Cara Mengatasi Anak Terlepas dari Ketergantungan Gadget

Membiarkan anak menggunakan gadget, sebenarnya boleh saja. Namun jika sejak dini sudah terbiasa memegang gadget tanpa diberi batasan penggunaannya, maka sang anak pun terasa sulit terlepas dari gadget. Bukan hanya handphone saja, komputer, televisi ataupun game portable bisa membuat anak betah menggunakannya.

Cara Mengatasi Anak Terlepas dari Ketergantungan Gadget

Nah, bagaimana cara mengatasi anak terlepas dari ketergantungan gadget dan membuat anak mau beralih dari gadgetnya? Dikutip biangcara.com dari haibunda.com, menurut Psikolog anak dari Klinik Anakku di Kelapa Gading, Feka Angge Pramita mengatakan, cara beralih anak yang diyakini ampuh membuat anak-anak melepaskan gadgetnya adalah dengan mengajak bermain permainan lucu. “Cari permainan lucu seperti tepuk jempol dan tebak-tebakan,” ujar Feka seperti ditemui baru-baru ini.

Cara Mengatasi Anak Terlepas dari Ketergantungan Gadget
Bermain Permainan yang Kreatif

Menurut Feka, dalam permainan itu, anak-anak dan orang tua dapat tertawa bersama-sama. Anak-anak kan suka hal yang lucu-lucu tuh. Jika kegiatan yang ditawarkan pada anak menarik, tentu perhatian anak akan beralih dari gadget.

Untuk menyapih anak dari gadget, orang tua harus punya keyakinan dan niat kuat. Jadi saat berusaha mengalihkan anak dari gadget bukan persoalan anak semata, tapi juga menjadi masalah kita sebagai orang tuanya.

“Pertama orang tua harus yakin. Kedua, kalau kita mau ngurangin gadget, kurangi secara perlahan. Nggak tiba-tiba langsung diambil gitu gadget-nya. Karena anak akan merasa ada sesuatu yang hilang, dicabut dari hidupnnya,” ujar psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau akrab disapa Anas, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Mengatasi Mata Lelah Saat Melihat Handphone

Senada dengan Feka, Anas juga menyarankan untuk mencari kegiatan alternatif yang asyik untuk menggantikan aktivitas main gadget. Khusus untuk anak balita, mereka lagi suka-sukanya berhubungan sama orang lain. Jadi aktivitas kayak main ular tangga bareng orang tua, cuddling, atau dibacain cerita, bisa bikin dia senang, dan meninggalkan gadgetnya.

Nah, sebagai orang tua kita dapat memikirkan kegiatan-kegiatan apa yang akan membuat anak tertarik dan merekapun menyukainya. Selamat mencoba.