Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Pedas

Bagi yang suka dengan makanan pedas, tentunya pernah mengalami perut terasa panas dan mulas setelah mengkonsumsi makanan pedas. Rasa panas yang dirasakan setelah makan pedas disebabkan karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai.

Memang, bagi penikmat kuliner makanan bercita rasa pedas amatlah menggugah selera. Namun bila menu yang disantap terlalu pedas bisa menimbulkan rasa kurang nyaman pada perut, termasuk perut yang terasa panas dan mulas.



Untuk mengatasinya, ada beberapa tips ampuh cara mengatasi perut panas akibat makan pedas. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa panas diperut.

Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Pedas

1. Minum susu

Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Pedas
Cara Mengatasi Perut Panas

Susu bisa membantu mengatasi masalah perut panas akibat makan makanan pedas. Karena kandungan susu dapat menetralkan asam dari makanan pedas yang dikonsumsi. Namun, jangan minum susu terlalu banyak karena hal tersebut justru bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Cukup minum setengah cangkir atau gelas saja.


2. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Untuk mencegah dan mengatasi perut panas akibat makan pedas, disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah makan makanan pedas. Karena buah dan sayur dapat menetralkan capsaicin yang terkandung pada cabai.

3. Yogurt

Ternyata yogurt juga dapat mengatasi perut panas akibat makan pedas. Yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan.

4. Air kelapa

Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Pedas
Cara Mengatasi Perut Panas

Air kelapa memiliki banyak manfaat, termasuk dalam mendinginkan perut panas akibat makan makanan pedas. Air kelapa mampu mendinginkan perut karena memiliki sifat basa sehingga mampu menetralkan kadar asam dalam perut sekaligus mendinginkan lapisan perut.

5. Teh peppermint

Teh peppermint juga bisa meredakan rasa panas pada perut. Karena pada peppermint terkandung zat anti nyeri yang bisa mengurangi rasa nyeri dan perut panas. Jadi, minum teh peppermint hangat untuk mengurangi rasa perut panas setelah mengkonsumsi makanan pedas.



Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Nah, itulah beberapa tips cara mengatasi perut panas akibat makan pedas yang mudah dan efektif.