Cara Mengatasi Kode 46 dan Aki Sering Drop Pada Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kode 46 Pada Yamaha Vixion

Bila lampu MIL (Malfunction Indicator Light) yang biasanya berwarna kuning bergambar mesin menyala berkedip-kedip, hal ini menunjukkan adanya masalah pada motor tersebut. Karena dalam keadaan normal lampu MIL akan menyala selama 2-3 detik setelah kunci kontak di hidupkan atau pada posisi on kemudian dia akan mati. Apabila lampu MIL ini menyala kembali dan berkedip-kedip maka ada masalah yang perlu diwaspadai.

Kedipan pada lampu MIL mempunyai arti yang berbeda tergantung jumlah kedipan yang dihasilkan. Cara membacanya, untuk kedipan panjang selama 1 detik mempunyai nilai 10 dan untuk kedipan pendek selama setengah detik mempunyai nilai 1. Lampu MIL sendiri biasanya terdapat pada dasboard spedemeter.

Dan kali ini Biangcara.com akan membahas bagaimana cara mengatasi kode 46 pada Yamaha Vixion. Kode ini bisa dilihat dari jumlah kedipan yang ditunjukkan lampu indikator. Kode 46 berarti lampu MIL berkedip lambat/panjang 4 kali dan berkedip cepat/pendek 6 kali. Atau bisa menggunakan alat Scanner atau Diagnostic Tools untuk mendeteksinya.

Arti Kedipan 46 Lampu MIL

Bila lampu indikator (MIL) menunjukkan kode kedipan 46, maka terdapat masalah pada power supply yang menuju fuel injection. Jadi sistem kelistrikan yang menuju Pompa Injeksi terganggu. Penyebabnya cukup banyak, mulai dari soket-soket penghubung yang kurang baik, Regulator (kiprok) yang sudah rusak, kondisi aki yang drop, kerusakan pada kabel-kabelnya atau pada spullnya (Lighting Coil).

Langkah Pemeriksaan

Cara Mengatasi Kode 46 dan Aki Sering Drop Pada Yamaha Vixion
Cara Mengatasi Kode 46 Yamaha Vixion

Untuk langkah-langkah pengecekan bisa dimulai dari yang gampang dulu.

1. Cek kondisi aki (battery) dan tegangannya (voltase), jika dibawah 12 Volt silahkan di charger atau lakukan penggantian jika sudah tidak layak. Periksa juga sambungan/klem aki, bersihkan jika kotor dan berkarat.

2. Periksa tegangan pengisian. Tegangan standar 14 Volt pada putaran mesin stasioner. Caranya copot soket kabel yang menuju sekring untuk pengetesan tegangan dari Regulator (kiprok). Atau bisa dengan mencopot sekringnya dan lakukan pengetesan dengan salah satu terminal pada rumah sekring yang menuju Regulator. Jika tegangan kurang dari 14 volt maka lanjut pada langkah ketiga.

3. Periksa kondisi Regulator (kiprok). Periksa kabel dan soket pada kiprok. Apakah soketnya kotor dan berkarat atau ada sambungan yang kurang bagus (konek). Lakukan pembersihan pada soket tersebut.

4. Periksa kondisi Lighting Coil (spull), mulai daru tahanan-nya yang berkisar antara 0.448-0.672 ohm. Kemudian periksa juga soketnya, bersihkan jika kotor atau berkarat. Jika belum beres, periksa semua jalur kabel kelistrikan mulai dari spull, kiprok, sekring sampai ke aki (battery). Jangan lupa kabel massa juga diperiksa. Periksa dengan teliti, karena kode 46 disebabkan adanya gangguan kelistrikan menuju pompa injeksi. Dan belum tentu pompa injeksinya rusak.

Baca juga: Cara Memperbaiki Injektor Pada Motor Injeksi

Dalam mengatasi masalah ini diperlukan ketelitian dalam melakukan perbaikan. Teliti satu persatu dan jangan terburu-buru.