Cara Membedakan Suku Cadang Motor Asli dan Palsu

Sebenarnya, cara membedakan suku cadang motor asli dan palsu cukup mudah. Namun kebanyakan, para pemilik sepeda motor tidak begitu memperhatikan sparepart yang mereka beli. Biasanya, mereka langsung terima dan bayar onderdil tersebut tanpa mengecek apakah asli atau palsu. Padahal dipasaran sudah banyak beredar onderdil palsu.

Sparepart yang tidak asli, selain kurang awet dan lebih cepat rusak, juga bisa menyebabkan motor kurang optimal. Karena itu selalu gunakan onderdil asli agar motor lebit awet dan nyaman saat digunakan. Nah agar kamu tidak salah pilih, berikut tips cara membedakan sparepart asli atau palsu paling gampang.

Cara Membedakan Suku Cadang Motor Asli dan Palsu

Biasanya, suku cadang palsu memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan onderdil asli. Namun untuk mengelabui konsumen terkadang dijual dengan harga yang sama dengan harga standar produk asli, sehingga konsumen tidak menaruh curiga. Nah, apa saja ciri-ciri onderdil motor asli dan palsu? berikut ulasan selengkapnya.

1. Harga

Harga menjadi ciri mudah untuk membedakan sparepart ori atau imitasi. Karena, harga dari suku cadang asli yang dijual di dealer resmi, bisa dibilang lebih mahal dibanding suku cadang palsu yang banyak beredar dipasaran.

Baca juga: Gejala Kerusakan Motor Matic yang Perlu Diketahui

2. Kemasan

Suku cadang asli dikemas dengan baik dan dilengkapi dengan label hologram khusus dengan logo yang sulit ditiru. Sedangkan untuk suku cadang palsu, meskipun terdapat label hologram agar terkesan asli, namun terlihat buram dan tidak jelas.

Cara Membedakan Sparepart Asli dan Palsu
Sparepart Honda

Selain itu, pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya.

3. Stiker Barcode

Perhatikan stiker barcode yang tertera pada kemasan., tulisan harus jelas serta dalam kondisi baik dan tidak rusak atau sobek. Jika pada sparepart motor yang asli, biasanya saat barcode discan akan sesuai dengan produk suku cadang yang ada dalam kemasan.

Selain itu, biasanya barcode tidak dicetak langsung pada kemasan. Namun berupa stiker 2 dimensi yang ditempel pada kemasan.

4. Kondisi Suku Cadang/Sparepart

Untuk membedakan sparepart asli atau palsu bisa dilihat dari kondisi fisik sparepart tersebut. Biasanya suku cadang asli bahan yang digunakan terlihat lebih kuat, kokoh dan berkualitas. Berbeda dengan suku cadang palsu, bahan yang digunakan terkesan rapuh dan gampang rusak.

Itulah tips cara membedakan suku cadang motor asli dan palsu yang perlu diketahui. Agar terhindar dari barang palsu dan mendapatkan onderdil motor yang asli, sebaiknya membeli di dealer resmi atau toko yang sudah terpercaya didaerah kamu. Semoga bermanfaat.