Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Terbaru

Bagi kamu yang baru mengenal YouTube dan ingin menjadi YouTuber, ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa kamu coba lakukan agar bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube dengan mudah.

YouTube menjadi salah satu primadona bagi generasi muda untuk menghasilkan uang. Dengan menjadi YouTuber kamu bisa menjadi kaya hanya dengan upload video melalui situs streaming video paling populer yang satu ini.

Kamu bisa mendapatkan uang melalui Google AdSense dengan menayangkan iklan di video kamu. Selain dengan Google AdSense, ada beberapa alternatif lain cara mendapatkan uang dari YouTube. Apa saja cara mendapatkan penghasilan dari YouTube selain Google AdSense?

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Google AdSense

Sebelum melakukan pembahasan cara lain menghasilkan uang dari YouTube selain Google AdSense, Biangcara akan membagikan tips bagaimana cara monetisasi video dengan Google AdSense.

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah membuat channel YouTube. Jika belum tahu caranya, silahkan simak ulasan Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula.

Untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube, kamu harus mengajukan diri menjadi partner YouTube, dan kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan kebijakan dari YouTube jika ingin diterima. Berikut ini ketentuan beserta syarat mendapatkan YouTube AdSense yang harus kamu penuhi.

Syarat Mendapatkan Google AdSense di YouTube 2019

Untuk mendapatkan uang melalui AdSense, kamu harus menjadi bagian dari YouTube Partner Program (YPP). Yaitu layanan yang memungkinkan para content creator memonetisasi konten video yang mereka buat dan tayangkan.

Mulai tanggal 16 Januari 2018 lalu, YouTube membuat syarat baru dan mengharuskan sebuah channel minimal memiliki 4.000 jam waktu nonton dengan 1.000 subscriber selama 12 bulan terakhir.

Setelah sukses mendaftar, maka YouTube akan melakukan peninjauan secara manual untuk menguji kelayakan dan segera menayangkan iklan pada video apabila pendaftaran kamu sudah disetujui. Dari itu, sebaiknya kamu pelajari persyaratan dan kebijakan dari Google dengan seksama jika ingin diterima.

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari YouTube Selain AdSense

Selain AdSense masih ada beberapa alternatif cara menghasilkan uang dari YouTube yang bikin kamu kaya. Berikut caranya.

1. Buat Video yang Bagus dan Banyak Disukai

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah, berusaha untuk mendapatkan banyak subscriber dan viewer. Maka dari itu buatlah video yang banyak disukai para penonton. Kamu bisa membuat video mengenai hal-hal trending yang sedang marak dibicarakan atau membuat tipe video paling menghasilkan uang di YouTube.

Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat pada ulasan Jenis Video yang Banyak Menghasilkan Uang di YouTube.

2. Lakukan Optimasi pada Video YouTube

Lakukan beberapa optimasi video YouTube agar kamu bisa lebih banyak mendapatkan penonton. Langkah-langkah optimasi paling mudah yang bisa dilakukan,

•Membuat dan menayangkan video yang merupakan karya orisinal.
•Membuat judul dan thumbnail yang menarik perhatian penonton, baik pada timeline YouTube maupun video yang direkomendasikan.
•Optimasi video dengan menggunakan teknik SEO, misalnya pada judul, deskripsi, meta tag dan sebagainya.
•Jangan menggunakan konten yang memiliki hak cipta (copyright), kamu bisa menggunakan berbagai stock video gratis atau lagu latar dengan label no copyright music.
•Pahami terlebih dahulu Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.

3. Affiliate Marketing

Setelah channel kamu cukup terkenal dan mempunyai subscriber dan penonton yang banyak, kamu bisa bekerja sama dengan sejumlah e-commerce yang membuka layanan afiliasi. Misalnya saja Banggood atau Gearbest, dan untuk e-commerce tanah air seperti Lazada, Blibli, dan Shopee.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Terbaru

4. Menjalin Kerja Sama Sponsorship

Jalin kerja sama sponsorship dengan para brand yang berhubungan dengan channel kamu. Langkah ini dianggap sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube paling efektif. Kamu bisa mendapatkan barang yang bisa dijadikan konten video dan pemberi sponsor bisa mempromosikan barang yang mereka jual di channel kamu.

5. Berjualan Merchandise

Kamu bisa saja berjualan merchandise seperti kaos, hoodie, dan barang koleksi lainnya. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang dengan mudah dan mendapatkan penghasilan dengan cepat.

6. Selalu Berpikir Kreatif

Sebagai seorang YouTuber, kamu juga harus memiliki pemikiran yang kreatif dalam merencanakan konten video apa yang hendak kamu tayangkan selanjutnya. Karena bukan tidak mungkin penonton channel YouTube kamu lama-kelamaan bosan dengan gaya pembawaan atau konten yang rutin ditayangkan.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube, baik dari AdSense maupun cara alternatif lainnya. Bagi kamu yang masih ingin mendapat penghasilan dari YouTube? Beberapa cara diatas bisa kamu coba.