Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Kehilangan Data

Bagaimana cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa kehilangan data? Mungkin itulah salah satu pertanyaan bagi pengguna WhatsApp yang baru saja membeli smartphone baru.

Banyak alasan mengapa pengguna smartphone mengganti telepon genggam miliknya. Salah satunya adalah mereka ingin merasakan fitur dan teknologi baru yang disematkan dalam HP keluaran terbaru tersebut.

Namun demikian, belum tentu pengguna ponsel baru, akan membuat akun baru untuk media sosial mereka. Dengan alasan, akun tersebut sudah terhubung dengan keluarga, teman atau rekan bisnis. Dan salah satunya adalah WhatsApp.

WhatsApp telah memiliki fitur pencadangan data, sehingga pengguna bisa dengan mudah mentransfer obrolan atau file media dari satu smartphone ke smartphone lainnya. Lantas, bagaimana cara menggunakan akun lama WhatsApp di ponsel baru?

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Kehilangan Data

WhatsApp memiliki fitur pencadangan di Google Drive atau iCloud. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur periode waktu ketika ingin membuat cadangan data seperti harian, mingguan atau bulanan. Dengan memanfaatkan fitur ini, penguna dapat dengan mudah memindahkan data dari HP lama ke HP baru.

Baca juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Penerima

Berikut langkah mentransfer obrolan WhatsApp dan file media dari ponsel lama ke ponsel baru.

1. Buka WhatsApp dan ketuk tombol menu tiga titik di sudut kanan atas.
2. Buka ‘Setelan’ lalu tap ‘Chat’ kemudian ‘Cadangan chat’.
3. Atur setelan Google Drive, klik opsi ‘Cadangkan ke Google Drive’ setelah itu pilih ‘Akun Google’ sebagai tempat mengunggah cadangan WhatsApp. (Jika pada pertama kali mengaktifkan WhatsApp tidak mencadangkan ke Google Drive).
4. Centang tombol ‘Sertakan video’ jika ingin membuat cadangan untuk video WhatsApp.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru

5. Setelah itu cadangkan obrolan dan media WhatsApp dengan klik tombol ‘CADANGKAN’. Silahkan tunggu sampai proses mengunggah data selesai.
6. Setelah itu, buka WhatsApp di ponsel baru dan verifikasi nomor ponsel. Namun sebelumnya pastikan sudah login menggunakan akun Google yang sama (akun tempat mengunggah cadangan) di ponsel baru tersebut.
7. Setelah verifikasi selesai, WhatsApp akan mencari data cadangan di akun Google Drive dan memberi pilihan untuk mengembalikannya.

8. Tap tombol ‘Kembalikan’. Jika tidak mengembalikannya saat itu, pengguna tidak akan dapat mengembalikannya nanti.
9. Selanjutnya WhatsApp akan mengunduh data cadangan (obrolan dan file media) dan mengembalikannya di ponsel baru.

Baca juga: Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Ketahuan Anggota Lain

Itulah cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor yang sama tanpa kehilangan chat dan kontak menggunakan Google Drive. Semoga bermanfa’at.