Cara Mengatasi Kode MIL 42 Pada Motor Yamaha

Pada motor injeksi Yamaha, jika lampu indikator menunjukkan kode MIL 42 biasanya terjadi masalah atau kerusakan pada sensor pengukur kecepatan (Speed Sensor). Speed sensor ini bertugas membaca putaran roda atau putaran out put transmisi, kemudian data yang dihasilkan dikirim ke ECU. Sehingga ECU bisa membaca dan mendeteksi berapa kecepatan motor tersebut.

Jika terjadi kerusakan atau masalah dengan komponen sensor pengukur kecepatan, otomatis sensor ini tidak akan bekerja memberi sinyal kepada ECU (Engine Control Unit) atau disebut juga dengan ECM (Engine Cinttol Module). Sehingga ECU tidak bisa membaca berapa kecepatan motor, dan akhirnya ECU memerintahkan lampu MIL menyala dengan kode 42, yang mengindikasikan adanya masalah atau kerusakan pada sensor pengukur kecepatan.

Jenis Speedometer Motor

Letak speed sensor pada setiap motor berbeda-beda. Begitu juga dengan jenis speedometer yang digunakan. Pada sepeda motor, jenis speedometer yang digunakan adalah speedometer digital dan speedometer analog. Untuk speedometer jenis digital biasanya cara kerjanya menggunakan speed sensor. Sedangkan speedometer jenis analog biasanya menggunakan kawat baja yang biasa disebut kabel speedometer. Namun, untuk motor jenis injeksi biasanya dilengkapi dengan speed sensor yang terletak di speedometer.

Selain terletak di speedometer, seperti Yamaha Mio J series (Soul GT, Yamaha M3, Yamaha X-Ride), speed sensor juga ada yang terletak di roda depan, misalnya saja Yamaha NMAX. Beda lagi dengan motor matic Honda, sebut saja Honda Beat eSP, Scoopy eSP, Vario series (125 dan 150), Honda PCX, letak speed sensornya berada di roda belakang, tepatnya berada di gardan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, motor Yamaha Mio J series menggunakan speedometer jenis analog. Jadi speedometer digerakkan oleh kabel speedometer yang berputar mengikuti putaran gear atau gigi speedometer yang terhubung dengan roda depan. Selama roda depan berputar, gigi dan kabel speedometer akan ikut berputar.

Jika kabel dan gear speedometer rusak atau salah satu dari komponen tersebut rusak, maka speedometer tidak akan bekerja. Maka speed sensor tidak memberi sinyal kepada ECU, sehingga ECU menganggap ada kerusakan pada speed sensor, dan memerintahkan lampu MIL menyala dengan kode 42. Kode 42 dihasilkan dari 4 kedipan panjang (lambat) dan 2 kedipan pendek (cepat).

Untuk memahami kode kedipan lampu MIL silahkan lihat pada ulasan: Cara Membaca Kedipan Lampu MIL Yamaha.

Sedangkan untuk motor Honda dan Suzuki bisa dilihat pada bahasan: Arti Kedipan Lampu MIL Motor Injeksi.

Kode kedipan 42 ini muncul ketika kunci kontak diputar pada posisi ON. Namun ketika motor dalam keadaan hidup, lampu MIL akan menyala terus tanpa adanya kedipan. Selanjutnya, bagaimana cara mengatasi kode MIL 42 dan lampu MIL menyala terus pada motor Yamaha Mio J series?

Cara Mengatasi Kode MIL 42

Kode kedipan MIL 42 mengindikasikan adanya kerusakan pada speed sensor, yang bisa dideteksi menggunakan alat Diagnostic Tool atau dibaca secara manual. Cara mengatasinya dengan memeriksa komponen yang berhubungan dengan speedometer. Karena Mio J menggunakan speedometer jenis analog, langkah yang perlu dilakukan yaitu,

1. Periksa Kabel Speedometer

Cek kabel speedometer, apakah kabel bagian dalam speedometer masih dalam keadaan baik atau putus. Karena, jika kabel speedometer putus, menyebabkan lampu MIL berkedip dengan kode kedipan 42. Cara mengeceknya mudah, lepaskan kabel dari gigi speedometer, kemudian cek bagian dalam kabel putus atau tidak, jika putus ganti dengan yang baru. Jika tidak putus lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Mengatasi Kode MIL 42 Pada Motor Yamaha

2. Periksa Gear Speedometer

Periksa kondisi gear atau gigi speedometer. caranya putar roda depan dengan kuat dan lihat pada bagian dalam gigi speedometer, apakah ikut berputar mengikuti putaran roda. Jika tidak berputar artinya gear sudah aus, maka ganti dengan yang baru.

Setelah melakukan penggantian pada komponen yang rusak, lampu MIL tidak langsung mati, karena speed sensor belum bekerja membaca putaran speedometer. Solusinya, jalankan motor maka dengan sendirinya lampu MIL akan mati, dan masalah teratasi.

Itulah cara mengatasi kode MIL 42 dan lampu MIL nyala terus pada motor Yamaha. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.