Cara Mengatasi dan Mencegah Biang Keringat

Biang keringat tidak hanya terjadi pada bayi ataupun anak-anak. Orang dewasa juga bisa mengalami biang keringat ketika cuaca sedang panas atau pada lingkungan yang bersuhu lembab. Sebelum membahas mengenai Cara Mengatasi dan Mencegah Biang Keringat, sebaiknya perlu diketahui dulu apa yang dimaksud dengan biang keringat dan apa penyebabnya.

Apa itu Biang Keringat?

Biang keringat atau disebut juga ruam panas adalah ruam kecil atau benjolan kecil-kecil yang berwarna merah dan terasa gatal, serta dapat menyebabkan rasa perih pada bagian kulit yang terkena. Kelainan pada kulit yang juga dikenal dengan nama miliaria ini, bisa terjadi pada siapa saja, baik bayi, anak-anak maupun orang dewasa.

Biang keringat bisa muncul di seluruh bagian tubuh, namun yang sering kali terjadi muncul pada bagian wajah, leher, punggung, dada, serta bagian paha.

Penyebab Biang Keringat

Biang keringat terjadi karena keringat yang tertahan di balik kulit dan tidak bisa keluar karena kelenjar keringat yang tersumbat atau terhambat. Sehingga mengakibatkan kulit mengalami peradangan dan timbul ruam atau benjolan kecil-kecil.

Faktor Penyebab Biang Keringat

Faktor- faktor yang bisa menyumbat dan menghambat kelenjar keringat dalam tubuh antara lain,
1. Iklim tropis atau cuaca panas. Kemunculan biang keringat bisa dipicu oleh cuaca atau suhu lingkungan yang panas dan suhu yang lembab.
2. Kepanasan. Ini terjadi ketika menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau tidur dengan selimut yang berlebihan, sehingga menyebabkan rasa kepanasan dan gerah.
3. Aktivitas fisik yang terlalu berat. Melakukan olahraga atau pekerjaan yang membutuhkan aktivitas fisik yang berat hingga mengeluarkan banyak keringat, juga dapat menyebabkan munculnya biang keringat.
4. Kelenjar keringat yang belum berkembang. Kasus ini terjadi pada bayi, karena kelenjar keringat pada bayi belum berkembang sepenuhya. Terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas atau sedang mengalami demam.
5. Tirah baring (bed rest) terlalu lama. Pada pasien yang diwajibkan untuk beristirahat di ranjang untuk waktu yang cukup lama, juga beresiko terkena biang keringat.

Cara Mencegah Terjadinya Biang Keringat

Cara Mengatasi dan Mencegah Biang Keringat
Cara Mengatasi dan Mencegah Biang Keringat

1. Menjaga agar tubuh tidak kepanasan  terutama saat musim panas, sehingga tidak banyak mengeluarkan keringat.
2. Gunakan sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering dan tidak mengandung parfum.
3. Hindari mengenakan pakaian ketat yang dapat menyebabkan kulit sulit bernapas.
4. Jangan memakai pakaian yang terlalu tebal ataupun memakai selimut yang berlebihan ketika cuaca panas.
5. Jangan menggunakan losion atau krim yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Biang keringat umumnya bukan masalah yang serius dan tidak harus membutuhkan pertolongan medis. Dan biasanya dapat pulih dengan sendirinya dengan mendinginkan kulit serta menghindari kondisi panas.

Meskipun demikian tidak ada salahnya untuk diatasi sesegera mungkin agar lekas sembuh. Kondisi ini bisa ditangani sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang cukup sederhana.

Langkah Mengobati Biang Keringat

1. Menghindari tempat atau suasana panas yang berlebih. Suasana panas akan membuat lebih banyak berkeringat dan membuat ruam makin parah. Karena itu usahakan untuk mencari tempat yang teduh atau dingin untuk menghindari panas. Selain itu, minumlah banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.
2. Menjaga kulit tetap dingin. Berendam atau mandi bisa membantu tubuh terasa sejuk dan menghindari keringat berlebih.
3. Pakailah pakaian yang longgar dan jangan gunakan pakaian yang mudah menyerap panas. Karena dapat menyebabkan banyak berkeringat dan biang keringat makin parah.
4. Melakukan penyembuhan dengan menggunakan cara-cara alami. Ada beberapa cara alami yang dapat dipakai untuk mengatasi biang keringat, antara lain cara alami dibawah ini.

Cara Alammi Mengatasi Biang Keringat

1. Mengkonsumsi Jus Lemon
Jus lemon sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh kita. Lemon banyak sekali diperkaya dengan vitamin C yang dapat bermanfaat untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan, termasuk biang keringat.

Jika mengkonsumsi jus lemon dengan jumlah yang cukup dapat menurunkan suhu panas dalam tubuh. Dan suhu panas adalah penyebab terjadinya biang keringat. Cukup minum jus lemon 2 atau 3 gelas dalam sehari untuk membantu menghilangkan biang keringat.

2. Menggunakan Es Batu atau Air Dingin
Mengkompres dengan es batu atau air dingin pada tubuh yang terkena biang keringat akan membantu mengurangi rasa panas dari peradangan, rasa menusuk-nusuk, dan gatal-gatal. Bungkus beberapa es batu dalam kain, kemudian letakkan di daerah yang terkena selama dua sampai lima menit pada seluruh tubuh yang terkena. Ulangi setiap 4 sampai 6 jam selama 2 sampai 3 hari. Hal ini akan mencegah ruang semakin parah dan meluas.

Cara yang lain, dengan merendam kain kapas dalam air dingin kemudian diperas sedikit supaya kapasnya tidak kering dan letakkan di daerah yang terkena selama lima sampai 10 menit. Ulangi 3 atau 4 kali sehari selama sekitar 3 atau 4 hari atau sampai gejalanya hilang. Bisa juga dengan mandi menggunakan air dingin seperlunya untuk mengurangi intensitas gejala biang keringat.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dapat memberi rasa dingin dan menenangkan rasa panas. Lidah buaya termasuk obat alami yang sangat baik untuk biang keringat. Caranya ambil daun lidah buaya yang masih segar karena banyak mengandung gel. Kemudian potong daun tersebut dan oleskan gel daun lidah buaya dari hasil potongan tersebut.

Selanjutnya potong lagi dan oleskan lagi sampai rata pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Biarkan setidaknya 20 menit kemudian mandi dengan air dingin. Lakukan 2 atau 3 kali sehari sampai gejala hilang.

Bisa juga dengan cara mengambil beberapa daun lidah buaya yang masih segar, dipotong kecil-kecil kemudian ditumbuk dan diperas diambil gelnya. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit seperti cara diatas.

4. Menggunakan Buah Ketimun/Mentimun
Seperti daun lidah buaya, buah ketimun juga memiliki khasiat mendinginkan dan membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit yang terkena. Potong buah ketimun menjadi irisan-irisan tipis.

Kemudian direndam dalam mangkuk air dingin yang dicampur dengan 2 sendok makan jus lemon sampai beberapa menit. Setelah itu, ambil irisan buah ketimun tersebut dan letakkan pada daerah yang terkena selama kurang lebih 10 menit.

Lakukan ini 3 kali sehari selama 3 atau 4 hari atau sampai gejala hilang. Buah mentimun mempunyai kandungan air yang tinggi, jika dikonsumsi setiap hari dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Demikian beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengobati biang keringat yang sering muncul ketika musim panas tiba.

Apabila langkah-langkah pengobatan di atas tidak membuahkan hasil, atau setelah 3-4 hari biang keringat tidak berkurang bahkan bertambah parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pengobatan. Apalagi bila terdapat tanda-tanda infeksi seperti, tubuh demam dan menggigil, rasa sakit yang bertambah serta keluarnya nanah dari bintil dan benjolan ruam. Segeralah pergi ke dokter.
Semoga bermanfaat.