Cara Memberi Label Pada Artikel atau Postingan

Dalam menulis artikel yang perlu diperhatikan salah satunya adalah memberi label pada postingan yang telah kita buat. Pemberian label pada artikel atau postingan merupakan hal yang cukup penting. Untuk itu kali ini akan saya bagikan Cara Memberi Label Pada Artikel atau Postingan sebelum kita publikasikan.

Sebelum membahas cara memberi label pada artikel atau postingan, sebaiknya perlu kita ketahui dulu apa sebenarnya kegunaan atau fungsi dari pemberian label ini? Apakah perlu kita memberi label pada setiap artikel?

Fungsi Memberi Label

Penggunaan label ini mempunyai fungsi untuk mengelompokan artikel atau postingan di dalam blog berdasarkan kategori-kategori tertentu. Sehingga nantinya postingan yang telah dibuat tersebut tertata rapi sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan. Disamping itu, nantinya juga dapat mempermudah pencarian sebuah artikel didalam blog berdasarkan kategori. Sehingga kita lebih cepat menemukan sebuah artikel yang kita inginkan.

Setelah mengetahui kegunaannya, maka cukup penting bagi kita untuk memberi label pada setiap artikel. Dan berikut cara memberi label pada artikel atau postingan.

Cara Memberi Label Pada Blogger

1. Setelah kita selesai menulis postingan, cukup tekan/klik pada tulisan “Label” dibagian sebelah kanan.

2. Setelah itu masukan atau tulis saja labelnya dalam kolom yang disediakan. Misalnya jika postingan tentang blog maka masukan label ‘panduan blogger’, kalau sudah tekan “selesai”.

3. Anda juga bisa memasukan lebih dari satu label untuk sebuah artikel, caranya cukup pisahkan dengan tanda koma, kalau sudah tekan “selesai”.

Secara default label setiap postingan akan ditampilkan di atas postingan atau di bawah postingan tergantung template yang digunakan.

Selain itu kita juga bisa menampilkan semua daftar label yang ada di blog kita dengan menggunakan widget Label.

Caranya sebagai berikut,

1. Masuk ke blogger, pilih menu Tata Letak, kemudian pilih sesuai dengan keinginan dimana widget yang akan ditambahkan diletakkan. Bisa di sidebar atau lainnya.

2. Kemudian pilih “tambahkan gadget”.

3. Selanjutnya pilih “widget label”.

4. kemudian anda bisa mengatur tampilan widget labelnya.

Setelah selesai tinggal klik atau tekan tombol “Simpan” dan selesai.

Cara Memberi Label Pada WordPress

1. Setelah selesai menulis artikel, geser ke bawah, terus pada pilihan “Kategori” pilih dan tekan “Tambah Kategori Baru”

2. Setelah itu tulis jenis kategori pada kolom yang disediakan. Kemudian tekan “Selesai”.

3. Anda juga dapat memberi lebih dari satu kategori pada setiap artikel dengan menekan “Tambah Kategori Baru”. Setelah selesai centang pada kategori-kategori yang dipilih.

Baca juga: Cara Mengganti Template Blog

Mudah bukan, sekarang artikel atau postingan sudah tertata sesuai dengan kategori yang telah dibuat, semoga bermanfaat.