Cara Membedakan Masker Asli dan Palsu yang Beredar di Pasaran

Sejak merebaknya virus corona atau covid-19 di Indonesia, kebutuhan akan masker semakin meningkat. Kondisi semacam ini membuat stok masker dipasaran semakin langka. Namun sayangnya, kondisi ini justru digunakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk menjual masker palsu, bahkan sampai ada yang mendaur ulang masker bekas.

Virus corona memang bisa menular melalui droplet atau cipratan liur, batuk, dan bersin orang yang sakit. Karena itu, menggunakan masker kesehatan menjadi salah satu cara yang diyakini bisa mencegah penularan virus corona. Agar tidak salah pilih, berikut tips memilih masker asli dan terjamin kualitasnya.

Cara Membedakan Masker Asli dan Palsu

Masker kesehatan yang asli punya ciri tertentu yang dapat dilihat dari bentuk fisik masker tersebut. Nah, supaya mendapatkan masker yang asli, kenali ciri-ciri masker asli dan palsu berikut ini.

Ciri-Ciri Masker Kesehatan Asli

1. Memiliki dua warna berbeda, seperti biru dibagian luar dan putih dibagian dalam, atau hijau dibagian luar dan putih dibagian dalam. Perbedaan warna itu menunjukan ada lapisan penyaring untuk molekul seperti virus dan bakteri.

Cara Membedakan Masker Asli dan Palsu

2. Ukuran lebih tebal, apabila masker tersebut tipis, sangat mungkin palsu. Masker asli terasa tebal karena memiliki tiga lapisan. Lapisan luar bertugas untuk mencegah percikan masuk ke masker, tengah untuk filtrasi, dan bagian dalam yang bersentuhan dengan mulut dan hidung untuk absorbsi.

Selain itu, agar tidak tertipu dengan masker tiruan, lebih baik membeli di apotek atau swalayan yang legal dan terpercaya. Sebab, masker seharusnya memiliki anti-virus di bagian tengah dengan jangka waktu setiap pemakaian 3-4 jam. Sedangkan masker palsu hanya menahan udara saja karena tidak bermaterial menahan molekul seperti virus dan bakteri.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat yang Gampang dan Praktis

Demikian kiat dan cara membedakan masker asli dan palsu yang Biangcara rangkum dari beberapa sumber. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga pandemi corona yang terjadi di berbagai negara khususnya di negeri Indonesia tercinta ini segera mereda.