Cara Membuat Peta Situs dan Mengirim Peta Situs

Apabila anda mempunyai blog baru dan sudah membuat artikel dan mempublikasikannya, tentu anda berharap agar blog dan postingan yang telah anda buat akan terindeks di mesin pencarian. Baik itu Google Search Engine ataupun Bing search Engine atau search engine yang lain. Dan kali ini saya akan membagikan cara membuat peta situs dan mengirimnya ke Google Webmaster tools agar blog maupun artikel anda lebih mudah dan cepat dikenali dan terindeks oleh mesin pencarian Google.

Pengertian Peta Situs

Sebelum membahas mengenai cara mengirim peta situs, akan sedikit saya jelaskan apa yang dimaksud dengan peta situs atau sitemap.

Sitemap atau yang juga disebut dengan peta situs merupakan file yang berisi daftar laman pada blog yang perlu dirayapi mesin perayap web. Hal ini berguna untuk membantu mesin perayap web menemukan dan menjelajahi seluruh konten dalam blog anda. Sehingga seluruh konten dalam blog anda dapat ditemukan dan diindeks oleh mesin perayap web. Meskipun kebanyakan perayap web dapat menjelajah dan menemukan semua file di situs anda, namun peta situs dapat membantu perayap web mengenali dan menemukan detail tentang konten yang terdapat dalam blog anda. Apalagi bila blog berisi banyak file video atau gambar.

Jadi sitemap atau peta situs bisa dikatakan daftar isi atau daftar konten dari sebuah blog. Sehingga sangat penting bagi sebuah blog untuk mengirim dan memberitahukan ke mesin perayap agar nantinya mesin perayap lebih mudah dan lebih cepat menemukan dan mengindeks konten yang ada didalam blog.

Setelah mengetahui sedikit apa yang dimaksud dengan peta situs dan fungsinya, selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara membuat dan mengirim peta situs atau sitemap di Google Webmaster Tools.

Seperti telah diketahui bersama bahwa Google merupakan search engine yang paling banyak di gunakan oleh pengguna internet. Dengan mengirim peta situs ke Google Webmaster Tools, bertujuan agar blog anda bisa terindeks dan muncul di halaman pencarian Google. Dan diharapkan dapat tampil nomor satu di halaman pertama pencarian Google, dan inilah yang menjadi idaman para blogger. Karena blog akan berpeluang besar mendapat banyak pengunjung.

Sebelum membuat dan mengirim peta situs ke Google Webmaster Tools, terlebih dulu blog sudah di daftarkan di Google Webmaster. Jika belum, silahkan anda mendaftarkannya. Bila belum tahu cara mendaftarkan blog di Google Webmaster, silahkan anda masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Untuk lebih jelasnya anda dapat mempelajarinya di artikel Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster

Cara Membuat Peta Situs dan Mengirim Peta Situs di Google Webmaster Tools

Berikut ini langkah-langkahnya,
1. Silahkan masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools/dashboard
2. Apabila sudah masuk di dasbor Google Webmaster Tools, pilih menu “Perayapan” yang berada disebelah kiri.
3. Setelah itu akan ditampilkan sub-sub menu, selanjutnya pilih saja sub menu “Peta Situs”.
4. Setelah halaman terbuka pilih dan klik “Tambahkan/Uji Peta Situs” yang terletak disebelah kanan, biasanya berwarna merah.
5. Kemudian akan ditampilkan kotak kolom tempat mengisi kode peta situs. Isi pada kolom yang telah disediakan.
6. Kemudian tekan tombol ” kirim”. Lihat gambar, langkah 2 sampai langkah 6 ditulis dengan angka warna merah.

Cara Membuat Peta Situs dan Mengirim Peta Situs
Cara Membuat Peta Situs dan Mengirim Peta Situs

7. Sebelum mengirim peta situs tersebut, anda juga dapat menguji peta situs tersebut apakah ada kesalahan atau tidak, dengan menekan tombol “Uji”. Kemudian untuk melihat hasilnya tekan tombol “Lihat Hasil Uji”.
8. Setelah terkirim, anda dapat melihat peta situs yang telah dikirim dengan cara merefresh halaman tersebut dengan memilih menu “Segarkan Laman”.
9. Selesai, anda sudah berhasil membuat dan mengirim peta situs di Google Webmaster Tools.

Sedikit tambahan, bila anda pengguna Blogger bisa memasukkan kode peta situs berjenis atom dan rss seperti contoh dibawah ini

/atom.xml
/rss.xml
/sitemap.xml

Dan bila anda pengguna WordPress dapat memasukkan peta situs seperti contoh dibawah ini,

/sitemap-posts.xml
/sitemap.xml

Peta situs diatas hanyalah contoh, anda dapat mengirim peta situs yang lain, asalkan peta situs yang dikirim tersebut sesuai dengan ketentuan Google Webmaster Tools. Untuk mengetahuinya anda bisa mengujinya terlebih dahulu dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas.

Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana Cara Membuat Peta Situs dan Mengirim Peta Situs di Google Webmaster Tools. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat.