Cara Membuat Kue Kering Renyah dan Gurih

Untuk membuat kue kering yang enak, renyah dan gurih memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Namun bukan berarti hal itu sulit dilakukan. Dengan resep dan cara membuat kue kering berikut ini, Anda akan lebih mudah membuat kue kering yang enak, lezat, renyah dan gurih.

Disaat menyambut hari raya Idul Fitri, kue kering lebaran sudah menjadi hidangan klasik yang selalu disuguhkan. Maka, tak heran jika sambil menunggu datangnya hari raya Idul Fitri, ibu-ibu dan remaja putri biasanya sibuk membuat aneka kue kering untuk Lebaran.

Membuat kue kering yang enak, renyah, dan gurih memang tidak mudah. Ada beberapa trik agar kue kering Lebaran bisa jadi dengan sempurna.

Nah, daripada penasaran bagaimana cara membuat kue kering yang enak, renyah, dan gurih, berikut beberapa resep cara membuat kue kering enak, lezat dan gurih buat lebaran nanti.

Cara Membuat Kue Kering Renyah dan Gurih

Cara Membuat Kue Kering Renyah dan Gurih

Berikut resep dan cara membuat kue kering renyah dan gurih sebagai hidangan istimewa di hari lebaran nanti.

1. Kue Kering Bawang Keju

Bahan:

12 sendok makan tepung terigu
1 butir telur
Minyak goreng
Keju sesuai selera
2 sendok makan mentega
1 bungkus bumbu penyedap (opsional)
2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
Garam sedikit saja
Air secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Bawang Keju:

Campurkan semua bahan kue bawang, kecuali minyak goreng. Aduk sambil menambahkan air sedikit demi sedikit. Kalau tidak suka bumbu penyedap, bisa di-skip. Cara mencampurnya pakai tangan saja. Buat adonan sampai bisa dibentuk. Setelah proses pengulenan selesai, bentuk lonjong atau gepeng sesuai selera. Jangan lupa lumuri bahan kue kering bawang pakai tepung biar tidak lengket. Panaskan minyak goreng sampai tua. Atur apinya kecil saja biar matangnya merata. Masukkan bahan kue kering bawang keju bersamaan atau bergantian. Goreng sampai berubah warna jadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Resep kue kering bawang keju ini khusus untuk porsi sederhana. Jika ingin membuat dalam jumlah banyak, cara yang paling mudah tinggal gandakan saja ukuran maupun beratnya.

Baca juga: Cara Membuat Roti Donat yang Enak dan Lezat

2. Kue Kering Nastar Keju

Untuk nastar keju premium bisa dibedakan dari teksturnya yang lembut dan lumer di mulut. Rasanya pun lebih gurih karena menggunakan mentega (butter), bukan margarin.

Berikut ini resep nastar lembut dengan keju dan mentega Wijsman, merek butter yang biasa digunakan dalam resep-resep kue nastar premium. Diadaptasi dari resep nastar keju NCC (Natural Cooking Club).

Bahan:

175 gram tepung terigu protein rendah (misal Kunci Biru)
175 gram mentega Wijsman
100 gram keju cheddar parut
50 gram keju edam parut
25 gram tepung maizena
25 gram gula halus
3 Kuning telur
1/4 Sendok teh garam
250 gram selai nanas khusus nastar (pulung bulat)
25 gram keju cheddar parut (untuk taburan)
3 Butir kuning telur
1 Sendok teh margarin leleh

Cara membuat kue kering Nastar Keju Premium:

Kocok mentega dan gula halus dari bahan I dengan mixer, kemudian tambahkan kuning telur. Setelah tercampur rata, matikan mixer. Masukkan keju cheddar dan edam parut, garam, serta dan tepung-tepungan. Aduk rata dengan spatula. Ambil sedikit adonan (kurang lebih 8 gram), kemudian pipihkan dan isi dengan bulatan selai nanas. Setelah itu tutup dan bulatkan. Lakukan hingga adonan tepung habis. Letakkan nastar keju premium di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Panggang dalam oven bersuhu 150 derajat Celsius selama 25 menit. Kocok lepas kuning telur dan 1 sendok teh margarin yang sudah dilelehkan dari bahan II untuk olesan. Olesi permukaan nastar dengan campuran kuning telur dan margarin tadi. Taburi sedikit keju parut. Panggang lagi hingga nastar berwarna kuning kecoklatan.

Demikian resep nastar keju premium dengan mentega Wijsman dan dua macam keju.

3. Kue Kering Putri Salju Keju

Resep diadaptasi dari cara membuat kue putri salju keju lumer ala selebgram homecooking Tintin Rayner.

Bahan:

400 gram tepung terigu protein sedang
300 gram butter (boleh diganti Blue Band Cake & Cookies)
150 gram keju cheddar parut
120 gram gula halus
100 gram tepung maizena
40 gram susu bubuk
3 Butir kuning telur

Taburan:

Gula donat secukupnya

Cara membuat Kue Kering Putri Salju Keju:

Kocok mentega, gula halus, dan kuning telur dengan mixer berkecepatan rendah selama 2 menit. Matikan mixer, kemudian masukkan keju parut dan aduk rata. Masukkan campuran terigu, tepung maizena, dan susu bubuk. Aduk rata dengan spatula sampai adonan cukup bisa diuleni. Cetak adonan sesuai selera, kemudian susun di loyang yang sudah diolesi margarin atau dialasi kertas roti. Panggang putri salju dengan suhu 150 derajat Celcius hingga matang, kurang lebih 20 menit. Gulingkan putri salju pada gula donat secukupnya. Setelah dingin masukkan ke dalam toples.

Begitulah cara membuat kue putri salju keju yang lumer dan istimewa ala Tintin Rayner.

4. Kue Kering Semprit Keju

Semprit Keju juga termasuk kue kering khas Lebaran. Biasanya dibuat dengan menggunakan tepung larut. Tetapi, juga bisa membuatnya dengan tepung sagu atau kanji.

Berikut ini resep kue kering Semprit Keju.

Bahan:

300 gram tepung kanji yang sudah disangrai
100 gram margarin
100 gram gula halus
1 butir kuning telur
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking powder
25 cc susu cair
50 gram keju cheddar parut
50 gram keju edam parut

Cara membuat Kue Kering Semprit Keju:

Kocok mentega, gula halus dan garam hingga adonan lembut. Masukkan telur, kocok kembali selama 5 menit. Tuang susu cair, aduk sampai rata. Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga tercampur rata, kemudian masukkan baking powder. Tambahkan keju cheddar dan keju edam. Aduk adonan hingga siap dibentuk. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi cetakan semprit. Cetak adonan di atas loyang yang sudah dioles dengan margarin. Panggang kue di dalam oven bersuhu 160 derajat Celsius selama 30 menit. Keluarkan kue dari oven, dinginkan dalam suhu ruang. Susun di dalam toples atau wadah dengan tutup rapat.

Demikian beberapa resep dan cara membuat kue kering renyah dan gurih yang cocok untuk dihidangkan disaat lebaran. Selamat mencoba.