Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Anti Hacker

Password menjadi bagian penting bagi pengguna internet, karena semua akun yang dimiliki mengandalkan password. Dengan begitu banyaknya aksi para peretas dalam membobol akun pengguna internet, menuntut kita untuk lebih sadar dan waspada akan keamanan informasi pribadi yang kita miliki. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara membuat password yang kuat, aman dan mudah diingat.

Cara membuat password yang kuat dan baik sangatlah penting agar terhindar dari serangan hacker. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami seperti apa password yang kuat, dan bagaimana membuat password yang sulit ditebak namun mudah diingat. Nah, artikel kali ini akan memberikan gambaran tentang masalah tersebut.

Menurut pakar internet, ada jenis password tertentu yang bisa dibobol oleh peretas dalam hitungan detik. Dan ternyata, jenis password dengan urutan angka menjadi yang lebih mudah dibobol, dengan persentasi 80 persen kemungkinannya.



Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Anti Hacker

Untuk mencegah terjadinya peretasan, haruslah membuat password yang kuat agar tidak mudah dibobol. Berikut tips membuat password yang kuat dan aman anti hacker.

1. Hindari aspek personal

Menggunakan kata dan angka yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari seperti tanggal lahir, nama pasangan, nama hewan peliharaan, dan alamat rumah bukanlah langkah yang baik untuk membuat password.

Sebelum meretas akun, hacker akan terlebih dahulu mempelajari dan menelusuri latar belakang calon korbannya. Keamanan akun lebih rentan dan mudah diretas dengan menggunakan password jenis ini. Jadi hindari penggunaan password dengan model begini.

2. Hindari nomor berurut

Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Anti Hacker

Jangan gunakan password dengan nomor urut seperti 1234567890, 11111, atau 987654321, karena kemungkinan berhasil dibobolnya sangat besar. Sistem kombinasi kode akan memudahkan password tipe ini dibobol. Dengan demikian pilih angka secara acak dan dikombinasikan dengan huruf.

3. Gunakan password yang panjang

Pada dasarnya hacker akan menggunakan semua kemungkinan kombinasi password untuk menjebol akun Anda. Dengan membuat kata sandi yang semakin panjang, maka waktu yang diperlukan untuk memecahkannya juga semakin lama. Hanya beda satu karakter, dapat membuat password jauh lebih sulit untuk dibobol.

4. Kombinasikan kata, angka, dan simbol

Kombinasikan kata, angka dan simbol dalam membuat password. Gunakan juga huruf besar dan kecil, password jenis ini termasuk kategori kata sandi yang sangat kuat. Contohnya “teabrown227”. untuk memecahkan password ini, mesin enkripsi membutuhkan waktu kisaran 227 juta tahun.



5. Hindari password yang mudah ditebak

Jangan membuat password dengan kata-kata populer yang mudah ditebak. Misalnya, mengganti huruf vokal a menjadi angka 4, i menjadi angka 1, atau o menjadi angka 0.

Sebagai contoh kata “password” menjadi “P4ssw0rd”. Jika masih menggunakan cara semacam ini, dan menggunakan kata-kata populer, akun Anda akan lebih mudah kena hack.

Baca juga: Cara Mengganti WP Admin agar Blog Aman dafi Hacker

6. Gunakan password berbeda untuk setiap akun

Meskipun password yang digunakan tergolong kuat, bukan tidak mungkin para hacker bisa membobol akun Anda. Karena itu, untuk mengantisipasinya buatlah password berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki. Dengan begitu hacker tidak mudah mencuri semua data yang ada.

Itulah tips mudah cara membuat password yang kuat dan aman anti hacker untuk mengamankan akun Anda dari gangguan orang-orang iseng serta orang tidak bertanggung jawab.