Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg

Selain masih bisa menggunakan editor klasik, WordPress juga memiliki editor baru yaitu Gutenberg. Sayangnya, untuk membuat link nofollow di WordPress Gutenberg ini, Anda harus mengeditnya secara manual. Lalu, bagaimana cara membuat link nofollow di editor Gutenberg?

Editor Gutenberg memiliki banyak fitur yang memberi dukungan untuk membuat konten dan tampilan halaman yang menarik dengan mudah. Banyak pengguna yang mengakui kehebatan dari editor Gutenberg ini, karena dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih efisien.

Meskipun Gutenberg menjadi alat editor yang mumpuni, ternyata masih ada kekurangan yang dimilikinya. Yaitu, ketika Anda ingin membuat tautan atau link nofollow, Anda harus menambahkan tag nofollow secara manual.

Pengertian Link Nofollow

Sebelumnya, bagi Anda yang belum tahu apa itu link nofollow, berikut sedikit gambaran tentang apa yamg dimaksud link nofollow.

Nofollow merupakan atribut rel yang ditetapkan pada tautan untuk memberi tahu mesin telusur agar tidak mengikuti tautan. Jadi tujuannya, agar mesin telusur tidak merayapi dan mengindeks tautan tersebut. Tautan nofollow biasanya ditandai dengan tag rel=”nofollow”.

Kapan Sebaiknya Menambahkan Tag Nofollow?

Semua link di WordPress pada dasarnya memiliki tag dofollow. Sehingga mesin telusur dapat merayapi dan mengindeks halaman yang ditautkan.

Namun, ada beberapa kasus yang sebaiknya tautan dibuat menjadi nofollow. Nah, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk merubah link jadi nofollow:

1. Link Tidak Dapat Dipercaya
Jika Anda menautkan ke situs web tertentu atau komentar pengunjung yang membuat tautan ke situs web tertentu yang mungkin kurang dipercaya, Anda bisa menggunakan tag nofollow untuk link atau tautan tersebut.

2. Link Berbayar
Link berbayar atau tautan sponsor tidak perlu diikuti. Untuk link seperti ini, lebih baik gunakan tag nofollow.

3. Link Afiliasi
Jika Anda ikut program afiliasi, saat menambahkan link afiliasi di halaman situs web Anda, lebih baik gunakan tag nofollow.

Kemudian, bagimana langkah menambahkan link nofollow di WordPress Gutenberg? Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Cara Menghasilkan Traffic Tanpa SEO

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg

Di editor Gutenberg, jika ingin menambahkan link atau tautan nofollow, dilakukan secara manual. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Sorot atau blok teks yang ingin dijadikan link nofollow
2. kemudian, tap ikon link yang berbentuk rantai dan masukkan link pada kolom yang tersedia

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg

3. Tap pengaturan link, pada opsi ‘Open New Tab’, centang atau aktifkan pilihan tersebut.
4. Kemudian, tap ikon tiga titik di sebelah kanan atas, lalu pilih menu ‘Code Editor’ untuk merubah format jadi HTML

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg

5. Setelah tampilan editor menjadi HTML, perhatikan link yang telah Anda buat. Pada tag ‘rel’ telah ditambahkan nilai ‘noreferrer’ dan ‘noopener’

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg
Cara Membuat Link Nofollow

6. Untuk membuat jadi nofollow, Anda tinggal menambahkan nilai ‘nofollow’ pada tag ‘rel’.

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Gutenberg
Cara Membuat Link Nofollow

7. Sampai disini, Anda telah berhasil membuat link nofollow. Jadi, setiap kali Anda ingin menambahkan link nofollow, lakukan langkah-langkah diatas.

Memang, membuat link nofollow di editor Gutenberg sedikit merepotkan. Namun jika memang dibutuhkan demi kebaikan situs web Anda, tentu tidak jadi masalah. Semoga dapat membantu dan selamat mencoba.