Cara Mengatasi Lampu Indikator Temperatur Vario 110 Menyala

Penyebab lampu temperatur vario 110 menyala, karena suhu mesin yang terlalu panas atau overheating. Penyebab over heating sendiri disebabkan karena sistem pendingin mesin yang tidak bekerja secara maksimal.

Motor berpendingin radiator seperti Honda Vario 110, Vario 125/150 atau Yamaha Nmax, jika terjadi overheating maka lampu indikator temperatur yang terdapat di spedometer akan menyala merah. Apabila hal ini terjadi matikan mesin sampai suhu turun. Kalau tetap dipaksa jalan motor bisa macet dan mati total.

Oleh karena itu, perawatan rutin perlu dilakukan agar terhindar dari kasus semacam ini. Selain itu dengan rajin servis performa motor jadi tetap optimal dan mesin lebih awet. Nah, bagi pengguna motor dengan sisitem pendingin radiator, perlu tahu, apa aja yang menyebabkan lampu indikator suhu menyala merah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Temperatur Vario 110 Menyala

Ada beberapa penyebab lampu indikator suhu menyala merah. Berikut penyebab kenapa lampu kontrol temperatur menyala.

1. Air Radiator Berkurang

Air radiator yang kurang atau habis bisa menyebabkan pendinginan mesin kurang optimal. Ketika lampu kontrol temperatur menyala, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek volume air radiator. Baik yang ada dalam radiator atau dalam wadah cadangan. Tambahkan jika kurang.

Gunakan cairan khusus (coolant) jangan gunakan air mineral biasa, karena air biasa tidak mengandung anti karat. Karat yang menumpuk akan mengganggu sirkulasi air radiator, sehingga pendinginan mesin akan terganggu. Cek juga, apakah ada kebocoran pada radiator dan selang radiator.

Kuras radiator paling tidak satu tahun sekali atau setiap 12.000 km. Karena kandungan zat pada air radiator akan berubah yang disebabkan oleh suhu panas mesin. Hindari mencampur antara merk air radiator satu dengan yang lain.

Baca juga: Arti Kedipan Lampu MIL Motor Honda

2. Radiator Tersumbat atau Bocor

Cara Mengatasi Lampu Indikator Temperatur Vario 110 Menyala

Masalah yang kerap terjadi pada radiator adalah terjadi kebocoran atau tersumbatnya jalur coolant dalam radiator dan juga tersumbatnya sirip pendingin udara yang ada di radiator.

Jika radiator bocor akibatnya air radiator akan berkurang dan akhirnya habis. Akibatnya motor mengalami overheating sehingga lampu temperatur suhu menyala.

Begitu pula jika jalur coolant yang ada dalam radiator tersumbat membuat sirkulasi air radiator terhambat. Sedangkan jika sirip atau kisi-kisi udara radiator yang tersumbat, membuat aliran udara tidak mampu masuk dan mendinginkan radiator dengan baik.

3. Kipas Radiator

Masalah yang terjadi pada kipas motor matic, bukan disebabkan karena kipas tidak mau berputar. Karena kipas motor matic terpasang pada magnet, sehingga setiap motor hidup pastinya kipas juga akan berputar.

Namun masalah yang ditimbulkan adalah baling-baling kipas patah, sehingga tidak mampu mengalirkan udara dengan baik ke area radiator. Akibatnya proses pendinginan radiator terganggu dan mesin mengalami overheating.

Baca juga: Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

4. Kebocoran Air Radiator

Kebocoran Air Radiator

Jika tejadi kebocoran air radiator, membuat air radiator lama-lama jadi habis. Hal ini membuat proses pendinginan mesin tidak dapat berjalan dengan normal. Kebocoran ini dapat terjadi pada radiator, selang-selang radiator atau pada sil pompa radiator.

Fungsi utama dari coolant adalah untuk mendinginkan mesin. Jika coolant atau air radiator habis maka proses pendinginan mesin tidak dapat terjadi. Akibatnya terjadi panas berlebih pada mesin atau over heating. Jika kejadian ini dibiarkan maka motor bisa macet.

Selain untuk mendinginkan mesin, coolant juga berfungsi untuk mencegah karat, manaikkan titik didih dan menurunkan titik beku.

Demikian penyebab dan cara mengatasi lampu indikator temperatur vario 110 menyala merah. Untuk lebih mudahnya, tonton video tutorial penyebab dan cara mengatasi lampu temperatur vario 110 menyala di bawah ini: