Cara Memasang Iklan Matched Content di AMP WordPress dan Blogger

Bisakah memasang iklan Matched Content di blog AMP? Kalau bisa bagaimana cara memasangnya? Mungkin itulah salah satu pertanyaan bagi sebagian publisher AdSense yang masih ragu untuk beralih ke versi AMP. Termasuk saya sendiri, yang sempat galau, apakah menggunakan versi AMP atau tetap non AMP.

Namun, setelah mencari informasi apa itu AMP dan bagaimana kelebihan dan kekuranganya, akhirnya saya memilih untuk menerapkan versi AMP. Bagi Anda yang sudah menggunakan AMP dan ingin memasang iklan AdSense Matched Content di blog AMP, simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Apa itu Matched Content?

Matched Content adalah salah satu jenis iklan Google AdSense yang bentuk tampilannya mirip dengan artikel terkait atau related post. Untuk bisa memasang iklan jenis ini pada situs, akun AdSense Anda harus mendapatkan ijin dari Google AdSense terlebih dulu. Jika tidak, iklan tidak akan bisa tayang di blog, walaupun Anda sudah menerapkan skrip kode Matched Content.

Selain itu, Matched Content atau konten yang sesuai hanya akan bekerja pada situs atau blog yang telah disetujui saja. Oleh karena itu sebaiknya, cek dahulu akun Google AdSense Anda. Jika sudah diberi ijin maka akan terdapat fitur konten yang sesuai di akun AdSense Anda.

Cara mengeceknya gampang banget, silahkan login ke akun AdSense, kemudian pada halaman beranda pilih menu “Situs”. Jika telah disetujui akan ada opsi “Konten yang Sesuai” kemudian klik pilihan tersebut untuk mengetahui situs web mana yang telah disetujui, jika Anda mengelola blog lebih dari satu.

Baca juga: Cara Membuat Saluran Khusus AdSense untuk Meningkatkan Penghasilan

Cara Memasang Iklan Matched Content di AMP

Untuk memasang Matched Content, Anda harus menyiapkan unit iklan Matched Content terlebih dulu. Jika belum punya, silahkan buat terlebih dulu. Caranya sama seperti membuat unit iklan lainnya yaitu,

1. Login ke akun Adsense
2. Pilih menu “Iklan” kemudian tap pada opsi “Menurut unit iklan”
3. Selanjutnya pilih jenis iklan “Konten yang sesuai” lalu atur tampilannya dan tap “Simpan dan Dapatkan Kode”
4. Salin kode iklan tersebut dan simpan. Sebagai contoh, skrip kodenya kurang lebih seperti ini,

Cara Memasang Iklan Matched Content di AMP

Setelah Anda memiliki skrip kode Matched Content, selanjutnya Anda bisa langsung menerapkannya di blog. Berikut langkah cara memasang iklan Matched Content di blog WordPress dan Blogger.

Cara Memasang Matched Content di AMP WordPress

Cara yang saya jelaskan di bawah ini adalah jika Anda menggunakan plugin AMP for WP untuk membuat situs versi AMP.

1. Log in ke dashboard WordPress
2. Selanjutnya buka plugin AMP for WP, kemudian pilih menu “Settings” dilanjutkan tap pada “Advertisement”
3. Pilih lokasi tempat iklan. Untuk AD #4 di bawah postingan atau AD #6 di atas related post.
4. Tentukan ukuran iklan, pada Ad size pilh 300×600
5. Kemudian masukkan ID AdSense Anda yaitu “ca-pub-9876543211234567” pada kolom Data Ad Client. Kemudian data slot iklan yaitu “123456789” pada kolom Data AD Slot. Ganti ID AdSense dan data slot iklan dengan ID dan slot iklan milik Anda.
6. Tombol Responsive Ad unit biarkan off, Kemudian tap “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan

Cara Memasang Iklan Matched Content di AMP WordPress

Tunggu beberapa saat, maka iklan konten yang sesuai akan tayang di halaman blog Anda.

Cara Memasang Matched Content di AMP Blogger

1. Log in ke dashboard Blogger
2. Pilih menu “Tata Letak” kemudian klik tambahkan widget/gadget pada tempat dimana iklan akan ditampilkan. Disarankan di bawah postingan
3. Pilih gadget HTML/JavaScript
4. Masukkan skrip kode iklan AMP di bawah ini kemudian simpan

Cara Memasang Iklan Matched Content di AMP Blogger

Demikian langkah memasang iklan Google Adsense Matched Content di blog WordPress dan Blogger. Untuk cara memasang iklan di tengah artikel bisa Anda lihat pada: Cara Pasang Iklan AdSense di AMP WordPress dan Blogger

Catatan:

Untuk WordPress cara ini sudah saya coba dan hasilnya bisa Anda lihat di blog ini. Namun untuk Blogger belum saya coba karena blog belum disetujui untuk pasang Matched Content.

Selain itu, sekarang ini menurut yang saya tahu, jika pada artikel yang panjang, dan banyak iklan yang muncul di tengah postingan, biasanya iklan Matched Content tidak akan muncul. Mungkin ini kebijakan baru dari Google AdSense yang membatasi jumlah iklan yang tayang di setiap halaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.