Cara Mengatasi Suara Mesin Satria Fu yang Kasar

Penyebab suara kasar pada mesin Satria Fu cukup banyak, sehingga untuk mengatasi suara mesin Satria Fu yang kasar juga berbeda-beda caranya. Untuk menangani agar suara mesin halus dan normal kembali, harus dicari dulu sumber masalahnya. Nah, pada artikel ini, Biangcara akan membahas masalah tersebut secara tuntas.

Suara mesin yang berisik bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman saat dikendarai, bahkan bisa timbul rasa was-was dan khawatir kalau mesin jebol saat digunakan. Selain itu, pengendara lain juga bisa terganggu dengan suara mesin yang klotok-klotok nggak karuan tersebut. Bikin malu bukan?

Gejala mesin kasar bisa muncul saat putaran mesin langsam sampai putaran tinggi. Meski didalam mesin sudah ada pelumas yang melumasi semua komponen mesin untuk meminimalisir terjadinya bunyi akibat gesekan. Namun, jika ada komponen mesin yang aus atau rusak, suara berisik pada mesin tetap ada meski oli sudah diganti baru.

Lantas, bagaimana cara analisa kerusakan mesin Satria Fu yang kasar dam berisik serta cara mengatasinya? Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Cara Mengatasi Suara Mesin Satria Fu yang Kasar

Berikut beberapa penyebab mesin Satria Fu kasar yang kerap dialami pemilik motor besutan pabrikan Suzuki tersebut beserta cara mengatasinya.

1. Rantai Timing (Keteng) yang Molor

Rantai timing atau rantai keteng atau juga disebut rantai kamprat adalah tali baja yang menghubungkan poros engkol dan poros noken as. Fungsinya untuk menggerakkan noken as sehingga katup (klep) bisa membuka dan menutup dengan semestinya.

Rantai Keteng Satria Fu

Seiring pemakaian, hubungan antar mata rantai keteng akan aus yang mengakibatkan rantai kamprat jadi molor dan menimbulkan suara berisik di area mesin. Ketika tensioner chain (setelan rantai kamprat) sudah mentok tidak bisa lagi menekan rantai keteng, maka rantai jadi kendor yang efeknya menimbulkan suara kasar di mesin.

Masalah ini bisa saja diatasi dengan mengakali tensioner chain yang semula otomatis dimodifikasi jadi manual. Namun metode ini tidak dianjurkan karena jika penyetelannya salah atau terlalu kencang akan berakibat pada rantai jadi cepat molor bahkan bisa putus. Untuk lebih amannya, ganti saja rantai keteng dengan yang baru.

2. Katup (Klep) Renggang

Bunyi kasar pada mesin bisa disebabkan pada setelan celah katup yang terlalu renggang. Satria memiliki 4 buah katup di dalam kepala silinder dengan 2 buah noken as. Jika kerenggangan katup terlalu renggang akan timbul bunyi tik-tik diarea kepala silinder.

Karena di motor Satria tidak menggunakan model baut untuk penyetelan klep. Untuk melakukan penyetelan klep yang renggang pada motor Satria Fu, dengan cara mengganti shim yang ukurannya lebih tebal. Pilih ukuran shim yang tepat untuk menentukan celah kerenggangan klep sesuai standar.

Baca juga: Cara Skir Klep yang Benar dan Tujuannya

3. Noken As (Camshaft) Oblak

Satria menggunakan 2 buah noken as dengan jenis bantalan tempel bukan jenis bantalan bearing (laher). Jadi batang noken as langsung diapit oleh kepala silinder dan bantalan (cover) tanpa adanya bearing. Sehingga ketika noken as berputar terjadi gesekan antara batang/poros noken as dengan bantalan atau dudukannya.

Gesekan yang terjadi terus menerus ini yang mengakibatkan bantalan tersebut aus dan akhirnya jadi oblak, yang efeknya timbul suara kasar pada mesin.

Solusinya bisa dengan memodifikasi atau memasang bantalan tambahan pada kepala silinder, dengan membubut bagian kepala silinder kemudian menambahkan sebuah bantalan baru yang sebelumnya sudah disesuaikan dengan diameter noken as.

4. Stang Seher (Connecting Rod) Oblak

Stang seher atau batang piston yang oblak juga menimbulkan suara mesin kasar. Stang seher berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol (Crank Shaf). Sistem ini bekerja merubah gerak lurus (linear) atau gerakan piston naik turun menjadi gerak berputar dan begitu sebaliknya.

Cara Mengatasi Suara Mesin Satria Fu Kasar

Stang seher yang oblak menimbulkan suara mesin klotok-klotok. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya dilakukan penggantian stang seher dengan yang baru. Anda bisa lihat video cara cek stang seher di bawah ini.

5. Oli Mesin Berkurang

Oli mesin berperan penting menunjang kinerja mesin. Oli mesin mempunyai tugas pokok sebagai pelumas komponen mesin. Jika oli mesin kurang tidak sesuai standar, maka sistem pelumasan mesin tidak dapat bekerja secara optimal. Akibatnya sebagian komponen mesin tidak mampu terlumasi secara maksimal. Terutama pada komponen kepala silinder yang terletak pada bagian atas.

Jika pelumasan komponen mesin tidak merata, alhasil akan menimbulkan keausan pada komponen mesin yang tidak terlumasi dengan baik. Keausan ini membuat komponen mesin jadi longgar dan menimbulkan suara kasar pada mesin.

Untuk motor Satria Fu yang memang tidak menggunakan stik, bisa dicek dengan melihat kontrol oli yang berada di blok mesin samping kanan bawah yang terbuat dari kaca. Posisikan motor pada standar tengah, jika oli berada di bawah garis lower berarti oli kurang dan perlu ditambah. Jika oli sudah waktunya ganti, lebih baik diganti dengan yang baru.

Baca juga: Cara Memilih Oli Mesin Berkualitas

Itulah penyebab dan langkah mengatasi suara mesin Satria Fu kasar dan berisik. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di trik dan tips berikutnya.