Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Punya blog gratis yang bisa menghasilkan uang, tentu seneng banget. Lalu bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang?

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, kamu harus mempunyai blog terlebih dahulu. Agar bisa memliki blog ada dua cara, yaitu menggunakan penyedia layanan blog gratis seperti Blogger dan WordPress atau menggunakan domain tingkat atas (TLD) yang berbayar.

Bagi pemula, disarankan pakai yang gratisan dulu, jika nanti sudah serius menekuni dunia blogging kamu bisa pakai yang berbayar. Seperti situs blog biangcara.com ini, awalnya juga pakai gratisan, baru kemudian pindah ke domain berbayar.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan uang dari blog gratis, gunakanlah Blogger. Kenapa harus Blogger? Karena selain platform ini mudah digunakan, nantinya blog akan bisa didaftarkan ke Google AdSense. Google AdSense merupakan jaringan periklanan terbesar milik Google. Dan inilah salah satu sumber pendapatan yang bisa kamu peroleh dari blog gratis kamu nanti.

Kalau kamu menggunakan platform WordPress yang gratisan, blog tidak bisa didaftarkan ke Google AdSense. Jadi kamu akan kehilangan salah satu sumber penghasilan. Beda lagi kalau memakai yang berbayar (TLD), walau kamu pakai platform mana saja, masih bisa ikut berpartisipasi dalam program Google AdSense.

Dan, bagi yang belum tahu bagaimana cara membuat blog gratis di Blogger, silahkan baca ulasan: Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Setelah blog sudah jadi, apa saja langkah dan cara agar mendapatkan uang melalui blog? Berikut ini tips dan cara menghasilkan uang lewat blog yang bisa kamu coba.

1. Daftar Google AdSense

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Setelah blog diisi dengan beberapa artikel, makin banyak makin bagus, daftarkan blog ke Google AdSense. Lalu Google akan melakukan review terhadap blog kamu, apakah memenuhi syarat dan kebijakan Google atau tidak.

Jika diterima, maka kamu akan mendapatkan akun adsense, sebingga kamu dapat langsung memasang iklan pada blog dan akan mendapat bayaran per klik. Maksudnya, setiap pengunjung yang melakukan klik pada iklan di blog kamu, maka otomatis kamu akan mendapat bayaran sesuai jumlah klik iklan yang dilakukan pengunjung.

2. Bisnis Affiliasi

Seperti halnya Google AdSense, untuk memulai bisnis ini, kamu harus mendaftarkan diri sebagai member affiliasi pada situs web yang menyediakan program affiliasi. Setelah kamu menjadi member, tugas kamu adalah mempromosikan produk affiliasi tersebut pada blog kamu dengan memasang iklan produk tersebut.

Kamu akan mendapat bayaran jika pengunjung melakukan klik pada iklan kemudian melakukan pembelian. Jika transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Jadi kamu hanya akan menerima bayaran jika pengunjung melakukan pembelian produk.

Berbeda dengan Google AdSense yang cuma menayangkan iklan pada blog dan mendapat bayaran per klik, pada affiliasi kamu harus memasarkan dan bisa menjual produk tersebut jika ingin meraih penghasilan.

Untuk bisa sukses meraih penghasilan lewat blog, tentu diperlukan usaha yang serius dan telaten. Selain belajar menulis artikel yang berkualitas, kamu juga harus belajar teknik SEO agar blog bisa memperoleh peringkat yang bagus di hasil pencarian. Paling tidak masuk dihalaman pertama pencarian, syukur bisa peringkat satu.

Baca juga:
Cara Menulis Artikel yang SEO
Cara Mengetahui Blog Sudah SEO atau Belum

Dengan begitu, peluang mendapat kunjungan akan semakin terbuka lebar. Dan otomatis pendapatan kamu juga akan ikut meningkat. SEO memang penting untuk mendatangkan pengunjung lewat pencarian organik di search engine, namun ada cara yang juga efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan metode non SEO.

Bagaimana cara mendatangkan traffic blog tanpa SEO? Silahkan baca ulasan: Cara Mudah Menghasilkan Traffic Tanpa SEO

Itulah cara menghasilkan uang lewat blog yang sekiranya paling mudah dilakukan oleh pemula. Walaupun sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang lewat internet khususnya blog. Selamat mencoba.