Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian sendi secara tiba-tiba. Nah, bagaimana sebenarnya cara mencegah penyakit asam urat yang kapan saja bisa dialami setiap orang?

Penyakit asam urat dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Penyakit asam urat berbeda dengan rematik, walaupun rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan hampir sama. Asam urat terjadi akibat kadar asam urat di dalam tubuh yang berlebih, sedangkan rematik terjadi karena adanya peradangan pada sendi.

Jika kamu ingin terhindar dari penyakit asam urat, mulai sekarang biasakan pola hidup yang sehat. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah penyakit asam urat yang bisa kamu lakukan. Lalu, apa saja cara mencegah penyakit asam urat tersebut?

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

1 Kurangi makanan yang mengandung purin tinggi

Makanan yang mengandung purin tinggi dapat menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Karena itu kurangi konsumsi makanan tersebut, misalnya unggas, jeroan dan ikan. Beberapa sayuran juga memiliki kadar purin yang tinggi, seperti bayam, kacang-kacangan, kembang kol, dan jamur. Mengurangi makanan yang mempunyai kadar purin tinggi dapat mencegah terjadinya penyakit asam urat.

2 Konsumsi air putih

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan minum air putih. Diantaranya adalah dapat mencegah penyakit asam urat. Karena itu, konsumsi rata-rata delapan gelas air putih setiap hari. Selain untuk mencukupi kebutuhan cairan harian kamu, minum air putih juga bisa mencegah penyakit asam urat.

Baca juga:
Cara Agar Kebutuhan Cairan Harian Tercukupi

3 Mengatur pola makan

Pola makan yang kurang tepat bisa berakibat timbul berbagai permasalahan pada tubuh. Termasuk dapat menyebabkan penyakit asam urat. Oleh karena itu, memperhatikan pola makan yang benar dapat mencegah terjadinya penyakit asam urat. Makanlah secara teratur dengan porsi yang cukup. Jangan berlebihan atau terlalu sedikit.

4 Hindari minuman beralkohol

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Minuman beralkohol memiliki kandungan purin yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat membuat kadar asam urat meningkat. Untuk itu, lebih baik hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol. Karena, selain dapat menyebabkan penyakit asam urat, minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5 Rutin olahraga

Olahraga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu dengan olahraga secara rutin dapat terhindar dari penyakit asam urat.

Baca juga:
Cara Membuat Badan Berotot dan Berisi

Itulah tips mudah untuk mencegah penyakit asam urat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.