Cara Melindungi Akun Facebook dari Serangan Hacker Paling Ampuh

Facebook merupakan media sosial paling populer di dunia dengan jumlah pengguna aktif yang konsisten. Selain itu, Facebook memiliki banyak sekali fitur dan inovasi baru yang selalu diupdate. Dengan jumlah pengguna Facebook yang begitu banyak, dengan berbagai macam latar belakang, tidak menutup kemungkinan orang-orang yang tidak bertanggung jawab pun banyak bersarang di Facebook.

Para hacker ini ingin mencuri informasi pribadi Anda di Facebook untuk kepentingan tertentu. Beragam cara akan mereka lakukan untuk bisa membobol akun Facebook. Dalam kebanyakan kasus yang terjadi, mereka berhasil karena korbannya tidak begitu peduli terhadap penjagaan privasi dan keamanan data login mereka. Untuk itu, setelah mengetahui bahwa para hacker dapat meretas akun Facebook Anda dengan mudah, tentu Anda harus lebih berhati-hati.

Maka dari itu, sebelum akun Facebook Anda kena hack, ada baiknya jika melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa langkah teknis yang harus diperhatikan, agar akun Facebook tetap aman dari peretasan.

Cara Melindungi Akun Facebook dari Serangan Hacker Paling Ampuh

Cara Melindungi Akun Facebook dari Serangan Hacker Paling Ampuh

Berikut ini langkah-langkah yang mesti diperhatikan untuk menjaga akun Facebook tetap aman dari serangan hacker.

1. Jangan Gunakan Alamat Email Pribadi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah jangan menggunakan alamat email pribadi untuk mendaftar Facebook. Tujuannya agar terhindar dari kemungkinan hack oleh teman-teman Anda yang mengetahui email tersebut.

Anda bisa mengganti alamat email pribadi dengan mudah. Caranya, masuk ke menu Settings > General > Contact dan tambahkan alamat email baru yang digunakan untuk login Facebook.

2. Sembunyikan Tampilan Email

Langkah berikutnya, sembunyikan tampilan email pada detail kontak akun Facebook yang digunakan. Dengan menyembunyikan alamat email dari publik, bisa meminimalisir serangan hacker pada akun Facebook, sekaligus dapat terhindar dari hal-hal yang bersifat phising dan spam ke alamat email Anda.

Untuk menyembunyikannya, silahkan masuk ke laman Profile > About > Contact and basic info > Email, kemudian pilih opsi Hidden from Timeline dan simpan perubahan.

3. Tambahkan Kontak Terpercaya

Tambahkan juga kontak teman yang bisa dihubungi Facebook saat Anda kehilangan akses untuk masuk ke akun. Anda bisa menambahkan tiga sampai lima teman yang bisa Anda konfirmasi saat dihubungi Facebook.

Untuk menambahkan kontak terpercaya masuk ke menu Settings > Security and login > Choose 3 to 5 friends to contact if you are locked out dan pilih daftar kontak yang disarankan.

Baca juga: Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Anti Hacker

4. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Langkah berikutnya tambahkan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun lebih aman dan mencegah login yang mencurigakan.

Caranya, masuk ke menu Settings > Security and login > Use two-factor authentication dan ikuti panduan yang Facebook berikan.

5. Ganti Password Secara Berkala

Langkah penting yang harus dilakukan untuk mencegah akun di hack adalah dengan mengganti password akun Facebook secara berkala. Bisa dilakukan sebulan atau mungkin seminggu sekali. Buatlah password yang rumit dan jangan lupa diingat baik-baik serta jaga kerahasiaannya.

Itulah beberapa langkah untuk mengamankan akun Facebook dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga ulasan cara melindungi akun Facebook dari serangan hacker paling ampuh ini bermanfaat.