Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

Smartphone sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan, dari pedagang asongan sampai juragan, dari anak kecil sampai orang dewasa. Bahkan sampai ada yang bilang gak bisa hidup tanpa smartphone. Dan smartphone dengan sistem operasi android saat ini paling banyak digunakan. Kebanyakan orang hanya sebatas menggunakannya saja, tanpa memperhatikan perawatan pada smartphone tersebut, sehingga akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone adalah smartphone tersebut lama kelamaan menjadi lemot. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai penyebab smartphone menjadi lemot, dan bagaimana cara mengatasi smartphone yang lemot tersebut, khususnya pada smartphone android yang mempunyai spesifikasi rendah. Berikut ini tipsnya.

Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

Instal Aplikasi Seperlunya Saja

Kebanyakan menginstall aplikasi juga dapat membuat smartphone android kalian lemot, karena menginstal banyak aplikasi berarti juga membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak. Nah jika ruang yang penyimpanan yang tersedia hanya sedikit, otomatis kinerja smartphone kalian tidak akan berjalan secara optimal.

Hindari Penggunaan Aplikasi Secara Bersamaan

Membuka banyak aplikasi dapat membuat kinerja amartphone lemot, karena banyaknya penggunaan ram dalam menjalankan aplikasi tersebut. Akibatnya sering terjadi kesalahan multitasking yang membuat smartphone kalian lemot. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan dan dalam waktu yang lama, apalagi aplikasi online, juga dapat membuat smartphone kita cepat panas. Jadi harap perhatikan aplikasi yang digunakan, dan menutup aplikasi yang tidak diperlukan.

Kurangi Memasang Widget

Memasang widget pada smartphone secara berlebihan, tanpa disadari ini adalah salah satu faktor penyebab lemotnya handphone tersebut. Nah sebaiknya bagi para pengguna Asus agar memasang widget seperlunya saja, karena hal ini dapat meringankan kinerja dari ram handphone tersebut, apalagi bila smartphone Anda hanya memiliki kapasitas ram yang sedikit.

Hindari Menggunakan Aplikasi Dalam Bentuk Animasi

Memang benar, menggunakan wallpaper bergerak lebih terlihat keren dan bagus, namun hal ini dapat membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Karena dengan wallpaper animasi tersebut, ram yang dibutuhkan akan membengkak dan mengurangi kapasitas ram, yang ujung – ujungnya kinerja smartphone bakalan lemot.

Gunakan Browser Untuk Membuka Sosial Media

Bagi kalian yang suka berkutat dengan sosial media, seperti facebook, twitter, instagram, google plus atau lainnya gunakanlah browser saja, jangan menggunakan aplikasi dari masing-masing sosial media tersebut. Karena dengan menggunakan browser kita sudah dapat membuka banyak situs sosial media, yang dapat menghemat penggunaan ram smartphone. Tetapi beda halnya jika kita, menggunakan aplikasi yang hanya membuka satu akun sosial media. Bayangkan jika Anda membuka beberapa akun sosial media yang Anda miliki, maka akan banyak pula aikasi yang akan digunakan. Nah inilah yang menyebabkan smartphone android maupun smartphone lainnya menjadi lemot, karena banyaknya ram yang digunakan.

Melakukan Restart Pada Smartphone

Langkah terakhir untuk mengembalikan kinerja dari smartphone android adalah dengan mengembalikan kesetelan pabrik atau restart ulang. Karena dengan merestart smartphone tersebut, kapasitas ram yang digunakan akan pulih kembali. Jika ram sudah pulih, maka otomastis kinerjanya tidak akan lemot karena ram smartphone belum digunakan. Tetapi efeknya semua aplikasi yang sudah terinstal akan hilang semua, kecuali aplikasi bawaan dari pabrik. Untuk itu sebelum melakukan restart lebih baik Anda mencadangkan semua data terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat mengembalikan data-data tersebut. Dan ingat, pasang kembali data ataupun aplikasi yang memang dibutuhkan saja, supaya kinerja smartphone Anda tetap prima.

Baca juga: Cara Membedakan Charger Android Samsung Asli atau Palsu

Anda juga dapat menginstal aplikasi pembersih ram, misalnya Clean Master, Seeder, Greenefy Hibernasi atau yang lainnya.

Nah dengan aplikasi tersebut Anda dapat meminimalkan terjadinya lemot pada smartphone Anda, karena dengan aplikasi tersebut kita dapat membersihkan semua sampah pada smartphone sehingga menghemat penggunaan ram.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot.
Semoga bermanfa’at.