Cara Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Jika HP Anda hilang, entah karena dicuri atau ketinggalan, atau bisa juga terjatuh di tempat umum dan Anda tidak menyadarinya, tentu terasa kesal. Apalagi terdapat data-data penting yang sangat dibutuhkan. Lalu bagaimana cara menemukan Hanphone yang hilang tersebut?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melacak dan menemukan HP yang hilang tersebut. Caranya pun cukup mudah. Dan berikut, cara melacak HP hilang dalam keadaan mati yang cukup efektif. Simak ulasan selengkapnya.

Cara Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Untuk mengantisipasi kasus kehilangan HP yang mungkin bisa menimpa Anda kapan saja, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menyimpan gadget Anda tersebut. Dan untuk berjaga-jaga aktifkan Google Find My Device dalam perangkat yang Anda miliki.

Karena, jika suatu saat terjadi hal yang tidak dinginkan, aplikasi ini dapat membantu Anda melacak HP yang hilang tersebut dengan gampang. Jadi, saat HP Anda Hilang, gunakan aplikasi ini untuk menemukannya.

Cara Aktifkan Google Find My Device

1. Buka menu Pengaturan (Settings) pada HP
2. Pilih Google kemudian pilih Keamanan (Security), atau kalau tidak ada menu tersebut, pilih Keamanan dan Lokasi (Security & Location)
3. Kemudian pilih Find My Device (Temukan Perangkat Saya) lalu Aktifkan

Cara Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Selain untuk mengetahui lokasi HP yang hilang, Google Find My Device juga memiliki banyak fitur bermanfaat. Antara lain, dapat digunakan untuk mengunci perangkat secara otomatis, jadi siapapun tidak bisa mengakses perangkat Anda.

Selain itu juga bisa membuat HP yang hilang bisa bergetar dan berdering dengan volume tertinggi, walaupun HP diatur dalam keadaan silent. Bahkan bisa untuk menghapus semua data dalam ponsel, termasuk aplikasi, foto, musik dan video.

Namun, perlu diketahui juga bahwa, aplikasi ini hanya bisa berfungsi jika HP dalam keadaan terhubung dengan internet. Maka pastikan HP selalu terkoneksi dengan internet. Sedangkan untuk melakukan navigasi dan melacak lokasi, Google Find My Device terkoneksi dengan Google Maps. Untuk itu jangan lupa aktifkan fitur Location pada HP Anda.

Cara Aktifkan Fitur Location

1. Masuk menu Pengaturan (Settings) pada HP
2. Pilih Google kemudian pilih Lokasi (Location), jika tidak ada cari dan pilih Keamanan & Lokasi (Security & Location)
3. Aktifkan Access to my location ke mode High accuracy (Akurasi tinggi)

Jika memiiliki perangkat lebih dari satu, aktifkan aplikasi Google Find My Device di semua perangkat. Daftar menggunakan akun Google yang sama ditiap perangkat dan jangan lupa aktifkan juga fitur Location pada semua perangkat Anda.

Lantas, bagaimana cara mencari HP yang hilang menggunakan aplikasi Google Find My Device?

Baca juga:
Cara Merekam Layar HP Android Tanpa Root
Cara Mengoptimalkan Perangkat Android Baru

Cara Lacak HP Hilang Menggunakan Google Find My Device

Aplikasi Find My Device akan memberikan informasi di mana HP terdeteksi ketika HP terakhir kali dihidupkan. Cara mencarinya:

1. Download aplikasi Google Find My Device di Play Store dan jalankan aplikasi tersebut.

2. Atau kunjungi website android.com/find melalui browser baik menggunakan PC atau smartphone. Kemudian masuk menggunakan akun Google yang telah Anda daftarkan.

3. Jika memiliki beberapa perangkat, pilih perangkat yang hilang dibagian atas layar.

4. Tekan tanda lokasi HP (biasanya berwarna hijau) untuk melacak keberadaannya. Maka Anda akan dialihkan ke aplikasi Google Maps.

5. Kemudian klik Direction (Petunjuk arah) untuk memulai navigasi.

Cara Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Jika Anda sudah mengetahuii lokasi terakhir HP berada, segera meluncur ke lokasi. Jika HP berada di luar ruangan, lokasi yang diberikan Google Maps cukup akurat. Namun jika berada di dalam ruangan, akurasi Google Maps untuk melacak keberadaan HP terkadang kurang akurat.

6. Setelah sampai dilokasi, Anda bisa menggunakan fitur Play sound (Putar suara) untuk membunyikan dering HP dengan suara sangat keras selama 5 menit. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menemukannya.

7. Untuk menjaga keamanan, Anda pun bisa mengunci HP dan menghapus data dalam HP yang hilang tersebut menggunakan fitur Lock dan Erase (Amankan perangkat dan Hapus perangkat).

Itulah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati menggunakan aplikasi Google Find My Device. Jangan lupa, jaga dan simpan perangkat Anda dengan baik. Semoga ulasan diatas dapat membantu menemukan kembali perangkat Anda yang hilang.