Cara Memasang Iklan AdSense di Blog WordPress

Apabila Anda mempunyai sebuah website ataupun blog bisa juga menghasilkan passive income yang lumayan. Asalkan Anda diterima dan bergabung dengan penyedia layanan jaringan iklan, kemudian memasang iklan pada website yang dimiliki. Dan salah satu jaringan iklan yang banyak dipercaya pengguna internet adalah Google AdSense. Cara memasang iklan Adsense di blog WordPress sebenarnya mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Langkah-Langkah Untuk Memasang Iklan Google Adsense

Berikut tutorial cara memasang iklan Google Adsense pada website ataupun blog yang dikutip dari Niagahoster.co.id yang bisa diterapkan pada blog WordPress Anda. Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda harus memiliki akun Google Adsense, untuk itu langkah yang dilakukan adalah:

Langkah 1: Daftar Google AdSense

Yang perlu Anda lakukan setelah memiliki sebuah blog yang siap di pasang iklan adalah mendaftar akun Google Adsense. Silakan langsung menuju link berikut ini. Untuk proses mendaftar cukuplah mudah dan biasanya hanya memerlukan waktu 3 sampai 7 hari sampai Google melakukan pengecekan dan menyetujui permohonan Anda.

Langkah 2: Buat Unit Iklan AdSense

Setelah akun Adsense Anda disetujui, selanjutnya Anda dapat mulai membuat unit iklan baru:

1. Silakan akses dashboard Adsense Anda kemudian pilih menu My Ads yang berada di bagian atas.
2. Pada bagian Ad Units silakan klik tombol New ad unit.
3. Silakan masukkan pengaturan yang diperlukan untuk iklan Anda. Pengaturan tersebut cukup penting untuk Anda melakukan penyesuaian iklan dengan tata letak dari website Anda.

Name – Untuk nama dari unit iklan, silakan masukkan nama yang unik, sesuai dengan letak dan website Anda. Hal ini akan cukup membantu dalam melihat kinerja iklan ketika Anda memiliki banyak website.
Ad size – Ini adalah pengaturan yang cukup penting, sebab ukuran iklan memiliki pengaruh untuk dilihat oleh pengunjung Anda. Direkomendasikan memilih iklan Responsive jika jenis website Anda menggunakan template mobile friendly.

4. Silakan klik tombol Save and get code. Halaman popup akan muncul dengan menampilkan code iklan, kurang lebih akan terlihat seperti code dibawah ini:

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: “ca-pub-678303128708xxxx”,
enable_page_level_ads: true
});
</script>

5. Silakan salin kode yang tampil pada akun adsense anda, yang nantinya perlu dipasang pada website Anda.

Jika Anda memerlukan petunjuk lebih detail mengenai cara mengatur unit iklan, silakan kunjungi bantuan Adsense. Langkah selanjutnya adalah cara memasang iklan adsense di blog, ada dua pilihan, yaitu dengan menggunakan plugin dan tanpa plugin.

Cara Memasang Iklan AdSense di Blog WordPress

Memasang iklan Adsense pada blog WordPress dapat dilakukan dengan dua cara,

Pertama, Menggunakan Plugin

Salah satu cara memasang Google AdSense di blog WordPress yang cukup mudah adalah dengan menggunakan plugin. Terdapat berbagai macam plugin yang dapat digunakan untuk memasang iklan AdSense. Anda dapat menginstal plugin berikut yang cukup banyak digunakan.

1. Plugin Google AdSense
Plugin Google Adsense juga dikenal dengan nama plugin Google Publisher, ini merupakan plugin yang dibuat oleh Google. Plugin ini membantu Anda dengan mudah untuk memasang iklan Adsense pada website WordPress.

Kelebihan:
Dapat dengan mudah menambahkan Adsense ke website WordPress
Menyesuaikan dengan layout mobile
Mempercepat pengaturan iklan

2. Ad Injection
Plugin ini adalah pilihan plugin yang dapat Anda gunakan untuk mengintegrasikan iklan Adsense pada blog WordPress. Plugin ini tidak hanya untuk memasang Adsense tapi dapat juga digunakan untuk memasang iklan dari layanan lain. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengatur iklan supaya tampil berdasarkan panjang postingan, umur atau alamat IP dari visitor.

Kelebihan:
Memungkinkan Anda secara otomatis memasang iklan tanpa memodifikasi postingan.
Memungkina Anda melakukan pengetesan dengan memasang berbagai ukuran iklan pada tempat yang sama.
Selain itu dapat digunakan untuk memasang social pugin dan lainnya.

Kekurangan:
Pengaturannya sedikit rumit dan tidak user friendly
Kemungkinan tidak kompatibel dengan versi WordPress Anda

3. Ad Inserter
Ad inserter adalah plugin yang menurut saya pribadi cukup bekerja dengan baik untuk membantu memasang iklan Adsense di blog WordPress, selain adsense juga bisa untuk Amazon.

Keuntungan:
Dapat dengan mudah menampilkan iklan diberbagai lokasi web.
Memiliki fitur untuk memilih menampilkan iklan pada lokasi tertentu secara otomatis oleh plugin.
Terdapat 16 kolom untuk code iklan

Kedua, Memasang AdSense Secara Manual

Cara memasang iklan Adsense di blog WordPress selain dengan menggunakan plugin, Anda dapat memasangnya dengan cara manual melalui widget. Kelebihan dari cara ini, Anda tidak perlu menginstal plugin. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk membuat widget baru dan memasukkan code Adsense.

1. Silakan login ke dashboard WordPress Adna, kemudian pilih menu Apperance > Widgets.


2. Kemudian silakan pilih Text atau HTML Khusus dan letakkan pada bagian yang Anda inginkan, pada contoh ini adalah pada Sidebar, tapi Anda juga dapat meletakkan pada bagian lain seperti footer. Setelah itu silakan klik tombol Add Widget.

3. Silakan isi bagian Title misalnya Ads dan Content diisi dengan code iklan Adsense Anda.

4. Setelah selesai silakan klik tombol Save.

Pada langkah ini Anda sudah berhasil memasang Google Adsense pada blog. Silakan ditunggu beberapa saat sampai iklan Anda muncul.

Semoga tutorial cara memasang iklan Adsense di blog WordPress ini dapat membantu Anda ketika akan memasang kode iklan pertama kali. Google Adsense dapat dengan mudah diintegrasikan dengan website Anda dan dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan bantuan sebuah plugin.