Cara Mengatasi Rem Cakram Seret, Ternyata Gampang

Sebenarnya, untuk mengatasi rem cakram seret cukup gampang. Asalkan kita lebih teliti dalam mencari penyebab mengapa rem cakram bisa seret. Rem cakram seret disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk mengetahui apa saja penyebab rem cakram seret dan bagaimana solusi mengatasinya, berikut tips cara memperbaiki rem cakram macet dan seret yang perlu diketahui.

Jika roda motor Anda seret yang disebabkan rem cakram motor Anda macet jangan anggap remeh, sebab hal ini bisa berakibat fatal. Selain motor terasa berat baik ketika didorong atau saat digunakan, rem cakram yang seret dapat mengunci dan mengerem sendiri. Jika hal ini terjadi akan sangat membahayakan.

Berbeda dengan jenis rem tromol yang kampas remnya tidak selalu nempel pada tromolnya, untuk jenis rem cakram, kampas rem selalu menempel pada piringan cakram. Nah, jika kampas rem dan piringan cakram sampai seret, akan terjadi gesekan antara keduanya sehingga timbul panas. Dan akibat dari panas berlebih tersebut, kaliper bisa mengunci piringan cakram dan roda akan macet total.

Oleh karena itu jangan sepelekan jika roda motor Anda berputar kurang lancar, baik itu roda depan atau belakang, agar segera melakukan perbaikan. Jika Anda bukan ahlinya serahkan saja ke bengkel dan terima beres. Namun, tidak ada ruginya jika Anda sedikit tahu, apa yang jadi sebab rem cakram bisa seret dan bagaimana cara mengatasinya, berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Rem Cakram Seret dan Macet

Telah sedikit diungkap diatas bahwa, cakram seret disebabkan oleh berbagai hal. Berikut faktor utama penyebab rem cakram macet.

1. As floating kaliper kotor

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret 1

As floating adalah batang yang ada pada dudukan kaliper (braket). Jika as floating kotor dan berkarat akan menyebabkan rem cakram seret. Karena kaliper tidak bisa bergerak mengikuti ketebalan kampas rem dan pergerakan dari piston kaliper. Sehingga jika as ini macet maka kaliper tidak dapat menjaga kampas agar tetap pada posisi ideal dengan piringan cakram. Akhirnya, kampas rem akan menekan piringan cakram walaupun Anda tidak melakukan pengereman dan terjadilah seret pada rem motor Anda.

2. Karet braket kaliper

Karet braket kaliper atau karet dudukan kaliper bertugas mencegah kotoran dan debu menempel pada as floating atau masuk ke dalam rumah as flaoting di kaliper. Sehingga keduanya tetap bersih dan stempet yang ada tetap terjaga.

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret
2

Jika karet pelindung ini rusak, seperti sobek, sudah longgar atau melar dan tidak bisa menutup dengan rapat, maka kotoran dan debu mudah masuk. Apalagi di waktu hujan atau saat melewati genangan air, air yang bercampur kotoran akan menembus masuk dan membuat as floating berkarat dan macet.

3. Seal piston kaliper

Seiring dengan lamanya pemakaian, sil piston kaliper atau Oring kaliper akan rusak,. Jika ini terjadi akan menyebabkan piston kaliper seret dan membuat rem cakram jadi seret juga, bahkan terkadang bisa sampai macet.

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret 3

Kerusakan yang biasa terjadi pada seal piston kaliper adalah sil tersebut melar yang membuat ukurannya lebih gede dari standarnya. Sehingga pergerakan piston akan terhambat oleh ukuran sil yang melar tersebut dan akhirnya macet.

5. Seal master rem

Kerusakan yang sering terjadi pada sil master rem atau kip rem adalah seret atau ngempos. Jika seret bisa disebabkan sil telah melar atau batang tempat sil mengapur. Demikian juga jika ngempos, bisa disebabkan sil mengalami kebocoran atau adanya pengapuran pada batang kip rem.

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret 4

Perbedaan yang paling kentara dari keduanya adalah gejala yang ditimbulkan. Jika sil master rem seret, saat direm terasa keras dan tidak pakem. Dalam beberapa kasus bisa menyebabkan putaran roda seret alias rem seret. Selain itu lampu rem juga akan menyala terus, karena kip rem tidak mampu kembali secara maksimal untuk mendorong tuas (gagang) rem serta switch rem.

Tetapi jika seal master ngempos, rem akan blong atau bisa saja masih pakem namun harus ditekan beberapa kali, istilahnya rem ngocok. Atau bisa juga ditandai dengan adanya kebocoran minyak rem disekitar tuas rem dan kip rem.

Baca juga: Cara Mengatasi Tarikan Awal Motor Matic Bergetar

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret dan Macet

Setelah mengetahui faktor penyebab rem seret, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya.

Rem Macet Disebabkan Masalah Pada Kaliper

1. Copot kaliper kit dari tempatnya
2. Lepaskan kampas rem dari kaliper dengan membuka baut as penahan kampas rem.
3. Lepaskan dudukan kaliper (braket) dari kaliper. Jika as dudukan kaliper (as floating) kotor dan berkarat, melepaskannya agak sulit. Bisa dipukul pakai palu plastik atau pakai tatakan kayu.
4. Setelah terlepas bersihkan as floating dengan cara dicuci dan diamplas sampai bersih. Jika as penahan
kampas rem kotor bersihkan sekalian.

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret 5

5. Bersihkan juga lubang tempat as flaoting di kaliper.
6. Periksa karet dudukan kaliper (karet braket), apakah sobek, longgar atau melar dan tidak menutup dengan rapat. Jika sudah rusak sebaiknya wajib diganti.
7. Beri stempet (grease) pada kedua as floating sebelum dipasang. Jangan lupa, lubang tempat as floating di kaliper juga diberi gemuk.
8. Jika masalahnya cuma pada as floating macet, pasang kembali komponen yang Anda buka, dan selesai. Namun, jika piston kaliper ikut macet, jangan pasang dulu dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
9. Buka piston kaliper menggunakan tang dengan cara ditarik keluar sambil diputar. Dibutuhkan tenaga ekstra jika piston sangat macet. Ingat hati-hat, jepit bagian ujung piston saja jangan terlalu dalam. Jika badan piston yang bersentuhan dengan Oring/sil piston tergores, bisa berakibat fatal.
10. Setelah piston berhasil dicabut, cuci dan bersihkan piston kaliper dengan kain lap. Jika terlalu kotor dan berkarat gunakan amplas yang sangat halus.
11. Lepaskan sil piston kaliper kemudian bersihkan coakan tempat sil berada serta rumah piston kaliper agar bebas dari kotoran.
12. Setelah semuanya bersih, pasang kembali part-part yang dibuka tadi. Pastikan Oring piston kaliper dalam keadaan baik, jika rusak atau melar ganti dengan yang baru.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok

Itulah cara mengatasi rem cakram seret yang disebabkan adanya kerusakan pada bagian kaliper.

Rem Macet Disebabkan Pada Master Rem

Jika kaliper sudah tidak bermasalah dan rem cakram Anda masih seret, masalah berikutnya ada pada master rem. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut caranya.

1. Copot master rem dari tempatnya, terutama pada rem cakram belakang motor non matic.
2. Buka klip sil master rem (kip rem), kemudian keluarkan sil tersebut dari tempatnya.
3. Bersihkan tempat atau rumah sil master rem dari sisa kotoran pengapuran batang kip rem.
4. Setelah bersih, ganti kip rem dengan yang baru dan pasang semua komponen kembali seperti semula.
5. Untuk rem cakram depan atau rem belakang motor matic, seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX, tidak mesti mencopot master rem. Malahan lebih cepat dan praktis dengan langsung melepas gagang (tuas) rem. Kemudian buka klip pengunci untuk mengeluarkan kip rem.
6. Seteleh itu bersihkan master rem, mulai dari wadah minyak rem, lubang jalur minyak rem harus bebas dari sumbatan, dan lubang(rumah) tempat kip rem juga harus bersih.
7. Ganti kip rem dengan yang baru, kemudian pasang kembali komponen yang dibuka dengan urutan kebalikan.

Nah, jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar, maka rem cakram akan menjadi empuk, pakem dan tidak seret. Mudah bukan? Demikian cara mengatasi rem cakram macet paling gampang dan efektif. Semoga bermanfaat. Agar lebih jelasnya, Anda bisa tonton video di bawah ini: