Cara Mengatasi Honda Beat eSP Tidak Bisa Di Starter

Motor matic sekarang banyak dipilih menjadi moda transportasi ketimbang motor jenis lain. Salah satu jenis motor matic keluaran pabrikan Honda yang cukup banyak peminatnya adalah Honda beat. Layaknya jenis motor lainnya, motor matic juga membutuhkan perawatan berkala. Seiring dengan lamanya pemakaian motor juga akan mengalami berbagai macam kendala.

Masalah yang sering dialami oleh pengguna motor matic beat adalah motor mati tidak bisa di starter. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan, terutama bagi para wanita, khususnya ibu-ibu. Kondisi seperti ini, akan membuat kesal bercampur bingung kenapa motor tiba-tiba tidak mau di starter. Agar tidak semakin jengkel, sebaiknya coba pahami penyebabnya dulu.

Cara Mengatasi Honda Beat eSP Tidak Bisa Di Starter

Jika Anda mengalami masalah Honda beat eSP tidak mau di starter, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui penyebabnya.

1. Periksa kondisi aki
Putar kontak pada posisi ‘on’, hidupkan lampu sein, posisi kiri atau kanan terserah. Kemudian tekan tombol bel, jika suara bel keras dan nyaring kemudian lampu sein juga menyala dengan terang, maka bisa disimpulkan bahwa aki masih dalam keadaan baik.

Cara Mengatasi Honda Beat eSP Tidak Bisa Di Starter

2. Periksa lampu rem
Perhatikan apakah lampu rem menyala atau tidak, saat gagang rem kanan atau kiri ditarik. Jika menyala maka switch atau saklar rem masih berfungsi dengan baik. Sebab, selain untuk menyalakan lampu rem, saklar ini juga berfungsi untuk menghidupkan starter.

3. Periksa tombol starter
Tekan-tekan tombol starter sambil menarik gagang rem, kemudian dengarkan apakah ada suara cetik-cetik disekitar aki yang letaknya di pijakan kaki pengendara sebalah kanan. Biasanya suaranya sangat pelan, jadi coba dengarkan dengan seksama. Jika terdengar berarti tombol starter masih bagus.

4. Lakukan pemeriksaan pada Alternating Current Generator (ACG)
Setelah dilakukan pemeriksaan kelistrikan starter dan ternyata aki masih bagus, switch rem berfungsi normal, begitu juga dengan tombol starter yang masih baik. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada Alternating Current Generator (ACG), dan ini dilakulan oleh bengkel.

Baca juga: Penyebab Gas Motor Injeksi Tidak Stabil

Kerusakan bisa terjadi pada ACG-nya, soket penghubung ACG yang kurang konek, kabel ACG terkelupas atau bisa juga kabelnya putus dan masalah lain yang perlu diperiksa. Selain itu magnet yang kotor bisa menyebabkan starter macet. Karena debu yang menumpuk di sekitar magnet bisa menimbulkan medan magnet yang tidak beraturan. Sehingga starter tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pembersihan dengan disemprot menggunakan angin. Setelah semua bersih, pasang kembali lalu coba dinyalakan. Apabila motor bisa distarter berarti penyebabnya magnet dan ACG kotor. Jika masih tidak bisa distarter kemungkinan ACG rusak dan perlu diganti.

Beberapa kemungkinan kerusakan kelistrikan diatas merupakan penyebab Honda beat eSP tidak mau distarter. Namun motor masih bisa dihidupkan jika menggunakan starter manual. Demikian cara mengatasi Honda beat eSP tidak bisa di starter padahal aki masih bagus.