Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack

Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan. Sehingga tak heran jika banyak hacker yang mencoba membobol akun-akun yang ada di Instagram dengan tujuan tertentu. Peretasan yang terjadi bisa menimpa siapa saja. Dari artis sekelas selebgram pun dapat di hack akunnya.

Bahkan pengguna yang memasang otentikasi dua faktor pun, akun Instagramnya bisa kena hack. Namun, jika akun Anda kena retas hacker jangan terlalu panik, karena ada cara untuk mengembalikan akun Instagram yang terkena hack dengan mudah. Jika Anda mengalami hal ini, berikut tips untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas.

A. Jika Anda menerima email dari Instagram yang memberitahukan tentang perubahan alamat email sementara Anda tidak pernah melakukannya, maka lakukan langkah berikut:

1. Klik tautan bertanda “revert this change” pada email tersebut, kemudian ubah kata sandi yang lama dengan kata sandi baru.
2. Gunakan kata sandi yang kuat dengan mengkombinasikan angka, huruf besar kecil dan tanda baca.
3. Ikuti langkah-langkah pengamanan akun yang diberikan Instagram.
4. Aktifkan juga otentikasi dua faktor sebagai pengamanan tambahan.

Cara ini dilakukan bagi pengguna Instagram yang diretas, namun masih bisa mengakses akunnya.

Baca juga: Cara Membaca Instagram Stories Tanpa Ketahuan Pemiliknya

B. Jika akun Instagram tidak dapat diakses, maka lakukan langkah berikut:

Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack
Buka help.instagram.com

1. Buka website help.instagram.com, kemudian pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us. Setelah itu, Anda akan diberi beberapa pertanyaan. Silahkan isi pertanyaan tersebut pada kolom yang disediakan dengan benar dan jelas jangan ada yang keliru.

2. Selain menggunakan menu Hacked Account, Anda juga bisa menggunakan menu Impersonation Account. Caranya hampir sama, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan pada kolom yang disediakan. Anda juga harus mengetahui apakah akun yang di hack sudah berganti nama atau belum, hal ini agar pihak Instagram lebih gampang membantu mengembalikan akun Anda.

3. Jangan lupa, sesekali waktu cek email Anda untuk mengetahui apakah ada balasan dari Instagram terkait laporan yang Anda lakukan. Segera lakukan langkah yang diberikan jika ada email masuk untuk memulihkan akun Anda.

4. Setelah melakukan langkah-langkah yang diberikan, silahkan tunggu balasan dari Instagram bahwa akun sudah kembali lagi menjadi milik Anda. Sekali lagi, ikuti langkah pemulihan akun sesuai dengan email terakhir dari Instagram, setelah itu Anda sudah bisa mengakses akun Anda kembali.

Meskipun cara kembalikan akun Instagram yang terkena hack agak ribet, pastinya Anda akan lebih senang jika akun yang dibajak bisa kembali. Selamat mencoba.