Cara Membuat Tarikan Honda Beat Lebih Responsif

Honda Beat merupakan motor matic keluaran Honda yang paling laris dipasaran. Nah, jika kamu termasuk salah satu pengguna Honda Beat yang kebetulan ingin membuat tarikan motor Beat kamu makin responsif, berikut cara membuat tarikan motor Honda Beat agar lebih agresif.

Memiliki motor yang tarikannya enteng, bisa memberi rasa nyaman saat dikendarai. Lain lagi jika motor tarikannya berat dan tenaga motor seperti tertahan, tentu ada rasa kurang nyaman saat digunakan.

Nah, jika ingin meningkatkan akselerasi motor matic Honda Beat, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja, melakukan ubahan pada bagian CVT, mengganti komponen pengapian, melakukan porting dan lainnya.

Namun, untuk cara membuat tarikan Honda Beat jadi enteng yang satu ini cukup mudah. Karena kamu tidak memerlukan setingan khusus apalagi sampai oprek mesin.

Baca juga: Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil

Cara Membuat Tarikan Honda Beat Lebih Responsif

Caranya adalah dengan mengganti throttle body bawaan Honda Beat dengan kepunyaan Honda Vario 150. Cara ini sudah terbukti mampu meningkatkan performa mesin motor Beat.

Cara Membuat Tarikan Honda Beat Lebih Responsif

Ukuran standar diameter throttle body Beat Fi lama adalah 19 mm sedangkan pada Honda Beat eSP sebesar 22 mm. Sementara milik Honda Vario 150 ukuran standarnya mencapai 26 mm.

Dengan memasang throttle body milik Vario 150 yang ukurannya lebih besar, membuat asupan udara yang masuk ke mesin semakin bertambah. Dengan begitu, ECM atau ECU otomatis akan meningkatkan jumlah bahan bakar yang di semprotkan oleh injektor.

Nah, dengan meningkatnya asupan udara dan suplay bahan bakar tersebut, tenaga mesin akan bertambah. Dengan meningkatnya tenaga mesin yang dihasilkan, membuat tarikan motor jadi lebih enteng.

Untuk pemasangan pada Honda Beat agak sedikit ribet, karena ukuran dan dudukan intake Beat dengan Vario 150 berbeda. Karena itu, perlu dilakukan pemotongan terhadap kedua intake tersebut. Setelah dipotong, sambung potongan intake Vario 150 di potongan intake Beat.

Cara Membuat Tarikan Honda Beat Lebih Enteng

Selanjutnya, untuk soket-soketnya tidak ada masalah karena ukurannya sama. Hanya saja, untuk selang fleksibel yang menuju boks filter perlu dimodifikasi karena ukuran diameter throttle yang lebih besar.

Baca juga: Cara Mengatasi CKP Honda Beat Bermasalah

Bukan hanya pada Honda Beat saja yang bisa menggunakan cara ini. Honda Vario 125 dan Honda Scoopy, juga bisa mengaplikasikan cara ini. Untuk pemasangan pada Vario 125 jauh lebih mudah, karena intake Vario 150 tinggal pasang saja tanpa melakukan pemotongan. Demikian, selamat mencoba.