Cara Mengambil Uang di ATM

Salah satu manfaat kartu ATM adalah untuk mengambil uang di mesin ATM. Meski cukup banyak manfaat lainnya, namun sebagian pemilik ATM biasanya hanya digunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM. Dengan adanya kartu ATM ini, memberi kemudahan bagi nasabah untuk melakukan tarik tunai kapan saja dan dimana saja. Tinggal cari ATM terdekat dan uangpun langsung di dapat.

Menabung di bank, selain bisa diambil kapan saja dan memudahkan dalam bertransaksi, uang yang disimpan di bank, juga lebih terjaga keamanannya. Karena ada lembaga yang menjamin dana nasabah di bank. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan mengganti uang nasabah andai kata bank tersebut bangkrut.

Untuk menarik kembali uang yang tersimpan di bank bisa dilakukan lewat buku tabungan dengan cara datang langsung ke bank atau menggunakan kartu ATM lewat mesin ATM. Lalu, bagaimana cara mengambil uang di ATM?

Nah, bagi Anda yang kebetulan baru membuka rekening di bank dan belum pernah menarik uang melalui ATM, berikut langkah cara ambil uang di ATM selengkapnya.

Baca juga: Cara Transfer Uang Melalui ATM BRI ke BCA

Langkah Mengambil Uang di ATM

Sebelum mengambil uang di ATM, carilah ATM yang sesuai dengan bank tempat Anda menabung. Misalnya Anda menabung di bank BRI atau BNI, maka cari ATM yang berlogo bank BRI atau BNI. Atau Anda juga bisa menggunakan ATM bersama yang bisa dipakai lebih dari satu bank dalam satu jaringan.

Jika Anda memakai ATM bersama, perhatikan juga apakah bank tempat Anda menabung termasuk bagian dari ATM bersama tersebut atau tidak. Jika tidak, biasanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500 yang akan dipotong langsung dari saldo tabungan Anda.

Berikut daftar ATM bersama yang bisa disesuaikan dengan kartu ATM Anda.

1. ATM Link: BNI, BRI, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, dan Danamon
2. ATM Prima: BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan CIMB Niaga
3. ATM Alto: Danamon, Maybank, BTN, Permata Bank, dan Citibank

Baca juga: Cara Menabung Lewat ATM

Cara Mengambil Uang di ATM

Setelah menemukan ATM yang sesuai, langkah selanjutnya adalah menarik uang dari mesin ATM, berikut caranya.

Cara Mengambil Uang di ATM

1. Masukan kartu ATM ke mesin ATM
2. Pastikan kartu tidak terbalik. Caranya, awalan nomor pada kartu ATM menghadap atas karena itu adalah bagian yang dimasukan terlebih dulu
3. Pilih bahasa Indonesia
4. Masukan PIN ATM Anda
5. Pilih jumlah uang yang akan diambil
6. Jika nominal yang ditampilkan layar tidak ada yang sesuai, pilih Transaksi Lain >> Penarikan >> Jumlah Lain
7. Masukan jumlah uang yang ingin Anda ambil
8. Pilih cetak receipt jika Anda ingin mendapatkan struk transaksi
9. Tunggu beberapa saat uang akan keluar dari mesin ATM
10. Ambil uang Anda, kemudian tekan “Cancel”
11. Kartu ATM akan keluar dari mesin ATM, silahkan ambil kembali kartu ATM dan simpan dengan baik.

Baca juga: Cara Mengetahui Transaksi Terakhir Lewat ATM

Pecahan nominal uang yang tersedia di ATM biasanya pecahan RP 50.000 dan Rp 100.000. Jadi Anda hanya bisa mengambil uang dengan pecahan nominal yang tersedia di ATM. Demikian, semoga bermanfaat.