Cara Membersihkan Injektor Menggunakan Carbon Cleaner

Semakin lama motor dipakai, sisa dari pembakaran lama-lama akan menumpuk dan menjadi kerak di ruang bakar. Begitu pula dengan injektor, seiring pemakaian lubang-lubang (holes) pada injektor jadi kotor yang disebabkan oleh kotoran bahan bakar dan kotoran sisa pembakaran.

Jika kotoran ini tidak dibersihkan performa mesin jadi menurun. Bahkan lubang-lubang (holes) injektor lama kelamaan akan tersumbat kotoran jika hal ini dibiarkan berlarut-larut. Untuk itu, kotoran tersebut harus dibersihkan. Lalu, bagaimana cara membersihkan kerak yang ada di ruang bakar dan kotoran yang menempel pada lubang injektor?

Salah satu cara membersihkan injektor dan kerak yang ada di ruang bakar adalah menggunakan cairan carbon cleaner. Cairan carbon cleaner berfungsi sebagai pembersih kerak dan kotoran yang ada di ruang bakar dan juga di injektor.

Cara Membersihkan Injektor Menggunakan Carbon Cleaner

Cara membersihkan injektor pakai carbon cleaner pada motor injeksi cukup mudah. Caranya, tinggal campurkan saja cairan carbon cleaner ke dalam bahan bakar atau bensin hingga rata. Agar injektor bersih maksimal, saat mencampur cairan carbon cleaner dengan bahan bakar jangan asal tuang.

Baca juga: Solusi Motor Injeksi Sering Mati Mendadak

Cara Membersihkan Injektor Menggunakan Carbon Cleaner

Masukkan cairan carbon cleaner sebelum isi bahan bakar. Tujuannya, ketika bahan bakar masuk dan di dalamnya sudah ada cairan carbon cleaner, maka bahan bakar dan cairan carbon cleaner akan tercampur dengan rata. Sehingga di dalam bahan bakar atau bensin terkandung cairan carbon cleaner.

Nah, jika bahan bakar ini melewati injektor maka kotoran yang menempel pada lubang (holes) injektor bisa tersapu bersih dan kerak yang ada di ruang bakar dapat terkikis habis, keluar lewat saluran pembuangan (exhaust).

Cairan carbon cleaner ini, tidak boleh digunakan setiap saat, masing-masing pabrikan punya rekomendasi sendiri. Untuk pabrikan Honda menyarankan pemakaian cairan carbon cleaner setiap 8000 km. Sedangkan Yamaha menyarankan, setiap 3000 km.

Baca juga: Motor Injeksi Brebet Tenaga Loyo, Periksa Komponen ini!

Sedangkan perbandingan campuran keduanya, jika cairan carbon cleaner 75 ml bisa dicampur 3 sampai 5 liter bahan bakar atau bensin. Agar hasilnya maksimal, pastikan keduanya tercampur dengan rata.

Itulah tips cara membersihkan injektor menggunakan carbon cleaner secara efektif dan maksimal.