Cara Mendapatkan Uang dari Fans Page Facebook

Selain berjualan, salah satu cara lain mendapatkan uang dari Facebook adalah menggunakan Fans Page atau Facebook Page. Caranya cukup mudah, Anda tinggal upload video ke Fans Page dan Anda bisa menghasilkan uang dari video tersebut.

Memangnya segampang itu?

Benar, caranya memang gampang, nantinya Anda akan mendapat bayaran dari iklan yang tampil di video Anda. Iklan ini berasal dari Facebook Ad Breaks yang merupakan jaringan periklanan milik Facebook. Jadi cara kerjanya hampir mirip dengan YouTube.

Namun perlu diketahui juga bahwa, Fanspage yang Anda miliki harus memenuhi syarat dan kebijakan dari Facebook. Jika belum, maka video Anda belum bisa menayangkan iklan Ad Breaks. Lalu, apa saja standar kelayakan untuk bisa menampilkan iklan Facebook Ad Breaks?

Syarat dan Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Untuk bisa menghasilkan uang dari Facebook, Fans Page Anda harus lolos dari beberapa kriteria yang telah ditentukan Facebook.

Syarat Mendapatkan Uang dari Facebook

1. Memiliki Fans Page dengan jumlah pengikut paling sedikit 10.000 orang. Jika Anda belum punya Fanspage dan belum tahu cara membuatnya, silahkan baca ulasan: Cara membuat Fans Page Facebook.

2. Dalam waktu 60 hari terakhir, memiliki video dengan durasi minimal 3 menit yang tayang 30..000 kali, dengan waktu tonton selama 1 menit.

3. Memenuhi standar kelayakan monetisasi dan berada dalam negara yang tersedia layanan Facebook Ad Breaks.

Kabar baiknya Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukung layanan Facebook Ad Breaks. Nah, itulah persyaratan untuk menghasilkan uang dari Fanspage yang harus Anda penuhi.

Jika ingin memperoleh uang dari Facebook Ad Breaks, mulai sekarang Anda harus memiliki Fans Page dan Anda kelola dengan benar agar bisa memperoleh pengikut minimal 10 ribu orang.

Inilah yang membutuhkan perjuangan cukup keras. 10 ribu orang pengikut bukan jumlah yang sedikit dan dapat dengan mudah diraih. Namun semuanya bukan tidak mungkin, dengan membagikan konten-konten yang bermanfaat dan rajin mengupload video, tentu hasilnya akan memuaskan.

Namun ingat, video yang Anda upload minimal harus berdurasi 3 menit agar nantinya bisa menayangkan iklan. Sebab video kurang dari 3 menit tidak memenuhi kriteria dari Facebook Ad Breaks.

Cara Mendapatkan Uang dari Fans Page Facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Fans Page Facebook
Source: pixabay.com

Setelah memiliki Fans Page Facebook atau halaman Facebook dan Anda rajin membuat postingan yang menarik dan bermanfaat serta mengupload video dengan durasi minimal 3 menit. Kini saatnya Anda melakukan beberapa langkah di bawah ini agar bisa mendapatkan uang dari Facebook Page.

1. Melihat Status Kelayakan

Langkah cara mendapatkan uang dari Facebook selanjutnya adalah melihat status kelayakan Fanspage yang Anda miliki melalui halaman Creator Studio. Caranya, masuk ke menu “Alat Penerbitan” kemudian klik pada pilihan “Creator Studio”.

Selanjutnya pilih “Monetisasi”, di sini terdapat tiga pilihan yaitu, Jeda Iklan, Pengaturan Pembayaran dan Kelayakan. Silahkan pilih pada “Kelayakan”. Apabila sudah memenuhi persyaratan maka akan muncul tulisan “Telah Terdaftar Jeda Iklan”.

2. Melihat Status Video

Untuk mengecek video yang dimonetisasi, lakukan langkah seperti di atas. Setelah sampai pada menu “Monetisasi” klik pilihan “Jeda Iklan”. Jika video telah disetujui dan berhasil dimonetisasi, akan muncul tanda dollar berwarna hijau serta estimasi pendapatan dari video tersebut.

Biasanya proses peninjauan video cukup lama, jadi Anda harus bersabar sambil tetap posting dan upload video yang bermanfaat agar menarik banyak orang. Jangan lupa video yang Anda upload hasil karya sendiri bukan video yang diupload ulang.

3. Cara Upload Video untuk Dimonetisasi

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk upload video, yaitu melalui halaman utama Fans Page atau lewat menu “Content Creator”. Agar video dapat dimonetisasi aktifkan dulu Ad Breaks pada video yang telah diunggah. Caranya, klik menu “Ad Breaks” kemudian klik “ON”.

Ingat, tidak semua video bisa menayangkan iklan dan menghasilkan uang untuk Anda. Hanya video yang sudah ditinjau dan disetujui saja yang bisa memperoleh penghasilan dari Facebook.

4. Atur Cara Pembayaran

Agar nantinya Anda dapat menerima pembayaran dari Facebook, Anda harus menentukan metode pembayaran terlebih dahulu, yaitu melalui Bank Transfer (transfer bank) atau Paypal.

Caranya, masuk ke Creator Studio kemudian pilih “Monetisasi” lalu “Pengaturan Pembayaran”. Selanjutnya, silahkan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan kemudian ikuti semua langkah yang diperlukan sampai selesai. Bagi Anda yang belum mempunyai nomor NPWP, Anda bisa menggantinya dengan nomor KTP.

Pembayaran akan dilakukan setiap bulan jika sudah mencapai ambang batas yang ditentukan, yaitu sebesar $100 atau Rp 1,3 juta. Jika dalam bulan tersebut ambang batas belum tercapai, akan dibayarkan pada bulan berikutnya ketika sudah mencapai ambang batas.

Jadi, penghasilan Anda akan selalu ditambahkan setiap bulannya sampai mencapai ambang batas, baru setelahnya Anda akan menerima bayaran. Tidak ada tanggal pasti kapan pembayaran dilakukan, namun biasanya berkisar antara tanggal 20 sampai 25 setiap bulannya.

Selain dari Fans Page Facebook, masih banyak cara lain untuk memperoleh uang dari Facebook, misalnya jualan online atau lainnya. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda baca pada: Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Paling Efektif.

Selain cari duit lewat Facebook, masih banyak cara lain untuk menghasilkan uang lewat internet, silahkan baca pada ulasan: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Terbaru

Agar bisa mendapat penghasilan yang memuaskan dari Facebook, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan.

Cara Mendapatkan Uang dari Fans Page Facebook
Source: pixabay.com

Tips Mendapatkan Uang dari Facebook Page

1. Upload konten buatan sendiri dan hindari konten bernuansa negatif.
2. Buat konten yang lagi trending, karena biasanya orang akan lebih tertarik untuk melihatnya.
3. Bagikan video yang telah Anda upload ke berbagai group Facebook yang memiliki anggota ratusan ribu. Ini akan berpeluang membuat video Anda jadi viral dan ditonton banyak orang.
4. Hindari konten berhak cipta, seperti musik ataupun film. Jika Anda melanggar hak cipta video Anda tidak dapat dimonetisasi.
5. Selalu patuhi aturan main dari Facebook Ad Breaks jika tidak ingin kena banned.

Demikian ulasan cara mendapatkan uang dari Fanspage Facebook. Mulai dari membuat Fanspage, syarat memperoleh penghasilan dari Facebok Ad Breaks, cara mengelola Fanspage dan tips-tips untuk meningkatkan penghasilan dari Facebook. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.