Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri

Mengembalikan foto yang terhapus di galeri memang tak semudah menghapusnya. Tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus di Android. Ingin tahu bagaimana caranya? simak saja kisah berikut ini.

Terkadang kita menghapus foto atau video yang ada di galeri, karena foto dan video tersebut, memang sudah tidak dibutuhkan lagi. Apalagi memori ponsel sudah mulai penuh, tentu menghapus beberapa file yang tidak diperlukan, suatu hal yang lumrah dilakukan.

Sayangnya, entah karena kurang fokus atau hal lain, boleh jadi saat melakukan penghapusan, justru foto kesayangan kamu yang terhapus. Nah bikin nyesel kan? Apalagi, foto tersebut sangat berarti buat kamu.

Nah, sebelum kamu jadi termehek-mehek, ternyata ada cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri ponsel dengan mudah. Dengan begitu foto kesayangan kamu dapat kembali dengan selamat.

Untuk melakukannya, kamu tidak perlu mantra dan jimat sakti, apalagi jampi-jampi terkini. Cukup dengan bantuan aplikasi, foto yang telah terhapus bisa kembali lagi. Dan jika kamu suka dengan artikel ini, silahkan klik iklan dibawah ini. 😆😆

Setelah sedikit basa-basi, inilah solusi untuk kamu yang ingin mencari dan mengembalikan foto yang sudah dihapus di galeri.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri

Untuk dapat mengembalikan foto yang telah dihapus di galeri ponsel, diperlukan aplikasi yang dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

1. DiskDigger photo recovery

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri

DiskDigger photo recovery adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan foto yang terhapus di Android dengan mudah. Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger photo recovery ini, tidak perlu melakukan root pada perangkat Android kamu. Namun, fitur yang bisa kamu gunakan akan dibatasi.

Nah, Jika kamu ingin bisa menikmati semua fitur yang tersedia di aplikasi DiskDigger photo recovery, kamu harus melakukan root pada Android kamu. Selain itu kamu juga mesti menggunakan versi Pro dari aplikasi ini.

Dengan begitu, tidak hanya foto saja yang bisa kamu pulihkan sesuai kualitas aslinya, video yang telah terhapus juga bisa dipulihkan sesuai resolusi asli dari video tersebut.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan Ios

2. Dumpster

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri

Aplikasi Dumpster dapat diandalkan untuk mengembalikan foto yang terhapus di ponsel Android. Aplikasi ini dapat mencadangkan dan menyimpan semua data yang baru kamu hapus.

Dumpster berperan layaknya cloud storage, karena setelah kamu menginstall dan menggunakan Dumpster, maka secara otomatis aplikasi ini akan menyimpan foto-foto yang ada dalam ponsel kamu. Sehingga, jika suatu saat foto yang ada dalam ponsel terhapus, kamu dapat mengembalikannya dengan mudah.

Untuk mengembalikan foto yang terhapus, kamu hanya perlu menjalankan aplikasi, lalu pilih foto kemudian restore. Namun, aplikasi Dumpster ini akan menyimpan setiap file yang dihapus setelah menginstal aplikasi. Sehingga file yang dihapus sebelum aplikasi ini terinstal di perangkat, tidak dapat dikembalikan.

Baca juga: Cara Merekam Layar Hp Android Tanpa Root

Nah, itulah tutorial cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri ponsel Android dengan gampang. Meski masih banyak aplikasi lain di Play Store yang bisa digunakan untuk merestore file baik berupa foto atau video secara gratis tanpa root, namun dua aplikasi diatas sudah sangat membantu.

Sedikit tambahan, meskipun kamu dapat mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah, ada baiknya jika kamu melakukan langkah preventif dengan melakukan back up atau pencadangan foto di ponsel Android kamu.

Kamu bisa mencadangkannya menggunakan aplikasi bawaan Google Photos. Fitur bawaan ini menawarkan penyimpanan foto yang mudah diatur. Buka Google Photos, pilih opsi Pengaturan, lalu pilih Backup & sync, lalu pilih seberapa sering dan dengan metode apa kamu ingin membuat cadangan foto. Semoga bermanfaat.