Cara Mengatasi Honda Beat ESP Mogok dengan Kode MIL 52

Pada kesempatan kali ini Biangcara akan mengulas bagaimana cara mengatasi honda beat ESP mogok dengan kode MIL 52 atau honda Scoopy ESP dengan kasus yang sama.

Pada kasus ini, motor sama sekali tidak bisa dihidupkan, baik ketika distater tangan dengan menekan tombol stater atau menggunakan pedal stater kaki (kickstater). Sedangkan ketika kunci kontak pada posisi ON, lampu MIL menunjukkan kode kedipan 52, dengan 5 kali kedipan panjang dan 2 kali kedipan pendek.

Bagi yang belum tahu cara membaca kedipan lampu MIL dan arti kedipan lampu MIL, bisa dilihat pada ulasan:
Cara Membaca Kode Kedipan Lampu MIL
Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Ketika lampu indikator (MIL) menyala dengan kedipan 52, biasanya masalah terjadi pada Sensor Crank Position (CKPS). Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa menggunakan Scanner (Diagnostic Tools) untuk mendeteksinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi beat ESP atau scoopy ESP dengan kode kedipan 52?

Langkah Cara Mengatasi Honda Beat ESP Mogok dengan Kode MIL 52

1. Periksa Pengapian

Buka busi, kemudian periksa apakah busi memercikan bunga api atau tidak. Atau bisa juga melalui kabel coil yang menuju busi, apakah mengeluarkan pengapian atau tidak. Ini dilakukan dengan cara mencopot tutup (cop) busi terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana hasilnya? Sudah bisa ditebak, bahwa busi tidak mengeluarkan percikan api. Kenapa demikian?

Jika CKPS bermasalah, yang bisa diketahui dari kedipan MIL 52 atau dideteksi menggunakan Scanner, maka sudah hampir pasti coil (Ignition Coil) dan busi tidak mengelurkan api. Karena CKPS dalam sistem injeksi ibarat fulser pada motor non injeksi.

CKPS berfungsi memberikan sinyal kepada Engine Control Module (ECM) untuk mengeluarkan pengapian. Jika CKPS bermasalah dan tidak mau menjalankan tugasnya untuk memberi tahu ECM agar mengeluarkan pengapian, maka coil dan busi juga tidak akan menghasilkan percikan api. Dan otomatis motor juga tidak bisa dihidupkan.

2. Periksa Kabel dan Soket CKPS

Pertama, Periksa soket yang menuju CKPS yang terletak dibawah Trothel Body. Pastikan kontak pada posisi OFF sebelum soket dilepas. Kemudian periksa apakah kabel yang ada dalam soket tersebut terhubung dengan body (massa) atau tidak menggunakan Multitester.

Jika salah satu kabel ada yang terhubung massa, kemungkinan kabel terkelupas dan menempel ke body, maka lakukan perbaikan pada kabel tersebut. Jika tidak ada yang terhubung massa berarti kabel dalam keadaan bagus.

Kedua, Periksa kabel CKPS yang menuju soket ECM apakah ada yang putus ditengah jalan atau tidak. Caranya, lepaskan soket ECM, kemudian periksa kabel yang ada disoket CKPS dan kabel yang ada di soket ECM.

Cara Mengatasi Honda Beat ESP Mogok dengan Kode MIL 52

Pastikan setiap warna kabel yang ada disoket CKPS dan ECM warnanya sama. Misalnya, kabel putih/merah disoket CKPS dan kabel putih/merah disoket ECM. Gunakan Multitester untuk memeriksanya.

Cara Mengatasi Honda Beat ESP Mogok dengan Kode MIL 52

Jika terhubung semua, artinya kabel dalam keadaan normal. Jika salah satu tidak terhubung, cari dimana putusnya dan lakukan perbaikan. Dalam beberapa kasus kabel putus bisa disebabkan dimakan tikus.

Baca juga: Cara Mengatasi Honda Beat ESP Tidak Bisa Distarter

3. Periksa CKPS

Jika semua kabel dalam keadaan baik, langkah selanjutnya buka bak magnit. Kemudian bersihkan CKPS dan magnit dari debu. Jika motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan sensor CKP sudah rusak, maka ganti CKPS tersebut dengan yang baru.

Demikian cara mengatasi honda beat mogok dengan kode kedipan MIL 52. Semoga ulasan diatas bermanfaat.