Cara Memperbaiki Aki Kering Soak

Aki merupakan salah satu komponen penting pada sebuah motor atau mobil. Setidaknya ada dua jenis aki yang beredar dipasaran, yaitu jenis aki basah dan jenis aki kering. Walaupun dinamakan aki kering, sebenarnya di dalam aki tersebut masih menggunakan cairan aki (accu zuur). Hanya saja kita tidak perlu mengontrol kondisi air aki tersebut secara berkala.

Seiring dengan lamanya pemakaian, accu bisa saja mengalami kerusakan atau soak. Baik itu untuk jenis aki basah ataupun aki kering. Jika kendaraan Anda menggunakan aki kering, ada baiknya Anda tahu, bagaimana cara merawat dan mengatasi aki kering yang soak. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana cara memperbaiki aki kering soak dan ngedrop. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Memperbaiki Aki Kering Soak

Sudah diketahui bahwa aki menjadi salah satu komponen utama pada kendaraan bermotor, khususnya yang ada hubungannya dengan sistem kelistrikan. Hampir semua peralatan kelistrikan bergantung pada suplay arus listrik dari aki. Misalnya, untuk menyalakan motor starter (dinamo starter), lampu-lampu, klakson atau peralatan elektronik lainnya.

Sekarang ini, aki kering lebih banyak dipilih dan digunakan pada motor. Karena, dari segi perawatan aki kering dianggap lebih mudah dan praktis dibanding dengan aki basah. Selain itu, arus listrik yang dihasilkan juga lebih kuat dan lebih stabil. Sayangnya, jika aki kering sudah soak, biasanya langsung diganti dengan yang baru. Karena masih banyak yang belum tahu cara untuk membuat aki mati hidup lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Kode 46 dan Aki Sering Drop Pada Yamaha Vixion

Untuk membuat aki kering rusak hidup lagi cukup gampang. Siapkan beberapa peralatan berikut:

1. Air aki (Accu Zuur), biasanya tutup botolnya berwarna merah
2. pisau atau gergaji
3. Obeng minus
4. Selotip atau lem besi

Langkah Memperbaiki Aki Kering Soak

1. Lepaskan aki dari tempatnya.

2. Buka bagian penutup aki yang bertuliskan “Do Not Open” menggunakan pisau atau gergaji dengan mengiris bagian tersebut. Lakukan dengan hati-hati agar pisau tidak kena tangan.

Cara Memperbaiki Aki Kering

3. Setelah penutup berhasil dibuka, lepaskan karet penutup lubang aki, kemudian isikan air aki (Accu Zuur) ke lubang tersebut sebanyak 15 ml atau tergantung besar kecilnya aki. Ingat jangan sampai penuh ketika mengisi Accu Zuur. Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan sejenis suntikan untuk memasukkan Accu Zuur ke dalam aki.

4. Selanjutnya pasang kembali karet tutup lubang aki, kemudian pasang penutup aki dengan di selotip atau menggunakan lem besi agar tidak lepas dan kuat.

5. Jika sel aki masih dalam keadaan bagus, biasanya aki langsung bisa hidup lagi tanpa di charger terlebih dahulu.

6. Sebaiknya charger aki lebih dulu atau pasang kembali pada mobil atau motor kemudian diajak jalan sekitar 30 sampai 60 menit supaya aki terisi secara optimal.

Itulah cara memperbaiki aki kering soak dan ngedrop yang patut Anda coba. Karena jika aki masih bisa diperbaiki, sayangkan jika terbuang sia-sia.

Baca juga: Cara Mengatasi Aki Drop pada Mio J

Namun saat memperbaiki aki, lakukan dengan hati-hati. Baik ketika membuka tutup aki dengan pisau jangan sampai melukai tangan. Ataupun saat mengisi air aki, usahakan jangan sampai terkena kulit. Sebab jika terkena kulit Accu Zuur bisa menyebabkan iritasi. Siram atau bersihkan dengan air dan sabun jika terlanjur terkena kulit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.