Cara Mengatasi Mata Lelah Saat Melihat Handphone

Telepon seluler sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari aktivitas keseharian hampir setiap orang. Mulai bangun tidur sampai tidur lagi, handphone selalu lengket ditangan. Namun perlu diingat bahwa, jika selalu melihat layar handphone terus menerus, tentunya akan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Sudah diketahui bahwa, paparan sinar biru dari layar handphone sangat tidak bersahabat untuk mata. Dilansir dari Newsweek, paparan sinar biru bisa menyebabkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena jika sinar biru yang dipancarkan oleh smartphone dan dilihat terus-menerus akan bisa memicu reaksi sel-sel mata yang peka terhadap rangsangan cahaya. Paparan ini juga bisa membuat kornea dan lensa mata tidak mampu memblokir atau memantulkan cahaya.


Cara Mengatasi Mata Lelah Saat Melihat Handphone

Oleh karena itu sangat disarankan untuk membatasi pemakaian handphone dalam keseharian kita. Setidaknya paling lama maksimal 2 jam saja dalam satu hari. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko kesehatan yang bisa mempengaruhi penglihatan mata Anda. Bagi yang kecanduan main game hingga berjam-jam memelototi layar smartphone, alangkah baiknya mulai sekarang untuk menguranginya.

Baca juga:Cara Mengatasi Touchscreen Error

Karena saking asyiknya bermain game, tanpa disadari bahwa Anda lupa berkedip karena selalu terpaku pada layar. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi kering dan bisa mengalami berbagai komplikasi seperti salah satunya adalah kebutaan. Lalu bagaimana cara mengatasi mata lelah saat melihat handphone terlalu lama?



Dilansir dari klikdokter, ada cara mudah dan praktis untuk mengatasi mata lelah saat melihat handphone yaitu dengan berkedip. Saat mata mulai terasa lelah karena terlalu lama melihat handphone, disarankan untuk berkedip. Karena dengan berkedip akan bisa memberikan manfaat untuk melembabkan mata dan melumasi mata agar terhindar dari kotoran yang masuk.

Baca juga: Cara Agar Ponsel Android Makin Ngebut

Ini adalah hal pertama yang paling mudah untuk dilakukan. Namun yang terpenting adalah, mulailah melatih diri untuk tidak berlama-lama melihat handphone atau mengatasi diri Anda dari ketergantungan terhadap smartphone. Semoga bermanfaat.