuat begitu mudahnya mendapatkan berita atau informasi apapun. Melalui media sosial, mesin pencari atau pesan chatting, membuat penyebaran berita begitu cepat dan luas. Untuk itu, kita dituntut untuk lebih selektif menyaring berita-berita tersebut. Anda tidak ingin tertipu dan terperdaya dengan berita-berita hoax bukan?

Nah, kali ini Biangcara akan membagikan tips bagaimana cara mengenali berita hoax dengan mudah. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa, begitu maraknya penyebaran berita bohong di dunia maya. Jika tidak bijak dalam menyaringnya, tentu Anda bisa percaya dan justru ikut menyebarkan berita yang tidak benar tersebut.


Berikut trik cara mudah mengenali berita hoax yang dapat digunakan untuk menganalisa kebenaran suatu berita.

Cara Mengenali Berita Hoax

1. Periksa Situs dan Kualitas Artikel

Lihat sumber dari artikel yang Anda terima. Apakah dari situs berita terpercaya, situs resmi pemerintah, atau hanya bersumber dari blog dan broadcast di grup chat? Mengenali sumber dari sebuah informasi sangat penting untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah berita tersebut benar atau hanya hoax. Anda juga bisa melihat dari kualitas artikelnya. Jika artikel terlihat seperti ditulis dengan sembarangan, penuh salah ketik, tidak terstruktur, dan mayoritas berisi opini tanpa dasar, kemungkinan besar isi informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

2. Manfaatkan Google Images

Tak jarang Anda mendapati berita yang disebarkan melalui media sosial dan grup chat, lengkap dengan foto yang seolah-olah menjadikan berita tersebut benar. Sebelum mempercayai isi berita yang Anda terima, coba telusuri, apa benar foto tersebut menggambarkan situasi yang diberitakan? Perlu kita waspadai bersama bahwa, saat ini banyak foto yang digunakan secara sembarangan dan jauh dari konteks berita. Untuk melakukan penelusuran tersebut Anda dapat menggunakan bantuan images.google.com, dengan melakukan drag and drop untuk mengunggah foto. Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi mengenai sumber foto serta konteks yang sebenarnya.


3. Periksa Kebenarannya

Terkadang artikel yang berisi fakta juga mengandung tulisan yang dilebih-lebihkan, sehingga dapat menimbulkan salah presepsi atau kesalahpahaman. Misalnya, artikel mengenai asuransi yang isinya mengenai kesulitan dalam mengajukan klaim atau penolakan klaim yang berulang kali. Mungkin benar namun bisa jadi tak sepenuhnya benar. Oleh karena itu jangan terburu-buru mempercayai artikel yang Anda baca. Ada baiknya Anda menelusuri terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang sebetulnya terjadi. Bisa saja klaim tersebut ditolak karena formulir yang tidak sesuai polis, atau mungkin pengajuan klaim ternyata melewati waktu yang ditentukan, atau asuransi yang dimiliki ternyata tidak menanggung risiko yang menyebabkan kerugian.

Baca juga: Cara Menulis Artikel dan Memposting Artikel

Beberapa cara di atas merupakan cara mudah yang bisa membantu Anda mengidentifikasi kebenaran suatu berita yang dikutip dari chubb.com. Jangan langsung percaya jika mendapatkan informasi yang tidak jelas sumbernya. Ingat, jangan sampai Anda ikut menyebarkan berita bohong ke publik.