Cara Membuka Kunci Pola Hp Android

Memberikan perlindungan keamanan pada smartphone memang cukup penting. Hal ini dapat melindungi privasi diri Anda dari orang lain. Namun ada kalanya kita lupa akan pola ataupun sandi yang kita pasang. Lalu bagaimana cara membuka kunci pola hp Android apabila kita lupa sandi tersebut?

Panduan kali ini bisa berlaku untuk semua gadget android baik hp maupun tablet dari berbagai merk. Seperti Samsung, Asus, Sony, Lenovo, Acer, Xiaomi, Oppo ataupun merk lain yang beredar dipasaran. Sedangkan penyebab android terkunci atau terblokir bisa disebabkan karena lupa sandinya ada orang lain yang berusaha membuka kunci dengan memasukkan password (kata sandi) yang salah secara berulang sampai android terblokir.

Cara Membuka Kunci Pola Hp Android

Ada beberapa cara membuka kunci pola pada hp android, silahkan dipilih mana yang menurut Anda paling mudah dan gampang untuk dilakukan.

1. Menggunakan Fitur Forgot Password

Apabila sebelum hp android terkunci koneksi internetnya dalam keadaan aktif, baik melalui jaringan seluler ataupun Wi-Fi Anda bisa menggunakan fitur forgot password. Silahkan login akun Google atau Gmail yang pernah digunakan pada hp tersebut. Pastikan nomor telepon yang didaftarkan dalam membuat akun google masih aktif. Hal ini berguna untuk menverifikasi bahwa Anda benar-benar pemilik akun Google tersebut, sehingga nantinya Anda bisa merubah password akun google tersebut. Walaupun ada metode lain untuk verifikasi, namun dengan nomor telepon akan lebih mudah melakukan verifikasi.

2. Melakukan Panggilan Telepon dari Hp Lain

Jika dengan cara pertama tidak berhasil, cara yang lain adalah melakukan panggilan telepon dari hp lain. Lakukan panggilan telepon dari ponsel lain ke Android yang terkunci, selanjutnya angkat telepon yang masuk tetapi jangan ditutup dahulu. Lalu sentuh tombol Home atau Menu kemudian segera buka menu Setting/Pengaturan. Kemudian aktifkan data kuota internet atau WiFi agar dapat Sign-In ke akun Gmail atau langsung nonaktifkan pola android dari menu Setting tersebut.

3. Mereset Hp Android

Cara yang lainadalah dengan mereset hp android tersebut. Namun perlu diketahui bahwa semua data ataupun aplikasi yang terinstal akan terhapus semua jika Anda menggunakan cara ini.

Baca juga: Cara Melacak Hp Android yang Hilang

Dengan mode Factory reset pada Android yang terkunci, maka hp android tersebut akan dikembalikan pada setelan pabrik. Berikut langkah-langkah yang dilakukan.

1. Matikan Hp terlebih dulu.
2. Lalu tekan secara bersamaan tombol Volume atas + tombol Home + tombol Power, kalau Hpnya tidak ada tombol Home, tekan tombol Volume Atas + tombol Power. Silahkan tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan “Android system recovery”.


3. Kemudian pilih dengan cara menekan tombol Volume atas dan bawah. Untuk meng-enter dengan memilih, gunakan tombol Home atau Menu pada pilihan “Wipe data/factory reset”.
4. Pilih Yes lalu tunggu sampai sistem Android melakukan penghapusan data.

Demikian beberapa cara membuka kunci hp android yang terblokir. Semoga bermanfaat.