Cara Melacak HP Android dan iPhone yang Hilang

Jika hp Anda hilang, baik itu Android atau iPhone, jangan terlalu panik. Karena ada cara melacak hp Android dan iPhone yang hilang dengan cara yang terbilang mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengunci layar dan menghapus data yang ada di dalam ponsel, meski ponsel tersebut berada ditempat yang jauh.

Dengan pesatnya perkembangan dunia telekomunikasi sekarang ini, hp tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan telepon ataupun mengirim pesan singkat saja. Sekarang ini, smartphone atau ponsel pintar dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan untuk membantu aktifitas sehari-hari pemiliknya.

Mulai dari membangunkan tidur (alarm), mengatur jadwal dan kegiatan harian, menyimpan dokumen dan data, menikmati bermacam musik dan hiburan, bertransaksi secara online, sampai menjadikan hp sebagai dompet digital dan masih banyak lagi. Sehingga, bagi sebagian orang hp menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan.

Mengingat pentingnya kegunaan hp, wajar saja jika kehilangan hp membuat orang jadi panik dan kesal. Untungnya ada cara menemukan hp hilang dengan mudah. Ingin tahu bagaimana cara mencari hp hilang? Simak ulasan selengkapnya.

Cara Melacak HP Android dan iPhone yang Hilang

Ada beberapa cara melacak hp hilang yang bisa Anda lakukan, baik untuk hp Android atau iPhone. Berikut salah satu cara yang bisa Anda coba.

1. Melacak Hp Android Hilang

Cara Melacak Hp Android
Source: pixabay.com

Cara melacak keberadaan perangkat Android, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Android Device Manager. Setelah fitur ini aktif, Anda dapat melacak dimana ponsel atau tablet Android tersebut berada, dan Anda juga bisa mengunci layar dan menghapus data dari jarak jauh.

Untuk mengaktifkannya,

1. Masuk ke menu pengaturan (settings).
2. Pilih “Google”, kemudian akan diarahkan ke akun Google Anda.
3. Pilih “Keamanan” kemudian “Temukan Perangkat Saya”
4. Lalu aktifkan dengan menekan tombol di sebelah kanan atas dengan merubah “Nonaktif” jadi “Aktif”. Nah, sekarang fitur Android Device Manager sudah aktif di perangkat Anda. Jangan lupa aktifkan juga fitur Lokasi pada perangkat tersebut.

Cara Melacak Hp Android

5. Selanjutnya pilih “Temukan Perangkat Saya” dan Anda akan diarahkan menuju Google Playstore untuk mendownload aplikasi “Google Temukan Perangkat Saya”
6. Instal aplikasi tersebut kemudian “Login” menggunakan akun Google Anda.
7. Sekarang Anda dapat melacak lokasi perangkat, menghapus data ataupun mengunci perangkat tersebut lewat aplikasi “Google Temukan Perangkat Saya”
8. ika perangkat hilang, Anda bisa melacaknya dengan login ke aplikasi “Google Temukan Perangkat Saya” mengunakan email Anda lewat perangkat Android lain, atau masuk lewat android.com/find.

Namun ingat, hal ini bisa Anda lakukan jika fitur Android Device Manager sudah Anda aktifkan sebelum perangkat tersebut hilang. Nah, untuk antisipasi silahkan aktifkan fitur ini pada perangkat Android Anda. Selain itu, Android Device Manager dapat terhapus setelah perangkat direset sehingga orang lain dapat mengatur ulang perangkat dan Anda tidak dapat lagi melacaknya.

Dilansir dari laman How-To Geek, Android Device Manager juga tidak dapat memantau history pergerakan perangkat yang hilang secara lengkap. Untuk itu kamu dapat menggunakan aplikasi Android dari pihak ketiga, seperti Anti-Theft dari Avast atau aplikasi lain yang serupa.

2. Melacak iPhone Hilang

Cara Melacak iPhone
Source: pixabay.com

Bagi pengguna iPhone, bisa mengaktifkan layanan Apple “Find My” yang nantinya dapat digunakan untuk melacak iPhone atau iPad yang hilang atau dicuri. Jika fitur ini belum aktif, sebaiknya diaktifkan terlebih dahulu. Jika tidak maka Anda tidak dapat melacak keberadaan iPhone yang hilang.

Untuk cara melacak iPhone atau iPad yang hilang, berikut langkah-langkahnya,

1. Masuk ke iCloud.com/find atau lewat app Cari Milik Saya dari perangkat Apple lainnya.
2. Kemudian klik “Cari iPhone” kemudian pilih perangkat yang akan dilacak untuk melihat lokasinya lewat peta. Anda juga bisa membunyikan perangkat jika lokasi perangkat yang ditunjukkan peta tidak jauh dari tempat Anda sehingga perangkat mudah ditemukan.
3. Untuk mengamankan perangkat “Tandai Sebagai Hilang” langkah ini akan mengunci perangkat dari jarak jauh dan perangkat juga akan terus dilacak keberadaannya.
4. Selain mengunci dan melacak perangkat, Anda juga bisa menghapus data yang ada di dalam perangkat yang hilang dari jarak jauh. Namun ingat, jika data dihapus Anda tidak dapat lagi melacak perangkat yang hilang menggunakan app Cari Milik Saya atau Cari iPhone lewat iCloud.com.
5. Jangan menghapus perangkat yang hilang dari akun Anda. Tindakan ini justru akan menon-aktifkan Kunci Aktivasi, sehingga orang lain bisa membuka dan menggunakan perangkat Anda yang hilang. Langkah yang disarankan adalah, hapus perangkat yang hilang tersebut dari daftar perangkat terpercaya.

Demikian cara menemukan dan melacak hp Android dan iPhone yang hilang mengunakan layanan yang disediakan oleh pihak pengembang. Semoga bermanfaat.