Cara Memasang Video Youtube di WordPress Paling Mudah

Selain jenis teks dan gambar, banyak sekali website maupun blog yang sudah memasang konten jenis video di halaman web mereka. Dan salah satu cara memasang video Youtube di WordPress paling mudah adalah, dengan mengambil sumber file video yang berada di situs Youtube.

Dengan begitu kita bisa menampilkan video yang diambil dari Youtube di halaman website. Selain dari Youtube, bisa juga diambil dari situs penayang video lainnya.


Lalu, bagaimana caranya?

Cara berikut ini adalah yang paling gampang dan tidak memerlukan keahlian programming untuk melakukannya. Dengan cara ini pula, Anda bisa menampilkan video tanpa perlu meng-upload video ke hosting Anda.

Mengingat ukuran file video bisa sangat besar, maka cara ini sangatlah praktis dan efisien, karena bisa menghemat space hosting yang kita punya.

Sebelum bisa menampilkan video dari Youtube ke dalam website, silahkan upload video Anda dulu ke Youtube. Caranya pun relatif mudah, Anda bisa login menggunakan akun Google dengan form upload video yang telah disediakan oleh Youtube. Selain bisa ditampilkan di website, video tersebut bisa dishare ke berbagai media sosial lainnya.


Cara Memasang Video Youtube di WordPress

Setelah menentukan video mana yang ingin ditampilkan di website atau blog Anda, langkah berikutnya adalah copy link URL video Youtube yang ingin Anda pasang.

Cara Memasang Video Youtube di WordPress Paling Mudah
Cara Memasang Video Youtube di WordPress

Kemudian tempelkan link tersebut ke halaman yang Anda inginkan. Gunakan mode TEXT saat menempelkan link URL tersebut untuk memudahkan proses ini. Setelah selesai, Anda bisa kembalikan lagi ke mode VISUAL.

Baca juga: Cara Menjadi Youtuber untuk Pemula

Dengan cara ini, pengguna WordPress dapat dengan mudah memasang video Youtube ke website dan blog yang dimiliki. Dan hasilnya bisa Anda lihat seperti tampilan video di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.