Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Apabila bayi anda mengalami biang keringat di leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, punggung, perut, atau lipatan kulit bayi lainnya, silahkan lakukan tips cara mencegah dan mengatasi biang keringat pada bayi dibawah ini.

Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat bisa muncul akibat cuaca yang lembap dan panas atau jika bayi mengalami demam. Selain itu, bisa juga karena pori-pori kulit tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi dan anak-anak sangat rentan terkena biang keringat karena pori-pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa dan kelenjar dan saluran keluar keringat belum sepenuhnya berkembang.

Biang keringat kebanyakan bisa sembuh dan hilang sendiri dalam beberapa hari (kecuali jika biang keringat terjangkit infeksi). Namun, Bunda juga bisa mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman yang dialami bayi akibat biang keringat.

Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat

  1. Hindari udara panas dan lembap
    Cara mengatasi biang keringat pada bayi bisa dimulai dengan menempatkan bayi di ruangan yang sejuk dan teduh. Jika menggunakan AC atau kipas angin, disarankan jangan langsung mengarahkan angin ke tubuh bayi. Selain itu, apabila hendak keluar rumah, jangan lupa untuk membawa kipas dan topi bagi bayi anda. Pastikan juga memberi minum air cukup banyak, agar bayi tidak mengalami dehidrasi.

  2. Penggunaan pakaian
    Disarankan untuk memilih pakaian dari serat alami. Hindari memakai pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon. Karena kain sintesis cenderung menimbulkan panas. Selain itu, bisa dengan melonggarkan pakaian yang dikenakan bayi, bila perlu untuk sementara tidak memakaikan popok pada bayi.

  3. Jangan sering digendong
    Menggendong si Kecil ketika cuaca panas tidak disarankan apabila ingin biang keringat cepat hilang. Apabila dilakukan, bayi akan terkena panas cuaca dan suhu tubuh yang menggendongnya. Dianjurkan untuk  menidurkan di ranjang dan membiarkannya berbaring, dan ketika bangun biarkan merangkak atau berjalan-jalan sendiri. Semakin jarang digendong, bayi justru tidak akan kepanasan.

  4. Menjaga kulit bayi tetap dingin
    Dinginkan kulit yang terjangkit biang keringat menggunakan kain basah dingin. Atau bisa juga dengan memandikannya sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Biarkan kulit bayi kering dengan sendirinya daripada menggunakan handuk.

  5. Gunakan lotion atau krim bila diperlukan
    Bila bayi menangis ketika tersentuh kulitnya, oleskan lotion calamine pada kulitnya. Namun, jangan sampai mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata. Jika biang keringat sangat parah, gunakan krim hidrokortison sesuai saran dokter. Disarankan untuk tidak menggunakan salep dan lotion jenis lainnya karena dapat membuat ruam menjadi parah.

Baca juga: Cara Yang Aman Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara mencegah dan mengatasi biang keringat pada bayi di atas dapat anda coba dan lakukan sendiri di rumah. Biang keringat biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika kondisinya belum membaik jangan ragu untuk segera menemui dokter untuk penanganan medis, apalagi bila si bayi mengalami demam dan biang keringat bertambah banyak. Semoga bermanfaat.