Cara Membuat Sitelink di Pencarian Google

Apa yang di maksud Sitelink dan bagaimana cara membuat Sitelink di pencarian Google? Dan apa dampaknya pada blog kalau memiliki Sitelink? Berikut ini jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa Itu Sitelink?

Sitelink adalah sebuah struktur link website yang ditampilkan dihasil pencarian Google yang memiliki karakteristik berbeda. Biasanya ketika Anda menulis brand atau nama situs tertentu di pencarian Google, akan muncul di halaman pertama pencarian dengan tampilan pencarian bertingkat dan condong kedalam.

Sitelink berisi beberapa kategori sub listing dari daftar isi halaman sebuah website. Ada beberapa macam sitelink. Ada yang hanya dua kolom, ada yang empat kolom dan enam kolom, bahkan ada beberapa situs lebih dari itu. Semua tergantung kebijakan Google dalam pemberian sitelink kepada sebuah situs.

Sitelink diberikan Google kepada situs tertentu karena beberapa hal, termasuk karena artikel yang ditampilkan disitus tersebut mempunyai reputasi yang cukup baik, atau bisa juga karena jumlah kunjungan disitus tersebut tinggi. Dan akhirnya Google memberi hadiah berupa sitelink.

Berikut ini contoh tampilan sitelink dari biangcara.com atau biar lebih jelas silahkan tulis kata biangcara dipencarian Google, maka tampilannya akan seperti ini:

Cara Membuat Sitelink di Pencarian Google

Seberapa penting sitelink terhadap situs?

Ada banyak cara meningkatkan trafik atau pengunjung blog. Salah satunya menggunakan sitelink. Berikut beberapa keuntungan jika sebuah situs memiliki sitelink.

1. Sitelink dapat meningkatkan RKT (rasio klik tayang), sehingga peluang untuk mendapatkan kunjungan lebih besar. Karena RKT merupakan salah satu faktor terbesar dalam menghasilkan trafik organik.
2. Sitelink lebih di percaya banyak orang dan kredibilitasnya diakui.
3. Sitelink bisa menjadi tolak ukur kepercayaan sebuah website. Saat website memiliki sebuah sitelink berarti Google cukup mempercayai situs web tersebut. Karena Google selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya, sehingga Google tidak akan mempromosikan tautan yang tidak dapat dipercaya.
4. Sitelink meningkatkan kesadaran merek dan produk yang dimiliki.
5. Sitelink biasanya akan menautkan ke halaman yang paling penting di situs tersebut, dengan mempertimbangkan jumlah tautan internal/eksternal. Biasanya lebih sering ke halaman ‘About’, ‘Contact’ dan ‘Product’.
6. Sitelink memungkinkan pengguna untuk menjelajahi halaman lebih dalam.
7. Ketika ada pengunjung disitus tersebut, kemungkinan besar mereka akan lebih lama berada disitus tersebut.

Bagaimana cara membuat sitelink di pencarian Google?

Perlu diketahui bahwa, sitelink ini yang membuat Google bukan kita, dan kita tidak bisa memaksa Google untuk memberikan sitelink pada situs kita. Google akan menilai sendiri sebuah situs apakah perlu diberi sitelink atau tidak. Namun, kita bisa melakukan upaya untuk mendapatkan sitelink dari Google.

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

1. Daftarkan website ke Google Search Console.
Jika belum tahu cara mendaftar, silahkan baca: Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster.

2. Tambahkan file sitemap.xml ke Google Search Console.
Sitemap atau peta situs membantu Google merayapi situs dengan lebih baik. Hal ini tidak hanya akan menambah Google lebih banyak menjangkau halaman website, tetapi juga akan lebih mudah menentukan halaman paling penting dari situs.

3. Buat struktur dan arah tujuan website yang jelas.
Website yang memiliki struktur yang jelas akan lebih mudah dijelajahi oleh Google. Jika Google tidak dapat menemukan semua halaman di situs dan memahami posisi yang berkesinambungan satu sama lain, maka Google tidak akan menampilkan sitelink.

4. Membangun internal link
Para master SEO masih belum mengetahui seberapa banyak tautan internal yang bermanfaat untuk SEO, tetapi setidaknya internal link dapat memberi tahu Google mana halaman yang paling penting dalam sebuah situs.

5. Gunakan domain tingkat atas (TLD).
Domain tingkat atas memiliki kekuatan tersendiri di halaman pencarian. Berbeda dengan subdomain atau biasa disebut blog gratis yang mudah terdepak dari halaman pertama pencarian Google. Top Level Domain (TLD) lebih bisa bertahan lama di halaman pertama google dan kemungkinan mendapat Google sitelink lebih besar.

Itulah beberapa cara yang bisa kita usahakan agar blog mendapat sitelink dari Google. Sebenarnya sitelink untuk website tidak harus dimiliki, akan tetapi dengan adanya sitelink membuat situs lebih elegan.