Cara Mengatasi CKP Honda Beat Bermasalah

Bagi pengguna Honda Beat yang kebetulan mengalami masalah pada sensor CKP, kali ini Biangcara akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi CKP Honda Beat yang sedang bermasalah serta gangguan yang biasa terjadi pada sensor CKP (Crankcase Posisition).

CKP (Crankcase Posisition) sensor, merupakan komponen sistem pengapian yang bertugas memberi sinyal kepada ECM (Elektronic Control Module) untuk mengeluarkan api. Jadi komponen ini yang bertugas mengatur waktu, kapan koil (Ignition Coil) dan busi mengeluarkan percikan api.

Sensor CKP ini bekerja berdasarkan posisi dari magnet, sehingga cara kerjanya mirip dengan fulser yang terdapat pada jenis motor non injeksi. Ketika sensor ini bermasalah, bisa dipastikan pengapian tidak akan terjadi dan sudah tentu motor akan mogok.

Jika terjadi ganngguan pada sensor CKP, maka ECM akan memberi tanda melalui MIL (Malfunction Indicator Light) yang berada pada dasbor spedometer. Lampu indikator ini biasanya berwarna kuning dan akan menyala berkedip-kedip, dengan kode kedipan 52.

Angka ini diperoleh dari 5 kedipan panjang (lambat) dan 2 kedipan pendek (cepat). Kode kedipan 52 ini berarti, terjadi masalah atau kerusakan pada sensor CKP.

Untuk memahami arti dari kedipan lampu MIL silahkan baca ulasan Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Letak sensor CKP berada di sekitar magnet. Pada Honda Beat Fi lama, sensor CKP hanya memiliki 1 kabel menuju ECM, namun kabelnya dibungkus jadi satu bersama 2 kabel dari spul. Sedangkan pada Honda Beat eSP memiliki 5 kabel yang menuju ECM.

Cara Mengatasi CKP Honda Beat

Gangguan yang sering terjadi pada CKP adalah kabelnya putus atau terkelupas akibat adanya gesekan dengan body hingga menyebabkan konsleting. Walaupun kerusakan bisa saja terjadi pada sensor CKPnya, namun hal ini jarang dijumpai.

Kabel CKP yang bermasalah biasanya ada dibagian bawah throtle body dan crankcase di atas magnet.

1. Kabel di bawah throtle body

Untuk Honda Beat eSP, jalur kabel dari CKP yang menuju ECM berada di bawah throtle body. Kabel bagian inilah yang sering lecet hingga menyebabkan konsleting, bahkan dalam beberapa kasus, bisa sampai putus akibat gesekan dengan bak (blok) mesin. Sambungan soket juga bisa longgar, untuk itu pastikan kabel dan soket dalam keadaan baik.

Periksa juga kabel dari soket CKP yang menuju ECM, pastikan semua dalam keadaan baik tidak ada yang putus. Anda bisa menggunakan Multitester untuk melakukan pengecekan.

Baca juga: Cara Mengatasi eSP Mogok Dengan Kode MIL 52

Untuk Honda Beat Fi lama, jalur kabel CKP berada diatas tutup kipas dan soket berada dibawah jok sebelah kanan. Ada 3 kabel disana yang dibungkus jadi satu, untuk kabel CKPnya berwarna kuning garis putih.

Cara Mengatasi CKP Honda Beat Bermasalah
Kabel CKP Honda Beat Fi Old

Periksa dengan teliti kabel ini, karena masalah yang seringkali dialami oleh kabel tersebut adalah putus nyambung putus nyambung, yang disebabkan putus di bagian dalam kabel. Jika dilihat sekilas, memang tidak ada yang putus, karena yang putus adalah serabut atau isi kabel saja, sedangkan pembungkus kabel masih utuh.

Oleh karena itu periksa dengan teliti. Untuk memudahkan pemeriksaan, kelupas pembungkus ketiga kabel tersebut agar kabel terlihat seluruhnya. Periksa juga kabel dari soket yang menuju ECM ada yang putus atau tidak.

Baca juga:
Cara Mengatasi Honda Beat eSP Tidak Bisa Distarter
Cara Mengatasi Honda Beat Mogok Mendadak

2. Kabel bagian atas crankcase

Jika kabel dan soket dibagian bawah throtle yang menuju ECM sudah dalam keadaan bagus, namun kode 52 masih muncul, lanjutkan pemeriksaan pada kabel bagian atas magnet.

Cara Mengatasi CKP Honda Beat Bermasalah
Letak Kabel Di Atas Magnet

Buka bak magnet, kemudian lakukan pengecekan pada kabel yang bersentuhan dengan crankcase, apakah ada kabel yang putus atau tergores. Jika putus atau tergores, sambung kembali dan di isolasi agar tidak konslet.

Jika masalahnya memang pada kabelnya dan sudah diperbaiki, maka kedipan lampu MIL akan berhenti, pengapian juga akan kembali normal dan motor pun bisa dihidupkan.

Namun, jika kabel dalam keadaan normal tetapi kode 52 lampu MIL belum hilang, berarti sensor CKPnya yang bermasalah. Maka ganti sensor CKP dengan yang baru. Akan tetapi, sebaiknya cek kembali kabel-kabelnya untuk memastikan bahwa jalur kabel CKP dalam keadaan baik.

Demikian tutorial cara mengatasi CKP Honda Beat yang bermasalah yang mengakibatkan motor Beat Anda mogok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.