Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher AdSense

Ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers atau Penjual Digital Resmi. Ads.txt merupakan inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB), yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam program periklanan dan sebagai upaya melindungi pengiklan dan penayang iklan.

Dengan memasang atau mengaktifkan ads.txt, maka Anda telah memastikan bahwa situs web atau blog Anda merupakan mitra resmi dari penjual iklan resmi, misalnya Google AdSense. Sehingga pengiklan yang menjadi mitra Google AdSense tidak ragu untuk memasang iklan di website Anda.

Dan Anda sebagai penayang iklan (publisher), juga akan terhindar dari penyalahgunaan akun atau ID penayang yang dilakukan orang lain. Walaupun ID Anda dipasang di sembarang website oleh orang lain, namun iklan hanya akan tampil pada situs atau blog yang telah Anda daftarkan dan diverifikasi.

Nah, jika Anda sebagai publisher AdSense dan mendapat pemberitahuan untuk memasang ads.txt pada situs Anda, maka segera lakukan. Jika tidak, maka Google AdSense tidak akan menampilkan iklan di website Anda. Dan ini sudah pasti, akan berdampak buruk pada pendapatan Anda. Untuk itu segera lakukan jika mendapat peringatan tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan ads.txt untuk publisher AdSense di situs web atau blog?

Untuk cara mengaktifkan ads.txt di website, tergantung dari platfrom yang Anda gunakan. Misalnya Blogger dan WordPress caranya berbeda. Untuk pengguna Blogger sedikit lebih beruntung, karena caranya lebih mudah ketimbang WordPress.

Sebelum memasang ads.txt, hal pertama yang mesti dilakukan adalah membuat file ads.txt terlebih dahulu. Silahkan buat dengan format sebagai berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jangan lupa, ganti pub-0000000000000000 dengan ID Adsense Anda. Namun, bagi yang mendapat pesan peringatan dari AdSense untuk memperbaiki masalah file ads.txt, Anda tidak perlu repot membuatnya, karena bisa langsung mendownload file tersebut, dengan cara:

1. Masuk beranda Adsense
2. Pada pesan peringatan, klik ‘Perbaiki Sekarang’
3. Kemudian akan ditampilkan situs yang bermasalah, kemudian geser ke bawah sampai terlihat tombol ‘Download’ dan klik tombol tersebut. Maka file ads.txt sesuai ID Adsense Anda akan tersimpan diperangkat Anda.

Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher AdSense

Simpan file tersebut dan langkah selanjutnya Anda tinggal menerapkannya ke situs.

Baca juga: Cara Membuat Saluran Khusus AdSense Untuk Meningkatkan Penghasilan

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Setelah kode tersebut Anda buat atau download, sekarang tinggal memasangnya pada situs. Untuk pengguna blogspot caranya sebagai berikut:

1. Masuk Blogger
2. Pilih menu ‘Setelan’ kemudian tap pada ‘Preferensi penelusuran’
3. Kemudian geser halaman ke bawah dan lihat pada ‘Monetisasi’ Jika belum aktif, maka tulisannya ‘[Dinonaktifkan]’. Lalu klik ‘Edit’ kemudian pilih ‘Ya’ untuk mengaktifkan
4. Kemudian salin dan tempelkan file ads.txt pada kolom yang disediakan, lalu klik ‘Simpan perubahan’ dan selesai.

Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher AdSense

Cara Mengaktifkan Ads.txt di cPanel

Untuk pengguna WordPress atau platform lain seperti Drupal atau Jombla, bisa mengaktifkan melalui cPanel, dengan cara:

1. Masuk cPanel
2. Pilih ‘File Manager’ atau ‘Pengelola File’
3. Kemudian klik pada ‘public_html’
4. Klik ‘Upload’ atau ‘Unggah’ di menu bagian atas.
5. Kemudian pilih ‘Select File’ lalu cari dan pilih file ads.txt yang telah dibuat atau didownload sebelumnya.
6. Tunggu sampai proses upload selesai
7. Setelah itu kembali ke ‘public_html’ dan refresh halaman tersebut. Maka file ads.txt sudah ada dalam folder ‘public_html’.

Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher AdSense
Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher AdSense

Silahkan tunggu 24 jam atau bisa lebih agar ads.txt tersebut aktif. Untuk mengetahui apakah pengaktifan ads.txt sudah berhasil, Anda bisa mengakses melalui browser dengan mengetikkan’ namadomain.com/ads.txt’. Maka akan muncul kode yang sama dengan file ads.txt yang telah Anda unggah.

Baca juga: Cara Memasang Iklan AdSense Di Blog WordPress

Ingat, aktifkan ads.txt ini pada domain utama, apabila domain utama memliki sub domain. Dan untuk situs sub domain tidak perlu diaktifkan.

Untuk pengguna jaringan iklan selain Google AdSense caranya sama saja, yang berbeda hanyalah baris kode ads.txt. Misalnya jaringan iklan MGID, maka Anda perlu memiliki baris kode MGID untuk dipasang di situs Anda.

Demikian cara mengaktifkan ads.txt untuk publisher AdSense, baik diaktifkan di Blogger maupun di WordPress, atau CMS lain melalui cPanel. Semoga bermanfaat.