Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Secara Gratis

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Itulah pertanyaan yang akan kita bahas pada ulasan kali ini. Memang kita bisa saja mendapatkan backlink dengan mudah menggunakan layanan jasa penyedia backlink. Namun Anda harus membayar untuk mendapatkannya. Bagaimana dengan yang gratis? Apakah ada cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis? Dan bagaimana cara menerapkannya ke dalam blog atau website? Berikut ulasan tentang masalah tersebut selengkapnya.

Sebelum mempelajari bagaimana cara mencari backlink berkualitas, perlu diketahui dulu apa yang dimaksud backlink? Dan apa manfaat backlink bagi website atau blog dan apakah perlu mencari backlink berkualitas?

Pengertian Backlink

Backlink adalah tautan atau link yang ada di situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Istilah backlink juga bisa disebut dengan income link atau inbound link. Tautan ini akan memberi tahu Google dan mesin telusur lain bahwa situs Anda mendapat rujukan atau rekomendasi dari situs lain.

Seberapa Penting Backlink Bagi Website atau Blog?

Walaupun hanya sekedar tautan yang mengarah ke sebuah situs web, backlink memiliki peranan yang sangat penting. Banyak ahli SEO yang menyebutkan bahwa, backlink sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas SEO website atau blog secara keseluruhan. Semakin banyak memiliki backlink berkualitas tinggi, semakin tinggi pula kredibilitasnya di mata search engine dan otomatis, semakin baik pula peringkatnya di hasil pencarian.

Oleh karena itu jangan sembarang dalam mencari backlink. Backlink dengan kualitas rendah justru akan berakibat buruk pada situs Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari backlink berkualitas, yang membuatnya begitu penting bagi website.

Manfaat Backlink Bagi Website

1. Meningkatkan peringkat di mesin pencari.
2. Meningkatkan kredibilitas website.
3. Membantu pengindeksan lebih cepat.
4. Membangun reputasi di mesin pencari.
5. Mendatangkan trafik ke websiite.

Setelah memahami mengapa backlink berkualitas penting bagi website atau blog Anda, maka dari itu hindari membangun link yang buruk. Sebab Google menilai backlink bukan hanya dari segi kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas. Ingat, backlink yang tidak berkualitas hanya akan merugikan website Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus mendapatkan backlink yang berkualitas agar bisa memperoleh efek positif dari backlink. Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas untuk website atau blog? Dilansir dari epife.com berikut langkah cara mendapatkannya.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Melakukan Guest Posting

Ketika kamu melakukan Guest Posting dengan blogger lain. Kamu mendapat kesempatan untuk berbicara dengan audiens yang lebih baru. Guest Posting dapat memberi kamu eksposur dan membangun reputasi online. Ini juga membantu kamu dalam meningkatkan pelanggan dan pembaca baru ke blog kamu.

2. Menerbitkan Konten yang Menarik

Bukan rahasia lagi bahwa menulis konten yang menarik akan mendapatkan backlink secara gratis. Sebagai seorang blogger, kamu harus selalu bertujuan untuk menghasilkan artikel yang menarik dan berkualitas bagi orang-orang yang ingin membaca.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Secara Gratis

Intinya adalah, konten kamu akan membantu dan berarti bagi pembaca. Jangan takut menambahkan link ke sumber lain. jika seseorang memberikan backlink ke blog kamu, hargai mereka. Tuliskan mereka email balasan, atau berikan komentar. Bagikan postingan mereka di media sosial dll.

3. Melakukan Pertemuan dengan Para Ahli/Wawancara

Dalam beberapa kasus, pertemuan bisa menjadi cara terbaik untuk menghasilkan backlink ke situs. Pada dasarnya, kamu mengundang sejumlah blogger, atau influencer untuk berpartisipasi dalam satu pertemuan. Setiap orang mengirimkan jawaban mereka, kamu dapat mengeditnya dengan baik dan menggabungkannya ke dalam satu posting tunggal.

Tentu saja, pertemuan ini memberikan konten yang berwawasan luas. Orang-orang membagikan pengalaman dan kiat mereka. Beberapa pertemuan didasarkan pada produk favorit, kiat ahli, contoh atau merek teratas untuk digunakan. Orang-orang ingin tahu apa yang direkomendasikan blogger lain, atau bagikan.

4. Mendapatkan Keuntungan dari Link Rusak

Jika kamu sudah ngeblog untuk sementara waktu dan menemukan link rusak atau halaman 404. Sudah diketahui secara umum bahwa beberapa link menjadi kadaluwarsa atau tidak berfungsi dengan baik. Namun mengapa tidak memanfaatkan link yang rusak itu?

Itu berarti kamu harus melakukan penelitian dan menemukan link yang rusak dari situs web yang berkaitan dengan web kamu. Cukup gunakan ekstensi chrome gratis seperti Check my links untuk menemukan link yang rusak di halaman web.

Setelah menemukan link yang rusak, kamu dapat menghubungi pemilik blog dan memberi tahu mereka tentang link yang rusak. Ketika mereka tahu, mereka mungkin akan menghargai kamu karena telah memberi tahu mereka. Setelah mendapat tanggapan dari mereka, kamu bisa mengirim entri blog yang relevan kepada mereka dan menyarankan agar konten kamu bisa menjadi pengganti untuk halaman yang rusak tersebut.

5. Menulis Testimoni dan Ulasan

Testimoni dan ulasan dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun backlink gratis. Mulailah dengan membuat daftar produk dan layanan yang telah kamu gunakan. Sekarang, kamu dapat meluangkan waktu dan mencari tahu apakah mereka memiliki halaman testimonial di situs web mereka. Jika mereka memiliki halaman ulasan atau testimoni pelanggan, luangkan waktu untuk menulis testimonial singkat.

6. Mendesain Infografis yang Menarik

Infografis yang menarik sebenarnya bisa mendapatkan backlink berkualitas ke blog kamu secara gratis. Banyak perusahaan menyewa desainer untuk membuat infografis untuk situs web mereka. Kita semua tahu bahwa infografis adalah gambar vertikal panjang yang mewakili keseluruhan ide dari posting blog, studi kasus, tinjauan produk, bagaimana melakukan sesuatu, dll. Infografis semacam ini selalu menarik dan biasanya sering dibagikan.

Tapi, bagaimana cara membangun backlink gratis ke situs kamu dengan infografis? Banyak bisnis outsourcing bekerja untuk freelancer di situs web seperti Fiverr. Dengan anggaran sedikit, mereka mendapatkan infografis yang cukup. Kadang-kadang, mereka menawarkan data dan penelitian mereka sendiri untuk membuat infografis berbasis penelitian.

7. Email Outreach

Ketika kamu menjadi seorang blogger, bersiaplah untuk mendapatkan banyak email setiap hari. Sejujurnya, kadang-kadang bisa membuat frustasi untuk membuka email semacam itu. Email otomatis tentang harga lotere, dana amal, layanan pemasaran, dll.

Faktanya adalah bahwa email outreach masih efektif. Namun, hindari penggunaan robot sepenuhnya. Jika kamu blogging, kamu mungkin tahu beberapa blogger menulis hal yang sama. Terhubung di blog mereka. Baca apa yang mereka tulis, dan konten apa yang mungkin menarik bagi pembaca mereka. Setelah itu, kirim mereka email dan tanyakan apakah mereka tertarik untuk membaca konten di blog kamu.

8. Membuat Komentar yang Berwawasan

Komentar di blog adalah strategi lain untuk terhubung dengan blogger. Ini adalah cara lain yang sangat baik untuk membawa diri mu ke audient yang ditargetkan. Ada suatu masa ketika komentar digunakan untuk mendapatkan backlink ke situs web. Sekarang, mereka tidak dapat menghasilkan backlink secara langsung ke situs web tetapi mereka masih efektif dalam membangun link secara keseluruhan dan pastikan komentarnya bijaksana dan berwawasan luas.

9. Aktif Berpartisipasi Dalam Komunitas

Ada banyak komunitas sosial di mana kamu dapat berdiskusi dan berpartisipasi. Platform seperti Quora, Yahoo Answers, LinkedIn adalah tempat autentik untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Bersedia membantu dan berbagi saran di komunitas. Ajukan pertanyaan, dan berikan balasan. Cobalah untuk menuliskan jawaban yang berarti bagi pembaca komunitas. Bila perlu, kamu juga dapat menautkan pos blog kamu sendiri untuk dibaca lebih lanjut.

10. Resource Gratis

Seiring dengan posting blog yang berharga, produk yang gartis dan luar biasa juga dapat menghasilkan backlink ke situs web kamu. Jika kamu membuat freebies yang mengagumkan seperti Ebook, Ecourse, printables, perencana, video, maka ini mungkin akan mendapatkan lebih banyak pembaca.

Itulah 10 cara mendapatkan backlink berkualitas. Memang, membangun website dengan backlink berkualitas diperlukan banyak usaha. Selain mulai membangun backlink dengan òenar, Anda juga harus memperhatikan konten yang ada dalam websute Anda. Buatlah konten informatif, lengkap dan dapat menjawab apa yang dicari pembaca.