Cara Menentukan Posisi Top Noken As Satria FU

Cara menentukan posisi top noken as satria fu sebenarnya cukup mudah, namun caranya berbeda dengan motor yang menggunakan satu noken as (SOHC). Suzuki satria fu menggunakan 2 buah noken as (DOHC), yaitu noken as IN yang bekerja membuka dan menutup klep IN dan noken as EX yang bertugas membuka dan menutup klep EX.

Ketika menentukan posisi top kedua noken as tersebut jangan sampai salah, karena bisa berakibat fatal pada mesin. Nah, seperti pada motor lain, cara memasang noken as satria fu, mesti memperhatikan tanda yang ada, jika tidak motor akan sulit hidup.

Lalu, bagaimana cara mengetopkan noken as satria fu dan apa saja tanda yang perlu diperhatikan? Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

Cara Menentukan Posisi Top Noken As Satria FU

Untuk menyetel top noken as satria fu cukup mudah, perhatikan tanda berikut ini.

1. Posisikan magnet pada tanda “T”, lihat gambar di bawah.

Cara Menentukan Posisi Top Noken As Satria FU

2. Posisikan garis pada noken as IN dan noken as EX lurus horizontal dengan blok kop silinder (cylinder head). Lihat gambar di bawah.

Cara Menyetel Posisi Top Noken As Satria FU

3. Jarak antara penunjuk angka 3 pada gigi timing IN dan penunjuk angka 2 pada gigi timing EX adalah 16 mata rantai kamprat.

Cara Mengatur Posisi Top Noken As Satria FU

Mudah bukan? Jika masih belum jelas, silahkan lihat video tutorial cara pasang top noken as satria fu di bawah ini.

Baca juga:
Cara Mengatasi Suara Mesin Satria FU Kasar
Cara Memilih Oli Mesin Berkualitas

Selain cara di atas bisa juga dengan metode lain yaitu posisikan magnet pada tanda “T” kemudian posisikan garis pada noken as IN dan noken as EX lurus horizontal dengan blok kop silinder, namun saling berhadapan (kebalikan dari cara pertama). Untuk lebih jelasnya tonton video di bawah ini.

Demikian, semoga bermanfaat.