Cara Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Berkualitas

Bagaimana cara memilih oli mesin sepeda motor berkualitas? Mungkin dari sekian banyak pengguna motor, masih banyak yang belum tahu cara menentukan oli mesin yang baik dan berkualitas agar kinerja mesin tetap prima.

Oli mesin berperan penting menentukan performa dan kemampuan mesin. Oli yang berkualiatas membuat mesin lebih awet dan tahan lama. Oleh karena itu jangan asal dalam menentukan oli mesin untuk sepeda motor Anda. Sebab jika tidak, bukan tidak mungkin motor akan cepat rusak, terutama pada bagian mesin.

Banyak sekali jenis dan merek oli yang beredar dipasaran. Hal ini tentu sedikit menambah bingung untuk memilih, mana oli yang terbaik dan berkualitas yang akan digunakan pada motor. Jika sampai salah pilih, tentu akan berakibat kurang baik pada motor Anda.

Apalagi, jika Anda mendapat oli palsu, hal ini jelas akan memperburuk kondisi motor Anda. Motor akan cepat rusak dan performa motor jadi loyo kurang bertenaga. Oli mesin berkualitas rendah, tidak mampu melumasi bagian mesin secara optimal. Sehingga mesin rentan terhadap gesekan yang akhirnya membuat komponen mesin cepat aus dan rusak.

Selain menggunakan oli yang berkualitas bagus, oli mesin juga perlu diganti secara berkala. Jangan mentang-mentang pakai oli berkualitas tinggi, kemudian oli jarang diganti melebihi batas penggunaan normal, hal ini tentu tidak benar. Karena seiring pemakaian, kualitas oli akan menurun, oleh karena itu jangan lupa ganti oli mesin secara berkala.

Lalu, bagaimana cara memilih oli mesin yang benar dan tepat untuk sepeda motor?

Ketika memilih oli mesin yang akan dipakai, harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis sepeda motor. Misalnya motor matic dengan motor bertransmisi manual, oli yang dipakai akan berbeda spesifikasinya. Selain itu, setiap pabrikan motor biasanya sudah merekomendasikan jenis dan merek oli yang sesuai dengan motor buatannya.

Seperti pabrikan Honda merekomendasikan AHM Oil, sedangkan rekomendasi dari Yamaha menggunakan Yamalube dan untuk Suzuki menggunakan SGP Oil. Selain merek tersebut, masih banyak merek lain yang mempunyai kualitas sama, dengan harga sebanding. Namun ada juga yang lebih berkualitas, meski biasanya harganya akan lebih mahal.

Jenis Oli Mesin yang Biasa Digunakan Pada Sepeda Motor

Jenis oli yang dipakai untuk motor matic dan manual mempunyai spek yang berbeda. Berikut oli yang direkomendasikan untuk masing-masing motor.

1. Sepeda Motor Manual

Motor yang menggunakan transmisi manual mengadopsi kopling jenis basah, dimana kampas kopling terendanm oleh oli mesin. Sehingga oli yang digunakan pada motor manual mempunyai kode JASO MA. Oli jenis ini mengandung zat adiktif tertentu yang berguna untuk menetralisir kotoran kampas kopling dan membuat kampas kopling tidak selip.

2. Sepeda Motor Matic

Cara Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Berkualitas

Berbeda dengan motor manual, motor matic menggunakan teknologi kopling jenis kering, karena itu oli yang dipakai memiliki kode JASO MB. Oli jenis ini tidak ditambah bahan adiktif anti selip kopling.

Baca juga: 5 Penyakit Langganan Motor Matic dan Solusinya

Setelah mengetahui perbedaan oli motor matic dan manual, bagaimana cara mengetahui kualitas oli mesin tersebut?

Pada kemasan oli mesin, terdapat beberapa kode yang menunjukkan spesifikasi oli tersebut. Seperti JASO MA atau JASO MB yang mempunyai arti seperti yang telah dijelaskan diatas. Selain JASO MA dan JASO MB, ada 2 kode lagi yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. SAE

Cara Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Berkualitas

Kode SAE, menunjukkan kekentalan dari oli mesin. Misalnya 10W-30, 10W-40, 20W-40, 20W-50. Semakin tinggi angkanya oli semakin kental, sebaliknya jika angkanya semakin rendah maka akan semakin encer.

Baca juga: Gejala Kerusakan CVT Motor Matic yang Perlu Diketahui

2. API Service

Sedangkan API Service menunjukkan kualitas dari oli mesin tersebut. API Service ditunjukkan dengan huruf misalnya SF, SG, SJ, SL, atau SM. Semakin tinggi urutan angka belakangnya, kualitasnya semakin bagus dan harganya pun biasanya semakin mahal.

Dengan mengetahui kode yang ada dikemasan, setidaknya Anda tahu kualitas dan kegunanaan oli tersebut, apakah dipakai untuk motor matic atau motor manual. Satu hal lagi yang perlu diwaspadai adalah oli palsu. Untuk itu, belilah oli ke toko yang dapat dipercaya.