Cara Mengatasi Honda Beat Mogok Mendadak

Motor matic sudah menjadi primadona pengguna motor di Indonesia. Salah satunya adalah Honda Beat. Motor keluaran pabrikan Honda ini menjadi salah satu motor matic yang paling banyak diminati di Indonesia. Dengan tampilan dan desain yang cukup menarik, dan didukung dengan teknologi eSP, membuat motor ini laris dipasaran.

Seperti jenis motor lainnya, motor matic juga membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini diperlukan agar motor tetap nyaman digunakan dan sekaligus sebagai langkah antisipasi supaya motor tidak mogok dijalan.

Baca juga: Cara Merawat Motor Injeksi

Memang masalah motor mogok dijalan, sudah umum dan sering kali kita jumpai. Namun bagaimana jika motor Beat Anda tiba-tiba mati tidak bisa distarter ketika akan digunakan?

Nah, pada bahasan kali ini, Biangcara akan membagikan tips, bagaimana cara mengatasi Honda beat mogok mendadak, padahal sebelumnya tidak ada masalah sama sekali. Malam masih dipakai, saat pagi hari akan digunakan berangkat kerja, motor tidak bisa dinyalakan.

Pada kasus ini, motor sama sekali tidak bisa dihidupkan, baik menggunakan tombol stater atau menggunakan pedal stater (kickstater). Jika tombol starter ditekan tidak terdengar bunyi cetik-cetik disekitar aki. Lampu MIL juga tidak menunjukkan kode kerusakan apapun. Kelistrikan dari aki pun normal, hal ini bisa dilihat dari masih berfungsinya lampu sein maupun klakson.

Untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya, lakukan langkah berikut ini.

Periksa Kabel Switch Standar Samping

Sebelum melakukan pemeriksaan ke bagian lain, langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah, periksa dulu kabel switch standar samping. Apakah kabelnya nyambung apa tidak. Sebab kabel ini bisa saja putus karena dimakan tikus atau putus ditengah karena gesekan.

Kenapa yang diperiksa pertama kali kabel switch standar samping, bukan pengapian dari busi?

Pertama, secara logika, ketika motor tidak bisa hidup padahal sebelumnya motor normal-normal saja tidak ada gejala apapun, kemungkinan busi mati sangat kecil.

Kedua, kabel switch standar samping ini, termasuk bagian dari jalur sistem pengapian dan sistem elektrik starter. Jika kabel ini putus maka busi tidak mengeluarkan percikan bunga api dan elektrik starter juga tidak dapat berfungsi.

Akibatnya motor tidak bisa dihidupkan, baik dengan menekan tombol starter maupun menggunakan kick starter. Karena sistem elektrik starter tidak bekerja dan busi juga tidak memercikkan bunga api.

Sehingga, untuk kasus semacam ini, langkah awal pemeriksaan, sebaiknya menuju pada kabel switch standar samping.

Maka, langsung saja buka cover (dek) yang ada dibelakang roda depan. Karena biasanya kabel yang bermasalah berada di area tersebut.

Cara Mengatasi Honda Beat Mogok Mendadak
Cover yang Perlu Dibuka

Kemudian periksa bagaimana kondisi kabel-kabel yang ada disitu. Jika terdapat kabel yang putus, sambung kembali kabel tersebut.

Setelah selesai disambung, coba nyalakan motor apakah bisa hidup atau tidak. Biasanya, motor akan langsung hidup karena sumber masalahnya sudah ketemu yaitu, kabel switch standar samping putus.

Baca juga:
Cara Mengatasi Honda Beat Mogok dengan Kode MIL 52
Cara Mengatasi Honda Beat tidak Bisa Distarter

Langkah terakhir, rapikan sambungan kabel tersebut dan bungkus dengan isolasi. Lalu pasang cover (dek) kembali. Untuk lebih jelasnya Anda bisa tonton video tutorial di bawah ini.

Jadi, jika motor Beat eSP Anda mengalami masalah seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa melakukan langkah pemeriksaan seperti yang sudah dijelaskan. Namun, jika Anda kurang suka dengan utak-atik motor, silahkan bawa ke bengkel dan terima beres. Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.