Cara Mengatasi Lampu Redup Saat di Gas

Lampu kendaraan yang redup dapat mengganggu kenyamanan berkendara di malam hari. Apalagi jika melewati jalanan yang rusak dan banyak lubang-lubangnya. Ditambah lagi jika motor di gas justru lampu kendaraan bukannya tambah terang malah justru makin redup. Sangat membahayakan bukan?

Sebagai lampu penerangan utama di malam hari, lampu head lamp (lampu kepala) haruslah mampu memberii penerangan yang memadai. Nah, jika motor Anda mengalami masalah lampu redup saat di gas, Biangcara punya tips jitu, bagaimana cara mengatasi lampu redup pada saat motor di gas.

Cara Mengatasi Lampu Redup Saat di Gas

Untuk mengatasi lampu tetap terang saat motor di gas, kita harus tahu dulu apa yang menjadi sebab lampu motor redup saat di gas. Nah, berikut penyebab lampu redup saat di gas dan cara mengatasinya.

1. Regulator (Kiprok)

Salah satu penyebab lampu motor redup saat di gas adalah kerusakan pada kiprok. Pada saat gas Anda tarik tetapi lampu kendaraan atau motor tiba-tiba redup, kemungkinan disebabkan oleh rusaknya kiprok atau regulator. Kiprok ini berfungsi untuk mengatur sistem kelistrikan pada motor Anda.

Jika menemukan masalah seperti ini, ada baiknya segera melakukan penggantian kiprok dengan yang baru. Selain itu, kiprok juga bisa menjadi penyebab lampu motor mati semua atau lampu cepat putus.

Baca juga: Penyebab Motor Matic Digas tidak Mau Jalan

2. Baterai (Aki)

Penyebab lampu motor redup saat di gas yang lain adalah aki atau baterai yang mulai lemah. Seperti yang kita ketahui bersama, sistem kelistrikan pada motor bersumber dari aki. Aki atau baterai pada motor anda bertugas sebagai alat yang menyimpan arus listrik. Pada kebanyakan kasus lampu motor yang redup pada saat di gas, juga tidak terlepas dari pengaruh aki yang sudah mulai soak.

Jika aki tidak berfungsi sebagai mana mestinya, maka komponen kelistrikan motor yang lain juga akan terganggu, termasuk lampu motor Anda. Jika aki sudah mulai soak sebaiknya lakukan penggantian aki.

Baca juga: Cara Mengatasi Aki Sering Drop atau Tekor

3. Socket Kotor atau Longgar

Socket pada lampu yang karatan dan longgar juga merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan lampu kendaraan redup saat di gas. Hal ini terjadi akibat karat yang berada pada socket lampu menghalangi arus yang akan masuk ke lampu itu sendiri, selain itu posisi soket yang tidak pas atau longgar juga mengakibatkan arus listrik yang akan di alirkan pada bohlam lampu jadi terganggu.

Cara Mengatasi Lampu Redup Saat di Gas

Karena itu, periksa bagian tersebut kemudian bersihkan kotoran atau karat yang terdapat pada soket lampu atau soket spul dan kencangkan sambungan antar soket.

Baca juga: Cara Mengatasi Lampu Depan Mati Vario 125

4. Kabel Lampu Meleleh

Faktor yang dapat menyebabkan nyala lampu kurang terang adalah kabel lampu meleleh. Kabel yang meleleh akan mengakibatkan suplay arus listrik tergangu, yangakhirnya mebuat sorotan lampu jadi redup.

Untuk itu, lakukan juga pengecekan pada kabel-kabel kelistrikan motor, jika terdapat gejala lampu redup saat motor di gas.

Demikian beberapa penyebab lampu redup saat di gas dan cara mudah untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.