Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula

Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Jika memang mempunyai hobi menulis, tak ada salahnya kamu mencoba untuk membuat sebuah blog. Dengan bermodalkan laptop atau smartphone kamu sudah bisa membuat blog. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik, enak dibaca dan mudah dimengerti.

Sebelum kamu membuat blog dan mencari uang lewat blog, ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan, agar mendapatkan penghasilan yang lebih efektif. Simak saja tips berikut ini.

1. Buatlah blog yang memiliki nama domain yang bagus, tidak ribet, dan mudah diingat oleh orang lain.

2. Cari media yang tepat untuk menulis blog. Kalau mau yang gratisan, kamu bisa gunakan WordPress, Blogspot atau sejenisnya.

3. Tentukan niche atau topik apa yang akan kamu tulis di dalam blogmu. Semakin fokus blogmu terhadap satu niche, misalnya film, musik, game, atau niche lain, maka akan semakin bagus.

4. Tambahkan juga teknik-teknik SEO untuk mengundang orang masuk ke dalam blog kamu.

Baca juga:
Cara Membuat Blog Gratis
Cara Mengetahui Blog Sudah SEO atau Belum

Setelah blog sudah jadi dan siap, langkah selanjutaya adalah, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog agar lebih maksimal.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Memang, blog baru masih belum banyak dikenal dan cukup sulit untuk bersaing dengan blog-blog lama. Apalagi blog yang sudah lama cenderung dianggap sebagai salah satu media untuk menghasilkan uang secara mudah dan cepat. Tapi pada kenyataannya, tak semudah itu.

Untuk meraihnya, kamu butuh kerja keras agar bisa meraup pundi-pundi uang dari blog. Tidak hanya itu, kamu juga harus tahu cara apa saja yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari blog. Nah, apa saja cara mendapatkan uang dari blog? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara-caranya.

1. Menggunakan Iklan CPC atau CPM

Cari paling umum untuk mendapatkan uang dari blog adalah melalui iklan. Ada dua tipe iklan yang populer di internet, yakni CPC dan CPM. Apa itu?

CPC merupakan kepanjangan dari Cost per click di mana kamu akan mendapatkan uang berdasarkan klik iklan yang terpasang di blogmu.

CPM merupakan kepanjangan dari Cost per mille atau per 1.000 impresi. Impresi sendiri adalah banyaknya orang yang melihat iklan di blogmu.

Jadi, pengunjung blogmu tidak perlu mengeklik iklan agar kamu bisa mendapatkan uang, berbeda dengan CPC yang mewajibkannya. Salah satu layanan iklan yang paling populer untuk blog adalah dengan menggunakan Google AdSense.

Cara Mendaftar Google AdSense

Silahkan daftarkan blog kamu di situs www.google.com/adsense/start dan melakukan proses registrasi sesuai petunjuk yang diberikan. Setelah itu, Google akan memeriksa blog yang kamu daftarkan untuk mengetahui apakah layak atau tidak dipasangi iklan. Jika dianggap kurang layak, maka blog tidak akan bisa memasang iklan dari AdSense.

Jika blog dianggap memenuhi persyaratan, maka Google akan memberimu semacam coding untuk dipasang di blogmu. Selain Google Adsense ada situs lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang melalui iklan CPC atau CPM antara lain Infolinks dan Media.net.

2. Menggunakan Iklan Manual

Jika traffic dari website cukup tinggi, mungkin kamu bisa mencari calon pengiklan sendiri. Bahkan jika blog kamu sudah cukup terkenal, bisa jadi justru pengiklan yang akan menghubungimu. Keuntungan dari metode iklan manual ini adalah tidak ada pihak perantara seperti di Google AdSense. Kamu bisa menentukan sendiri berapa biaya iklan dan lama durasi tayangnya.

Bentuk iklan manual ini bisa beraneka ragam. Bisa dalam berupa banner yang terpampang di halaman utama, bisa berupa artikel, hingga berupa link. Syarat terpenting dari cara mendapatkan uang yang satu ini adalah kamu memiliki blog dengan traffic tinggi dan kamu mampu meyakinkan calon klien agar mau memasang iklan di blog kamu.

3. Menjual Produk Digital

Kamu juga bisa mendapatkan uang dengan berjualan produk tertentu di blog. Apalagi, banyak barang-barang digital yang sering dibutuhkan oleh orang lain. Contohnya adalah eBooks, online courses, gambar atau video, hingga aplikasi. Tentu saja barang-barang yang dijual harus yang sekiranya relevan dengan pembaca blog.

4. Berafiliasi dengan Orang Lain

Kalau kamu tidak punya produk untuk dijual, mungkin kamu bisa membantu orang lain berjualan. Gimana caranya? Dengan meletakkan link-nya di situsmu.

Misal ada temanmu yang punya lapak di toko online, kamu bisa memasang link-nya di blogmu dan meminta kompensasi untuk setiap produk yang berhasil dijual melalui link tersebut. Akan tetapi, cara yang satu ini memang agak ribet dan berpotensi untuk menimbulkan kesalahpahaman.

Nah, iItulah cara mendapatkan uang dari blog yang bisa kamu coba. Mungkin pada awalnya uang yang dihasilkan tidak seberapa. Akan tetapi, jika kamu konsisten dan sabar, lama kelamaan uang yang didapatkan pun akan semakin besar.