Cara Memulai Menjadi YouTuber Untuk Pemula

Punya keinginan untuk menjadi YouTuber, tapi masih bingung bagaimana cara memulainya? Berikut ini ulasan bagaimana cara memulai menjadi YouTuber untuk pemula hingga jadi YouTuber yang sukses dan terkenal.

Saat pertama kali membuat video di YouTube, mungkin ada rasa bingung, setelah video diunggah hal apa yang harus dilakukan? Mau diapakan video yang sudah diunggah tersebut? Apakah hanya sekedar diunggah saja atau bagaimana? Bagaimana cara agar video tersebut banyak ditonton orang? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang sering menjadi permasalahan YouTuber pemula.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan diatas, berikut ini langkah-langkah cara memulai menjadi YouTuber untuk pemula.

Cara Memulai Menjadi YouTuber Untuk Pemula

1. Menentukan Topik Channel YouTube

Memulai sebuah channel YouTube mirip seperti saat memulai sebuah blog. Kita harus menentukan topik apa yang akan kita gunakan pada channel YouTube. Topik ataupun ide bisa kita pilih dari berbagai hal, bisa dari kehidupan keseharian kita, hobi, pekerjaan atau keterampilan yang kita miliki dan lain sebagainya.

Misalnya saja jika Anda hobi membaca buku, maka Anda bisa buat channel YouTube tentang review-review buku. Atau jika Anda berkecimpung di dunia otomotif, maka Anda bisa membuat channel tentang otomotif yang menjadi hobi atau pekerjaan Anda tersebut.

2. Membuat Channel YouTube Anda

Setelah Anda dapat ide channel, maka buatlah channel YouTube. Jika Anda sudah mempunyai akun Google (bisa Gmail), maka Anda sudah bisa buat channel YouTube. Satu akun Google terintegrasi dengan layanan Google lainnya, dan YouTube termasuk salah satu layanan yang dimiliki oleh Google.

Anda bisa memberi nama channel tersebut dengan nama Anda, nama unik, atau nama-nama lainnya terserah Anda. Lengkapi juga channel tersebut dengan foto yang menarik, gambar channel, dan info lengkap seputar channel Anda.

3. Mulai Membuat Video

Ada berbagai video yang bisa Anda buat. Bisa berupa vlog, video review, dan lain sebagainya. Peralatan yang Anda butuhkan sudah tentu kamera. Anda bisa memakai kamera ponsel, kamera DSLR, ataupun kamera lainnya. Peralatan tambahan misalnya tripod atau monopod jika membuat video sendiri tanpa bantuan teman, lampu untuk pencahayaan dan microphone jika memang dibutuhkan.

Tentunya peralatan tersebut disesuaikan dengan konsep video yang dibuat. Jika hendak membuat videi vlog tentang aktivitas sehari-hari, maka cukup bermodalkan kamera ponsel juga bisa. Mulailah membuat video sesuai ide dan kreativitas sendiri, karena setiap orang punya gaya dan cara yang berbeda dalam mengeksplorasi kreativitas dan ide-ide yang dimiliki.

Setelah Anda melakukan perekaman video, maka berikutnya adalah melakukan editing. Bila merasa tidak perlu melakukan editing juga tidak masalah terserah Anda. Namun dengan melakukan editing kita bisa memotong gambar, menambahkan musik, menambah suara dan lainnya. Sambil belajar kita bisa mulai mengedit video dengan aplikasi editing sederhana dulu, baru setelah berjalannya waktu bila sedikit banyak sudah menguasai teknik editing bisa menggunakan aplikasi editing yang lebih profesional.

Jangan lupa jika sudah berhasil membuat satu video, maka buatlah video-video lainnya. Selalu semangat dan tingkatkan terus produktivitas Anda.

4. Mengunggah Video ke YouTube

Setelah video jadi, unggah video tersebut ke YouTube. Jangan puas hanya dengan mengunggah video, bagikan juga video Anda di media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Google Plus, atau lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mendatangkan penonton pertama pada video Anda. Siapa tahu teman-teman Anda tertarik dengan video yang telah Anda buat. Kita harus bekerja ekstra keras untuk memberi tahu tentang video kita kepada publik. Karena ketika kita baru memulai channel YouTube, maka channel kita masih akan sulit ditemukan di YouTube.

Kalau Anda mengelola blog, maka bagikan juga video tersebut di blog. Dan jangan lupa, dalam setiap video yang telah dibuat, selalu sertakan ajakan untuk subscribe di channel Anda. Hal ini sederhana, tapi jika dilakukan maka bisa meningkatkan jumlah subscriber di channel YouTube Anda.

Jika belum memiliki blog silahkan baca: Cara Mudah Membuat Blog Gratis


Demikian langkah-langkah cara memulai menjadi YouTuber untuk pemula yang perlu diakukan agar menjadi YouTuber sukses dan terkenal.